Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Ndok...   TS 
 
Location: Palangka Raya
Posts: 35
Default Trauma keguguran

Dear all bunda2 . . . .

3 bulan yang lalu, aku keguguran saat usia kandunganku 2 bulanan. tidak dikuret, setelah mules dari pagi mpe tengah hari, janin keluar dengan sendirinya, dan pendarahan terus menerus hingga sehari semalam.
Kurang dari 1 bulan kemudian alhamdulillah aku sudah datang bulan, lancar.
Begitu juga bulan berikutnya.
Dan Alhamdulillah setelah 2 kali datang bulan pasca keguguran aku positif hamil stelah menjalani 3 kali TP.

Aku dan suami sangat senang, tapi terkadang aku sering ketakutan. Takut jikalau peristiwa 3 bulan yang lalu itu terulang lagi ( sama sekali aku tidak ingin ).
Iya Bun, aku orang yang gampang sekali stres. Mudah tertekan. dan " terlalu aktif " kata suamiku. Akupun menjalani hari2ku dengan bekerja sbg staff administrasi dari pagi hingga sore.

Mohon saran dan kiat2 dari bunda-bunda semua, agar semua lancar hingga proses persalinan. . . .
Terima Kasih
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda, ..

aq sangat bisa memahami n merasakan kegundahan bunda saat ini, karena aq juga punya pengalaman yg sama dg bunda. kehamilan keduaku tahun kemarin dinyatakan BO (tidak berkembang) oleh dokter setelah aq ngeflek 3 hari n merasakan kram pada perut bagian bawah. saat itu kehamilanku memasuki minggu ke-9. awalnya sebelum dan setelah dikuret aq merasa sangat sedih. aq nangis terus sampe mataku bengkak. tiap ingat sisa2 janinku yg terkubur di halaman rumah, aq menangis. tapi lama2 aq sadar kalo apapun yg ada pada tubuhku, termasuk janin yg tumbuh dalam rahimku, adalah titipan dari Yang Maha Pencipta. Dia berhak mengambil janinku bahkan sebelum sempat tumbuh menjadi makhluk mungil yg lucu.

dan beberapa minggu paska keguguran, aq jadi termotivasi utk melakukan n memberikan yg terbaik jika kelak Tuhan meniupkan lagi ruh kedalam rahimku. hingga kemudian aq hamil kembali, dan 4 bulan yg lalu melahirkan anak keduaku.

bunda nggak sendiri kok, pengalaman bunda juga dialami oleh bunda2 yg lain. mudah2n melalui forum ini qt bisa saling berbagi pengalaman n ilmu, juga saling memotivasi agar dapat menjalani indahnya kebahagiaan menjadi seorang calon ibu atau menjadi ibu dari anak2 yg sehat dan manis.
salam sayang yah bunda!
 
  #3  
Old
Ailyna...
 
Location: Batam
Posts: 607
 
sebenarnya bunda uda mengerti dg keadaan diri sendiri (mudah stres, dll), so.. langkahnya ya hindari hal2 yang memicu terjadinya stres tersebut. jika pekerjaan membuat bunda merasa terbebani, gda salahnya jika break untuk sementara waktu. mencoba rileks dengan membiasakan jalan2, sharing dg teman dan selalu berfikiran positif,,,
 
  #4  
Old
Ndok...   TS 
 
Location: Palangka Raya
Posts: 35
 
Terima kasih bunda kucik dan bunda ailya atas support dan motivasinya.
Iya bun, kemaren sempet down banget. Sedikit2 nangis mpe, bikin suami kepikiran.
Ada waktu itu salah seorang keluarga suamiku ( yang kebetulan sedang belajar dikebidanan ), mengatakan jika kami tidak boleh berhubungan selama 4 bulan ( setelah siap, kami coba berhubungan, sebelum 4 bulan ), bahkan dia bilang jangan punya anak dulu sampai usia 1 tahun pasca keguguran. Alhasil, aku menangis sejadi2nya, antara marah dan terpukul. Aku ingin disemangati, bukan di takut2ti.

Tapi Alhamdulillah, Allah menolong kami. Kami diberi kepercayaan lagi.

Dan di kehamilan yang kedua ini, suamiku jadi sangat2 over. Ya . . . aku sangat bisa memaklumi, bukan cuma aku yang kehilangan calon bayi kami, tapi juga dia.
Makanya Bun, waktu 2 minggu lalu kami tes dan hasilnya positif, betapa senangnya aku dan suamiku. Aku jadi lebih sering browsing diinternet buat cari tau banyak hal tentang orang yang sedang hamil, menghindari hal yang tidak diinginkan.

sangat Bun, aku sangat menghindari sesuatu yang gampang bikin aku stres. Sekarang ini lebih banyak diam. yang dulunya aktif, pasca keguguran kemaren, laripun sudah hampir tidak pernah aku lakukan. yang biasa grasak-grusuk, sekarng belajar untuk tenang. bekerja pun dibawa sedikit santai meski pekerjaan lumayan banyak dan bikin pusing. Semua aku lakuin buat calon dede yang lgi berkembang di rahimku. Aku gk mau dia kenapa2.
Dan bersyukur aku punya suami yng sll membantu dan mengerti. ( Luv You My husband )

Amin . . .
semoga sehat ibu dan bayinya . . . . ( hhiihihihi )

Iya Bun, sllu bagi infonya ya . . .
 
  #5  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
hehe...aq jadi tersenyum2 ngebayangin bunda ndok...hamil tapi masih lari2 ^_^
yg paling penting selama hamil adalah pikiran positif bund. jangan bayangin yang aneh2, jangan mikir yg nggak2, palagi masukin ke ati omongan orang2 yg kadang suka nakut2in.
 
  #6  
Old
Ndok...   TS 
 
Location: Palangka Raya
Posts: 35
 
Replying to: View Post
hehe...aq jadi tersenyum2 ngebayangin bunda ndok...hamil tapi masih lari2 ^_^
yg paling penting selama hamil adalah pikiran positif bund. jangan bayangin yang aneh2, jangan mikir yg nggak2, palagi masukin ke ati omongan orang2 yg kadang suka nakut2in.

Aku emang sembarangan Bun orangnya. Kadang masih demen lari dari kantor dibelakang mpe toilet didepan, lantaran kebelet pipis. Hehehe
Makanya waktu keguguran kemaren, suamiku bilang aku mau disuntik gajah, biar gk hamil dulu klo masih pecicilan. Habis dianya juga gk tega, gk sanggup mesti liat aku hampir mati kaya kemaren. Hampir pingsan Bun, tapi alhamdulillah masih sadar,

LAgian aku gk mau bun, bikin susah suami dan keluargaku.
Bukannya gitu bun, dia calon bidan ( dokter ) masa kaya gitu. Yang ada pasiennya gk mau smbuh, malah langsung down mentalnya.

Minta doanya dari bunda kucik ma bunda semua, semoga sehat semuanya...

Amiiinnn
 
  #7  
Old
ira go...
 
Posts: 1
Default kuret n hamil di luar kandungan

ear bunda2 sekalian,

salam kenal aku ira..

mo berbagi perasaan dengan bunda2 sekalian, krn aku sempat stress emang...

aku mengalami 2 kejadian dalam 1 hari..

juli tgl 5 aku keluar flek, gara2 malam nya aku merengek sama suami minta duren, beneran ta bunda2 klo kita makan duren bisa kuar flek? padahal aku makan 1 biji tok e..

akire masih positif thinking ya bun, aku kira bisa ke Dr untuk minta obat penguat janin, ternyata Dr suruh aku malah opname.. besok usg saat usg tgl 6, di rahim aku ga si temukan nama nya kantong janiin.. jadi di rahim tuh darah2 tok apa bener gara2 makan duren langsung rontok, hati ku sakit banget... Dr suruh aku untuk kuret.. akire tgl 7 aku kuret...kuret ga rasa apa2 bun, untung suami ku selalu dampingin aku bun, jam 9 kuret jam 11 aku sudah sadar kan.. balik deh ke kamar,Dr bilang abis kuret sudah boleh pulang,...

pas jam 11:30 aku mau di suapin makan, untuk duduk perutku sakit bgt, aku pingsan deh, masih pikir, mungkin pengaruh bius.. akir nya Suster2 bantu untuk sadar aku.. akir nya aku sadar, entah badan ku di cubit2 gt..

klo makan sakitt banget perutku, kenapa ya.. apa jangan2 aku puasa, meyebabkan maag ku sakit perutku isa kembung dan gede, akir nya aku tidur2 gt, ga ada loh aku Buang air kecil sama sekali, jam12-6 sore aku keringat dingin di tutup bed cover 4 aku masih bisa keringatan, kakiku sampai kasih kaos kaki masih dingin, sudah buka wc, pintu depan masih dingin aku,, muka ku udah pucat banget, tidur mereng kiri n kanan aduh bunda sakitt nya, akir nya di panggil Dr jaga, di kira sakit maag di kasih minum obat sakit maag, trus tidur tetep sakit..

sore jam 6'an magrib2 gt sih.. krn aku keringatan, ibu ku bantu aku untuk duduk n ganti baju, krn basah.. keringat tuh kaya air gt, langsung dah aku shock.. pingsan.. langsung deh suster2 datang, tuh badan ku udah kaya colokan kabel krn semua nya d colok tensi ku bisa di 70/40 loh
darah sudah semua di perutku, ga ada darah lagi, putih semua n aku benar2 pendarahan bun,,..

aku harus operasi, akir nya baru aku tau aku hamil lagi di luar kandungan, janin hidup di saluran kiri ku, dan pecah sehingga aku pendarahan, aku kehilangan 1liter lebih darah, dan harus tranfusi darah 4 kantong..
dan saluran kiri ku harus di potong bunda..

sekarang semua sudah berlalu, sudah 2 minggu ini... kalau tidak anak ku kembar kalii

bunda sayang, kira2 apa aku bisa hamil lagi ga ya????
aku minggu 1, nangis trus selaen nahan sakit di perut ini karena jaitan 10 cm, n aku menyesal bangettt

bunda2.. tolong doakan saya yahhh...
 
  #8  
Old
Ndok...   TS 
 
Location: Palangka Raya
Posts: 35
 
Insyaallah, bisa Bun,
Trus berdoa dan berusaha aja bun,

Aku kemaren juga ngerasain ke was2an yang sama.
BEgitu aku keguguran, * seperti yang kuceritain dipostinganku sebelumnya.
Takut suami gk bahagia, padahal suamiku gk menuntut.

Alhamdulillah, setelah keguguran aku udah 2 kali datang bulang, dan bulan ini hasil TP nya positif, meski belum diperiksakan kedokter.

Sabar ya Bun,
Kita sama2 mendoakan yang terbaik untuk semua calon ibu dan calon anak2 kita.,
 
  #9  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
Replying to: View Post
Aku emang sembarangan Bun orangnya. Kadang masih demen lari dari kantor dibelakang mpe toilet didepan, lantaran kebelet pipis. Hehehe
Makanya waktu keguguran kemaren, suamiku bilang aku mau disuntik gajah, biar gk hamil dulu klo masih pecicilan.

kyahaha...jadi ngakak bacanya...ngebayangin bunda ndok dapet suntikan gajah aq juga dulu pernah lupa kalo lagi hamil, masa ngejar2 bis. eh nyampe dlm bis baru inget kalo lagi hamil

@bunda ira: duh, semoga bunda ira sabar yah...aq ikut berdoa supaya bunda cepet dapet momongan lagi, amiiiin!
 
  #10  
Old
Ndok...   TS 
 
Location: Palangka Raya
Posts: 35
 
Ya begitu suami aku Bun, mungkin lantaran perasaan yang campur aduk bikin dia jadi ngomong gitu. Pasca keguguran aku juga disuruh KB, tapi aku gk mau.
Alhasil aku hamil.
Doanya ya Bun, insyaallah mau periksain ke dokter ( yg bener2 ).
Buat mastiin aku bener2 hamil dan calon bayi kami sehat. Aku pengen punya anak yang cantik, Hihihihihihiiii..

Bunda Kucik, tlg bagi infonya ya . . . .
Jujur aku takut dengan segala kemungkinan buruk. Takut gugur lagi, takut lhr prematur, ( audzubillaah ) tkt bayi lahir tidak sempurna...
Apa yg gk boleh dan apa yang lebih baik dihindari oleh ibu hamil yang punya riwayat keguguran?!

Iya BUn, apa boleh saja aku dan suami melakukan hubungan intim pada saat aku hamil muda spt sekarang ini?
 
  #11  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
kalo bunda stres n banyak pikiran yg jelek2, ntar anaknya kelak akan jadi anak yg rewel, penakut, n cengeng. karena apa yg bunda rasakan selama hamil akan ikut dirasakan oleh janinnya juga. hormon stres yg dikeluarkan saat hamil akan ikut mempengaruhi perkembangan emosional si janin kelak. so, be happy bund! biar kandungan sehat, bunda bergembiralah setiap hari. lakukan hobi atau kesukaan bunda, kalo aq pas hamil paling seneng ke mal.. cukupi gizi lewat makanan/minuman dan suplemen vitamin dari dokter/bidan. istirahat yg cukup, usahakan jangan sering begadang. bumil yg kurang istirahat aliran darahnya jadi ga lancar sehingga mengganggu pasokan oksigen n makanan ke janin. kalo kurang istirahat juga bikin bunda rentan sakit. banyak minum air putih utk melancarkan peredaran darah n mengurangi susah BAB. banyak makan sayuran n buah, kurangi kopi, teh, n coklat karena mengandung kafein. dan yg paling penting, JANGAN MINUM SEMBARANGAN OBAT kalo kena flu/pilek/batuk, cukup banyak minum air putih n makan buah, serta minum CDR.

oke bunda ndok,...selamat menikmati indahnya kehamilan yah!
 
  #12  
Old
Ndok...   TS 
 
Location: Palangka Raya
Posts: 35
 
Ok BUn . . . terima kasih sekali saran dan infonya.
Sipppp . . . . ini juga lagi flu Bun, badan agak meriang, kemaren sempet sakit gigi, tapi alhamdulillah sudah enggak lg sekarang.
Sampai sekarang aku sama suami belum ada periksa ke dokter/ bidan. Iya Bun, Perutku kok keliatan gede banget ya . . . ? temenku yang hamil juga, ( usia kehamilannya hampir sama ) gk segede perutku, jauh banget bedanya? Dia masih langsing, aku sudh buncit. . . .
Kira2 kenapa ya Bun?
Baby nya gk kenapa2 kan Bun?!!!
 
  #13  
Old
maru...
 
Posts: 254
 
@ bunda ndok : jgn khawatir y. size perut tiap org beda koq , aku sendiri diusia kehamilan 4 bln baru mulai keliatan itu karena aku morning sicknes alias muntah2 terus.

kl bs lg hamil harus + thinking terus .. benar kata bunda kucik kl sakit jgn pernah makan obat tanpa konsultasi ke dokter ...

smg kehamilan bunda ndok lancar
 
  #14  
Old
Ndok...   TS 
 
Location: Palangka Raya
Posts: 35
 
Aminn , . . ..
Terima Kasih Bun .. .
Sharing infonya terus ya ( Maklum, belum ada pengalaman )
 
  #15  
Old
maru...
 
Posts: 254
 
@ bunda ndok : sama2 , aku jg belajar byk dr forum ini .. kita smua saling berbagi pengalaman ..

yg penting harus + thinking , jgn kecapean dan jgn angkat2 barang berat.. itu yg plg penting ditrisemester pertama..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pasca keguguran -- Diskusi Umum 32
Keguguran -- Diskusi Umum 15
Agak trauma hamil nih... -- Diskusi Umum 29
Trauma hamil -- Diskusi Umum 1
pengalaman pasca keguguran -- Diskusi Umum 31


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:56.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com