Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
liah...   TS 
 
Posts: 1
Default apa penyebab sulit hamil anak ke dua

Malam bun, lam kenal
Aq udh nkah ± 6 thun, anak prtama qu meninggal 2 thun yg llu ketika brumur ± 5 bln krna ssak napas. Mlai saat itu aq tdak KB lgi tp smpai skrang blum hamil2 jga , udh priksa ke dok SPOG hsilnya semuanya bgus ga ada msalah.
Tpi untuk kehmilan prtama dlu jga nunggunya cukup lama smpai 2,5 thun bru hmil, apa hal itu jga mnjdi pngaruh buat kehmilan ke dua. Buat pra bunda yg pnya pengalaman sprti sya share ya......di tunggu info2 nya.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
anggre...
 
Posts: 373
 
dikutip dr Aku Ingin Hamil Fanspage


♥ Waspadai Infertilitas Sekunder ♥

Susah hamil lagi? Waspada Infertilitas sekunder. Ibu yang sudah pernah memiliki anak –entah baru satu atau lebih– berisiko mengalami infertilitas sekunder. Bahkan, pada pasangan yang sehat dan tidak mengalami gangguan pada organ reproduksi, risiko infertilitas sekunder ini mungkin saja terjadi.

Menurut Dr. Anthony Luciano, ahli kandungan dari Center for Fertility and Reproductive Endocrinology, New Britain General Hospital, Connecticut, AS, 60% ibu yang sudah pernah memiliki anak –entah baru satu atau lebih– berisiko mengalami infertilitas sekunder. Bahkan, pada pasangan yang sehat dan tidak mengalami gangguan pada organ reproduksi, risiko infertilitas sekunder ini mungkin saja terjadi.

Infertilitas sekunder. Sulit hamil anak kedua atau ketiga dan selanjutnya dapat terjadi pada pasangan usia reproduktif (20-34 tahun) maupun yang sudah melewati usia reproduktif (di atas 35 tahun). Penyebab infertilitas sekunder ini sebenarnya hampir sama dengan infertilitas primer atau infertilitas yang terjadi pada pasangan yang sulit punya anak pertama.

Dalam rentang waktu sejak Anda melahirkan anak pertama sampai berencana untuk hamil lagi, banyak hal dan perubahan dapat terjadi pada organ reproduksi Anda maupun pasangan. Perubahan ini bukan tidak mungkin menyebabkan proses kehamilan menjadi terganggu atau sulit terjadi. Itu sebabnya, sejak awal sebaiknya Anda berdua membuat perencanaan jumlah anak serta jarak kelahiran antara anak pertama dan kedua. Jaraknya, usahakan antara 18-48 bulan agar pemilihan cara Anda melakukan KB lebih mudah dilakukan.

Anda dan pasangan sebaiknya waspada dan segera berkonsultasi ke dokter kandungan apabila mengalami hal-hal berikut.

* Anda dan pasangan masih dalam usia reproduktif, aktif secara seksual –rutin berhubungan seks 2-3 kali seminggu– dan tidak menggunakan alat kontrasepsi, tapi tidak juga hamil dalam waktu 2 tahun.
* Anda dan pasangan berusia 35 tahun atau lebih, aktif secara seksual dan tanpa menggunakan alat kontrasepsi, tapi tidak juga hamil dalam waktu 6 bulan.
* Anda memiliki riwayat haid tidak teratur, sempat berhenti haid beberapa bulan, atau bahkan berhenti haid sama sekali.
* Anda pernah mengalami keguguran 2 kali atau lebih.
* Anda menderita penyakit peradangan pada rongga panggul, atau merasakan panas membakar di daerah sekitar vagina dan keluar lendir berbau dari vagina.
* Anda atau pasangan pernah terkena penyakit infeksi seksual menular.
* Anda atau pasangan pernah menjalani pengobatan dan terapi penyakit kanker.
* Pasangan Anda mengalami penurunan gairah seksual, kesakitan saat ejakulasi, atau impoten.

Penyebabnya:
► 32% Jumlah sperma rendah atau gangguan reproduksi pada pria.
► 17% Kombinasi masalah sistem reproduksi pasangan tersebut.
► 16,7% Kerusakan saluran telur (tuba Falopii).
► 4,9% Gangguan fungsi indung telur.
► 3,3% Endometriosis atau ada gangguan fungsi rahim.

(Sumber: Human Fertilisation and Embriology Authority, 2009, AS)
 
مَنْ صَبَرَ زَفِرَ
barang siapa yg bersabar akan beruntung
  #3  
Old
agnace...
 
Posts: 10
 
aq juga lagi promil anak kedua 2th lalu tapi belum juga ada hasilnya, rasanya bingung banget karena waktu hamil pertama mudah banget tapi koq yang kedua susah banget.... dikasih profertil n vitamin lain nya untuk q n suami tapi hasil tetap nihil...

nunggu mukjizat aj nih
 
  #4  
Old
mamara...
 
Posts: 59
 
sama bun.anak pertamaq dulu sbln menikah udah isi.skrg dah pgn bgt anak ke 2 malah g dapet2.padahal skrg udah telat 3minggu lebih tp TP -. Bingung,sedih,takut.campur aduk...
 
  #5  
Old
aima20...
 
Posts: 3
 
Bunda bunda semua...nasib kita sama menanti anak yg kedua..anakku yg pertm dh 5th,aq lg promil aq pkir lgsg hamil krn wkt pertm gampang,mlh aq terglong wanita subur..
Br 2 bln ni usaha mash nihil...mdh2n kita semua bs segera dapt adik buat sikaka...aamiin....
 
  #6  
Old
lita s...
 
Posts: 2
 
kalo aq anak pertama qu dah umur 8thn.tapi dri taun kmren dah keguguran 2x .skrg mao coba promil sendiri z deeh .skrg lagi minum vit e400iu ditambah folic acid ya moga" az cepet hamil
 
  #7  
Old
mamany...
 
Location: pandaan
Posts: 1,745
 
q jg lg promil ank kdua bunda.ank prtma q mninggal,q rwyat SC jg.jd q ksih jrak 21bln bwt hmil lg.q bru promil akhr bln lalu.siklus haid q cm 21hr.tgl 24 q bru mw TP bunda.mdh2an brhsil.hmil ank prtma dl q haid cm 5hr,stlah suci dpt 4hr q ud nampak tnda2 hml (mual,mnth,psing).akhr bln lalu q jg haid 5hr,tp smp skrng ud 8hr g nampak ap2 kcwli pusing,mual n tulang ngilu smua..
 
  #8  
Old
Syakil...
 
Posts: 103
 
Kita senasib bun,aku dah 2 tahun ini menunggu anak ke 2....tp belum berhasil jg,anak pertamaku dah mo 5 tahun
 
  #9  
Old
kieka...
 
Location: bandung
Posts: 44
 
iyaa sama aku juga udh setaun lebih menunggu kedatangan debay di perut...tapi masih belom juga..apa dulu karna terlalu lama di kb yaa
 
  #10  
Old
Junia ...
 
Posts: 1
Default apa penyebab sulit hamil anak ke dua

halo semua sy br gabung ne..
sy jg lg proses anak k 2 krn yg prtm udh umur 5thn. mulai dr kelahiran anak pertama sy ikut suntik KB cmn 2x hbs itu udh gk ikut lg sapai skrng. mulai prosesnya sih mulai bln kmrn, mudah2 han bln ini berhasil amiiinnn.
 
  #11  
Old
nadila...
 
Posts: 25
 
hai bunda" slm knl , aku jga lgi promil anak ke 2 nih , bru 1 bln sih lpas KB , Ank prtma ku cwo usia 2,2 thn , bln ini aku blm M biasa nya tgl 21 tp ampel skrg blm M Mdh"n ya bunda kita smua yg lg promil Ank ke 2 cpt dksh tiket H lgi amieeen
 
  #12  
Old
siska ...
 
Posts: 66
 
salam kenal bunda2 cantik semuanya....semoga promil nya sukses ya!!
aku juga menanti anak ke2,anak pertama ku hampir 4thn,sudah 3 bulan ga menstruasi. pertama beli TP hasilnya negatif ,kmrn beli TP hasil nya positif,tp msh ragu , hari ini mau coba TP lagi, doain semoga Positif ya bunda
 
  #13  
Old
niaibu...
 
Location: Tenggarong Kukar
Posts: 17
 
Salam kenal ya bunda semua,saya mau cerita sedikit bund.
Saya juga udah nunggu2 banget hamil anak ke 2,karena si kakak pengen punya adek
Awal nya saya pake KB suntik 3 bulan,terus ganti KB pil bund.dan sekarang udah 2 tahun ini gak KB lagi,tapi belum hamil juga mens saya emang gak teratur bund,promil apa ya yg kira2 bagus untuk kasus seperti saya ini.mohon masukan nya ya bunda
padahal udah pengen banget ngurus baby lagi semoga kita semua cepet dapat tiket H ya bunda,semanggaaaaat
 
  #14  
Old
Alif M...
 
Posts: 3
 
Saya kira cuma saya aja yg lg promil anak kedua, rupanya byk juga ya.. anakku skrg usianya 5th n dia udh kepengen bgt pny adek ya tp gitu udh 2thn promil smp saat ini blm juga berhasil, sempet awal thn 2014 kmrn (+) eh mgkn emng blm rejeki kali ya, saya hamil di luar kandungan, sedih bgt dh.. apa krn kelamaan KB kali ya..
 
  #15  
Old
citra6...
 
Posts: 3
 
Hiii bunda-bunda...
Aku juga nih, sedang ingin sekali hamil lagi anak kedua. Anak pertamaku umur 5tahun. Juli kemarin sempat di induksi+kuret, karena IUFD usia 13w. Dokter bilang istirahat 2 bulan baru boleh promil lagi.
Naaah Oktober kemarin sempet deg2an karena telat 2hari, tapi ternyata belum belum rejeki...
Mudah-mudahan bisa segera diberi kepercayaan lagi oleh Allah SWT, Aamiin..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
keputihan penyebab sulit hamil? -- Diskusi Umum 27
tentang sperma tumpah..apakah penyebab sulit hamil? -- Diskusi Umum 72
Hamil anak perempuan, anak laki2 atau anak kembar -- Diskusi Umum 0
Penyebab seorang perempuan sulit memiliki anak, diluar faktor suami -- Ngobrol Apa Saja 0
Penyebab Susah Hamil -- Diskusi Umum 23


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:55.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com