Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
putriy...   TS 
 
Location: Pati Jawa Tengah
Posts: 483
Unhappy kotoran kucing dan virus TOXOPLASMA....

siang para bunda...

aq mau tanya. mencium kotoran kucing gt bs terkena virus Toxoplasma kah ????

soalnya da kucing liar msk ke rmh kmren (*ntah darimana masuknya?), tu kucing eek sembarangan d dlm rumah bau ya menyengat bgd bud..

kmren mpe td pagi tu eek kucing di cari ma suami n ibuku.. tp g ktemu jg.. aq tkt debay dlm kndungn knp2 bund. pa lg aq lg hamil muda.. ke dokter msh 2 minggu lg..

mohon bagi bunda2 yg tau bs d share..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Aiiu16...
 
Location: Bogor
Posts: 378
 
Aku bantu Up ya bund, maaf aku kurang tau soalnya.. Tp aku sering main2 sama kucing fine2 aja bund. Hehe emg kucing ku ga prnh eek di dlm rmh jg.. Moga aja ga knpa2 debay nya. Amin
 
  #3  
Old
Reiyya...
 
Posts: 27
 
kalo pengalaman dari temenku,,gara2 sering main ama kucing dia kena infeksi bulu kucing,,,
akhirnya waktu usia kandungan 3 bulan dia keguguran bund,,,
kalo dr kotoran kucing gak tau ya ada virusnya ato gak,,,,
sebaiknya jangan terlalu dekat2 ama kucing biar gak terkena bulunya,,,,
 
  #4  
Old
kristi...
 
Posts: 277
 
bundsay, ijin share mengenai toksoplasma nya ya.. sya baca dri artikel fb Aku ingin hamil,, smoga bermanfaat..

♥ Apa itu toksoplasma? ♥

Penyakit toksoplasmosis adalah infeksi yang bisa mengancam pertumbuhan janin dan bisa menyebabkan keguguran. Parasit penyebabnya adalah Toxoplasma gondii, yang berkembang biak dalam saluran pencernaan kucing dan ikut keluar bersama fesesnya, terutama hidup di bak pasir tempat BAB kucing dan di tanah atau pupuk kebun. Anda bisa terinfeksi oleh parasit ini ketika membersihkan kotoran kucing atau memegang tanah yang terdapat feses kucing. Anda juga bisa terkena toksoplasma karena mengonsumsi daging yang dimasak setengah matang (dimana daging tersebut terinfeksi dengan parasit toksoplasma). Meskipun kucing adalah tempat hidup utama parasit ini, toksoplasma juga bisa hidup pada anjing, unggas dan hewan ternak seperti babi, sapi atau kambing.

Janin bisa terinfeksi toksoplasma melalui saluran plasenta jika si ibu terserang toksoplasmosis ketika sedang mengandung. Infeksi parasut ini bisa menyebabkan keguguran atau cacat bawaan seperti kerusakan pada otak dan fungsi mata.

♦ Seperti apa gejalanya?Orang dewasa sehat biasanya tidak menunjukkan gejala spesifik ketika terinfeksi toksoplasmosis. Gejala yang timbul terkadang bisa menyerupai gejala flu, seperti demam, kelelahan, atau radang tenggorokan. Pernah juga dilaporkan adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Jika seseorang pernah terserang toksoplasmosis, tubuhnya akan membentuk imunitas dan biasanya orang tersebut tidak akan terserang untuk kedua kalinya.

♦ Bagaimana cara mendeteksinya?

Satu-satunya cara mendeteksi infeksi ini adalah tes darah yang tergabung dalam tes TORCH. Tes ini umumnya disarankan untuk dilakukan pada ibu hamil di trimester awal kehamilan untuk mengetahui kemungkinan adanya infeksi toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, dan herpes. Menurut penasihat Parents Indonesia, Prof. Dr. med. Ali Baziad SpOG, K-FER, profesor Obstetri dan Ginekologi Universitas Indonesia, tes TORCH hanya akan diberikan jika memang sebelumnya ada indikasi tertentu, misalnya memiliki riwayat keguguran, atau jika pernah melahirkan bayi cacat dan meninggal dunia.
♦ Kucing dan Parasit Toksoplasma

Memiliki kucing di rumah ketika Anda sedang hamil tidak serta merta membuat Anda terinfeksi toksoplasma. Alasannya adalah:

1. Toksoplasma dibawa oleh kucing yang memakan daging mentah seperti daging tikus atau burung liar atau makanan yang mengandung parasit toksoplasma. Parasit ini hanya bisa ditularkan ketika si kucing pertama kali terekspos oleh parasit tersebut, dan hanya bisa hidup selama dua minggu di usus kucing. Setelah itu, si kucing akan membangun imunitas terhadap toksoplasma sehingga tidak akan terserang untuk kedua kalinya. Dengan begitu, kucing yang berisiko besar mengandung parasit ini adalah kucing liar.

2. Telur parasit toksoplasma yang bernama oocyst membutuhkan waktu satu hingga 21 hari sebelum matang, untuk kemudian menginfeksi inangnya. Toxoplasma gondii hanya bisa menginfeksi selama dua hingga delapan hari sebelum mati. Meski demikian, telurnya dapat bertahan hidup di tanah selama lebih dari satu tahun. Jika boks pasir si pus rajin dibersihkan, kemungkinan Anda terserang toksoplasmosis sangat minim.

3. Oocyst ditularkan melalui saluran pencernaan, infeksi toksoplasmosis hanya bisa terjadi jika Anda melakukan kontak dengan feses kucing yang terkontaminasi parasit, lalu tanpa mencuci tangan, Anda menyentuh mulut. Atau dengan cara-cara lain, mentransfer partikel feses yang terkontaminasi ke saluran cerna Anda.

Karena sangat kecil kemungkinan seekor kucing peliharaan yang terawat baik bisa menularkan parasit toksoplasma pada pemiliknya, maka wanita hamil juga memiliki kemungkinan kecil terinfeksi toksoplasmosis dari kucing peliharaannya. Prof. Ali tidak mempermasalahkan wanita hamil memelihara kucing di rumah. “Kemungkinan kucing yang terserang toksoplasma adalah kucing liar yang terbiasa hidup mengais makanan sisa di sampah-sampah atau jika dia menangkap burung liar atau tikus,” katanya. Asalkan kucing tersebut dipelihara dengan bersih di dalam rumah, makananannya bisa dikontrol, tidak memakan daging mentah dan fesesnya dibersihkan setiap hari oleh anggota keluarga, selain Anda yang sedang hamil, keberadaan kucing di dekat Anda bukanlah momok kehamilan yang mengerikan.
♦ Siapa yang paling berisiko terserang toksoplasmosis?

Wanita yang memelihara kucing liar (atau yang dibiarkan berkelana keluar rumah) atau baru saja mendapatkan kucing yang tidak jelas asalnya. Anda juga berisiko terinfeksi toksoplasma jika senang mengonsumsi daging setengah matang, sering melakukan kontak dengan tanah atau pupuk tanpa sarung tangan ketika berkebun, atau sebelumnya pernah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Eropa, mereka yang mengonsumsi daging kurang matang justru memiliki risiko terserang toksoplasma lebih besar dibandingkan mereka yang memelihara kucing di dalam rumah.

Sumber : Parentsindonesia...

Namun ada sebuah artikel yang pernah saya baca terkait tentang kucing
♥ Hasil penelitian laboratorium ♥

Telah dilakukan berbagai penelitian terhadap kucing dari berbagai perbedaan usia, perbedaan posisi kulit, seperti punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, dan ekor. Pada bagian-bagian tersebut dilakukan pengambilan sample dengan usapan. Disamping itu, dilakukan juga penanaman kuman pada bagian-bagian khusus. Selain itu, diambil juga cairan khusus yang ada pada dinding dalam mulut dan mengusap lidah. Penelitian ini dilakukan di rumah sakit Hamdan dan Rumah sakit Yaman di Damaskus. Adapun hasil yang didapatkan adalah :

1. Hasil yang diambil dari kulit luar ternyata negatif, meskipun dilakukan berulang-ulang.
2. Perbandingan yang ditanamkan memberikan hasil negatif sekitar 80% jika dilihat dari cairan yang diambil dari dinding mulut.
3. Cairan yang diambil dari permukaan lidah memberikan hasil negatif.
4. Kuman yang ditemukan saat proses penelitian dilakukan berasal dari kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah terbatas seperti enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Jumlahnya kurang dari 50 ribu pertumbuhan.
5. Tidak ditemukan kelompok kuman yang beragam.

Berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Liurnya bersih dan membersihkan.

♥ Komentar Para dokter yang bergelut dalam bidang kuman.♥

Menurut Dr.George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.
Setelah melakukan penelitian terhadap berbagai cairan untuk membandingkan liur manusia , anjing dan kucing, Dr.Gen Gustafin menemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing, kemudian manusia memiliki seperempat dari anjing, lalu pada kucing terdapat setengah dari kuman manusia. Dokter hewan di RS hewan damaskus, Said Rafah menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bernama lysozyme.
Kucing tidak menyukai air, karena air tempat yang sangat subur untuk tumbuhnya bakteri, terlebih pada air yang tergenang. Kucing menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Ia menjauh dari panas matahari, tidak dekat dengan air. Tujuannya supaya bakteri tidak berpindah kepadanya. Iilah yang menjadi faktor tidak addany akuman pada tubuh kucing. (Pembahasan ini ada dalam kajian fikih Al-Syafii dengan kaidah ”kering yang bersih”)
 
  #5  
Old
Tayinx...
 
Location: Surabaya
Posts: 38
 
Dear Bunda Putriyue

Gak bun.. Insya Allah, bunda Putriyue gak tertular virus TOXO. Yakin deh

Aku mau share sedikit ttg virus TOXO, seperti yang udah dijelaskan bunda Kristianti Sangari jg, tapi aku persingkat aja ya..

Dari kecil aku melihara kucing. Begitu hamill, aku langsung tes TOXO, dan dinyatakan TOXO negatif: Ig M (-), dan pada tubuhku udah terbentuk antibody: Ig G (+) yg artinya dulu pernah terserang, namun virusnya udah bertransformasi menjadi antibody yg bikin aku aman hamil kapan aja, karena gak bakal terserang TOXO ke depannya. Nah, selama hamil, aku juga masih melihara kucing, sering elus-elus dsb. Kucing yg aku pelihara jg kucing lokal tanpa vaksin dsb. Dan Insya Allah fine-fine aja, gak ada alergi (krn udah melihara dari kecil sih hehe). Skarang usia kandunganku 24 minggu. Asal setelah maen ama kucing, cuci tangan yg bersih pake sabun. Sebelum makan juga pastikan tangan kita steril.

Nah, TOXO sebenarnya TIDAK HANYA ditularkan oleh kucing. TOXO juga ditularkan lewat daging yang kita konsumsi, tentunya daging yang tidak dimasak hingga matang sempurna, misal: daging yang dimasak setengah matang, terus kita makan. Nah, bisa2 kita tertular TOXO lewat daging itu. Itulah alasan kenapa Bumil sebaiknya menghindari makan sate yg dijual bebas. Karena selain mengandung karbon yg tdk baik, dikhawatirkan jg daging yg dibakar belum matang. Kecuali kita benar2 bisa memastikan daging yg dibakar tsb matang sempurna.

Kucing akan terinfeksi TOXO jika mengkonsumsi daging2 mentah seperti makan tikus, atau daging2 mentah lainnya. Trus kucing tersebut menularkan TOXO lewat feces-nya. Manusia akan tertular, jika bersentuhan langsung dengan feces tsb. Jadi misal kita mbersihin kandang kucing yg ada eeknya, trus gak pake' sarung tangan, trus makan tanpa cuci tangan. Atau mungkin feces kucing nempel di bulu-bulunya, trus kita elus2, nah begitu kita mau makan gak cuci tangan. Prinsip hidup bersih aja, sebelum makan cuci tangan yg bersih.. Insya Allah aman sentosa

Jadi, kalo cuma bau doang mah, gak nularin virus TOXO bun.. Insya Allah.
 
  #6  
Old
putriy...   TS 
 
Location: Pati Jawa Tengah
Posts: 483
 
Replying to: View Post
Aku bantu Up ya bund, maaf aku kurang tau soalnya.. Tp aku sering main2 sama kucing fine2 aja bund. Hehe emg kucing ku ga prnh eek di dlm rmh jg.. Moga aja ga knpa2 debay nya. Amin
amiiin, moga g knp2..

---------- Post added at 09:36 ---------- Previous post was at 09:27 ----------

@bunda reiyya_ iya bund , aq g pernah dekat2 ma kucing. g begitu suka jg ma kucing

@bunda kristianti_ makasih untuk infonya ya bund ^^

@bunda tayinx_ Alhamdulillah agak tenang bund.. makasih yaa..

gara2 tu bau eek kucing aq d ungsikan ke rumah sodara, soalnya ibu takut knp2. makhlum cucu pertama

All bunda sayang.. makasih banyak wat info n up nya..
 
  #7  
Old
Mawdy8...
 
Posts: 190
 
Wah nice info bundas.secara tetanggaku pelihara 9 kucing.sekarang rada legaan karena info dr bund2.kalo burung gimana bund? Hubby pecinta burung,mertuaq juga.koleksinya banyak.beresiko juga kah?
 
  #8  
Old
dwi es...
 
Posts: 2
 
aq kemarin jg habis bersihin kotoran kucing...ap perlu saya tes toxo...
 
  #9  
Old
vachan...
 
Location: Lebak bulus
Posts: 7
 
Bundaaaa.. Terimakasih atas Infonya aku sedikit legaaa dan bersyukur,
alhamdulilah UK masuk 5 mgg, dari sebelum menikah sdh pelihara kucing kesayangan drmh, memang ga makan makanan mentah, tp was2 baca2 bahaya toxo pada kehamilan.
doain sehat2 ya bunda untuk semua ibu2 hamil disini, Aamiin..
 
  #10  
Old
vivida...
 
Posts: 2
 
Sama aq juga pelihara kucing dirumah dri kecil skr masih ada 4 ekor...alhamdulillah skr uk 5w n sering diingatkan jangan dekat2 kucing...rasanya susah bgt, ngeliat mereka aja bawaannya pengen dielus aja. Tapi setelah baca koment mb tayinx jadi agak lega skr...moga debayku sehat2 aja
 
  #11  
Old
iin ja...
 
Location: Solo
Posts: 41
 
Aduhh bun... saya juga khawatir barusan ini saya bersihin kotoran kucing, soalnya bau banget. Kalau nunggu suami pulang masih ntar mlm udh nggak nahan baunya, akhirnya saya bersihkan sendiri.
Ini saya baru hamil 8w, kemudian sy lupa kalau bumil tdk boleh membersihkan kotoran kucing.
Sudah terlanjur bun, apakah harus test toxso, takut debay kenapa2.
 
  #12  
Old
uliput...
 
Posts: 59
 
g ush takut bund gpp kok, q dlu jg bersihin pup kucing...
 
  #13  
Old
Vivie ...
 
Posts: 1
 
Salam kenal bunda..
Qkan sedang hamil muda kalau bersihin kotoran kucing sendiri boleh gak si.. Takut juga si kalau kena virus toxo..
 
  #14  
Old
Veroni...
 
Posts: 1
 
Bunda mau nanya nih,tokso bisa menempel di sofa atau benda lain ngga sih bun?
 
  #15  
Old
Putri ...
 
Posts: 1
 
Sumber: https://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saj...an2-orang.html
Like us: IbuHamil.com on Facebook - @infoibuhamil on Twitter

---------- Post added at 14:48 ---------- Previous post was at 14:46 ----------

Temen temen adakah yg mengalami hal yg sama, sebelum tau sedang hamil saya pernah bersihin kotoran kucing dirumah mertua saya, kotorannya lumayan banyak, jadi saya sikatin dan bersihin lantainya kebetulan itu jga tmpt nyuci piring, kira kira aman gak ya?, ������
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
toxoplasma -- Diskusi Umum 9
Hasil tes Toxoplasma -- Diskusi Umum 4
obat herbal toxoplasma -- Diskusi Umum 53
toxoplasma..??? -- Ngobrol Apa Saja 4
di vonis terkena toxoplasma,bisa hamil lagi gak ya? -- Diskusi Umum 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com