Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
anggre...   TS 
 
Posts: 373
Default Minggu Ketiga Kehamilan: Pembuahan, Pembelahan – Kehidupan Baru Dimulai

Setelah terjadi pembuahan (fertilisasi) antara sel sperma dan sel telur, hasil fertilisasi melakukan pembelahan diri menjadi 2,4,8,16 sel yang dinamakan Morula. Terus berkembang menjadi sel yang lebih kompleks dinamakan Blastula.
Sejak pembelahan awal, morula membelah di sepanjang tuba hingga mencapai rongga rahim. Semua informasi genetik telah terbentuk. Apakah sehat atau cacat, laki-laki atau perempuan telah ditentukan. Sel tubuh ditentukan dari gabungan antara kromosom ayah dan ibu. Sel-sel berisi semua informasi genetik (DNA) yang diperlukan untuk menjadi seorang anak . Sedangkan jenis kelamin bayi ditentukan oleh kromosom sperma ayah (X atau Y).
Masa ini pembelahan sel calon janin dinamakan zigot. Zigot yang membelah bergerak menuju ke rahim sekitar 80 jam setelah ovulasi/masa subur. Proses implantasi dimulai sekitar 3-7 hari setelah pembuahan.
Ketika mencapai rahim, sel telur yang dibuahi akan “menancap” dalam endometrium yang menebal disebut desidua. Hal ini lah dimulai proses kehamilan. Terjadi implantasi. Sel yang semakin bertumbuh kembang dinamakan embrio/mudigah (hingga usia kehamilan 10-112 minggu).

Pada saat terjadi implantasi beberapa wanita mengalami perdarahan ringan /fleks (biasanya pada 7 hari sebelum mens berikutnya atau hari ke 21 pada siklus 28 hari). Perdarahan implantasi juga dinamakan tanda Hartman (Hartman Sign). Perdarahan bisa berlangsung 1-2 hari. Biasanya lebih sedikit dibanding darah haid. Jika Anda mengalaminya jangan khawatir karena perdarahan tersebut bisa dijadikan tanda awal terjadinya kehamilan. Perdarahan implantasi terjadi karena bagian dari trofoblas embrio (sinsitiotrofoblas) mulai “menyerang” pembuluh darah di desidua dan “mengambil alih” fungsi pembuluh darah yang nantinya akan berguna bagi tumbuh kembang janin.
Submitted by Dr. Prima Progestian, SpOG on Monday, 6 February 2012
 
Thread lain yang berhubungan:
مَنْ صَبَرَ زَفِرَ
barang siapa yg bersabar akan beruntung
  #2  
Old
tikaca...
 
Posts: 19
 
Terima kasih infonya, sangat berguna
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tanda dimulai persalinan? -- Diskusi Umum 6
Dokter ketiga dalam kehamilan 9 minggu -- Diskusi Umum 7
Hadiri Seminar Online Kesehatan – Pertahankan kehidupan seksual di masa men -- Area Promosi 0
Hamil 16 minggu tapi rasa mual baru dialami baru-baru ini -- Diskusi Umum 8
Belajar kehidupan dari sekotak krayon -- Ngobrol Apa Saja 34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:35.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com