Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Onlyma...
 
Posts: 26
 
iya bund, di bogor itu malah pusatnya.. smoga cepet sembuh ya.. biasanya 3bln lgs negatif ko bund.. gapapalah mahal dikit yg penting langsung sembuh.. jangan lupa sama pijet refleksinya bund.. jangan cuma beli obatnya.. dulu ak ga tau klo tnyata ada pijet refleksinya..
 
  #17  
Old
etob...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 46
 
Bunda Only,

Sabtu kmrn aku jd kesana, ternyata rame bgt ya...
Hmm... byk juga yg kasusnya sama kyk aku...
Tp aku ga refleksi, rame bgt dan da keburu sore juga..
nextime lah refleksinya
 
  #18  
Old
Bunda ...
 
Posts: 27
 
aduh bunda2 ... jadi ngeri dengarnya neh .. gimana neh ... saya hamilnya dah 3 bulan ... bisakah juga ikut tes torch itu ????? berapa biayanya ??? dimana tesnya ???? dan apa sih tes torch itu bunda ????
 
  #19  
Old
Dysha...
 
Posts: 57
 
bunda etob: salam kenal bund.. sedih baca crtanya jd keinget ktka saya ngalamin kegu2ran 1,5 th yg lalu.. kl saya g ada tanda2 kalo baby sy g berkembang bun, sy taunya pas kontrol ke dr tb2 di kehamilanku 8 mggu dr bilng janinnya ilang denyut jantung jd hrs dikuret, tp saya ari 2nd opinion ke dr laen n dr jg bilang hal yg sama, sediiiih bgt, g bs nahan aer mata dpn dr sy nangis.. stlh dikuret saya disuruh dr untuk check drh di lab n hasilnya toxo IgG +, rubella(131) + jg, n sy bar tau kl ternyata rubella IgG jg ngaruh sm khmilan cz wkt itu dr bilng kl yg kena IgG y g mslh gpp.. smpe skrg sy blm jg dikaruniai keturunan, br bbrpa bln ini sdh g trllu stress bund, biasanya sy stress bgt, mau klr rmh aj malu cz temen2 yg nikahnya duluan sy aj udh pd punya baby, tp skrg sy berusaha untuk bs sabar n g minder lg, cz yakin aja ntar kl dah waktunya qt bakal dksh keturunan
smg qt pt dpt keturunan y bund, amiin..
 
  #20  
Old
Mitalu...
 
Posts: 3
 
bunda2, mw tanya ne,, bulan lalu waktu telat 10hr sy kepleset dan akhirnya pendarahan(mens), setelah itu sy k obgyn n disarankan u tes TORCH n hasilnya IGG rubella +400,, kata dokter obgyn masih aman untuk hamil bulan berikutnya, meskipun titer tinggi. Dan ternya bulan berikutnya sy hamil,, saat ini usia kandungn 8w. Saya takut banget kalau janinnya tdk bisa berkembang dgn sempurna.

bunda minta share infonya ya mungkin ad yg punya pengalaman hamil saat titer IGG rubella tinggi? Thx b4
 
  #21  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
TORCH
fyi
"Gejala Toxo pada ibu hamil ( sering terjadi flek, terjadi terus menerus sepanjang kehamilan, janin di dalam rahim tidak berkembang, hamil anggur, bayi meninggal pada usia kandungan 7-8 bulan, sering terjadi keguguran, sedang gejala Toxoplasma ringan yaitu mirip influenza, bisa timbul rasa lelah, demam dan umumnya tidak menimbulkan masalah"
"Infeksi Rubella merupakan penyakit ringan pada anak dan dewasa, tetapi bila terjadi pada ibu yang sedang hamil, virus ini dapat menembus dinding plasenta dan langsung menyerang janin. Infeksi Rubella berbahaya bila terjadi pada wanita hamil muda, karena dapat menyebabkan kelainan pada bayinya. Bila infeksi terjadi pada bulan pertama kehamilan, resiko terjadinya kelainan adalah 50%, infeksi terjadi pada trimester pertama resikonya menjadi 25% (menurut American College of Obstatrican and Gynecologissts, 1981) Gejala pada ibu sama dengan gejala pada anak, bercak ini seperti campak, makanya di Jerman Rubella disebut German Measless (Campak Jerman)
Gejala klinis setelah bayi lahir adalah; mata katarak, kelainan jantung, atau tuli, gejala lain yang timbul: BB rendah, Trombositopenia, kelainan tulang, kelainan kelenjar endoikrin, kekurangan hormon pertumbuhan, diabetes atau radang paru-paru.
Virus Rubella ditularkan melalui : urin, kontak pernafasan, masa inkubasi 2-3 minggu, penderita dapat menularkan virus selama seminggu sebelum dan sesudah timbulnya RASH (bercak merah) pada kulit."
"Disebabkan oleh Virus cytomegalo, termasuk golongan virus keluarga herpes lainnya. Virus ini akan aktif bila mengalami penurunan kondisi fisik, dan kadang - kadang muncul keluhan seperti vertigo, migren, radang sendi, radang tenggorokan, radang lambung, lemah, lesu dan keluhan pada saraf mata dan otak.
CMV lebih sering menyerang retinitas (fleksi pada kornea), yang dapat dengan cepat mengakibatkan kebutaan, gejala pertama CMV retinitas adalah problem penglihatan seperti : bayangan hitam bergerak (scotoma) dan tampak seperti bintik - bintiki hitam, pandangan seperti melihat kabut putih tebal. Bila ibu hamil mengidap CMV, ia akan mengalami keguguran terus menerus, atau bayinya akan lahir dalam keadaan cacat fisik seperti Hidrosefalus (pembesaran kepala), Microsefalus (pengecilan kepala), lahir dengan usus keluar tubuh, tubuh transparan kaki dan tangannya jadi bengkok."

"Toxo, Rubella, CMV dan Herpes dapat menyebabkan rusaknya fertilitas pada wanita, adanya infeksi ToRCH ini, pada wanita bisa menyebabkan terbentuknya mioma, pernyumbatan atau perlengketan, sehingga sel telur tidak bisa dibuahi atau mengakibatkan sulit hamil.
Penularan ToRCH pada manusia dapat melalui 2 cara, aktif (didapat) dan yang pasif (bawaan), penularan secara aktif disebabkan antara lain:
Makan daging setengah matang yang berasal dari hewan yang terinfeksi (mengandung sista) misal : sapi, kambing, kerbau, babi, ayam, kelinci yang dimasak tidak sempurna atau setengah matang
Makan makanan yang tercemat ooista dari feces (kotoran ) kucing yang menderita ToRCH
Transfusi darah (trofozoid), transplantasi organ, kecelakaan di laboratorium yang menyebabkan ToRCH masuk ke dalam tubuh atau tanpa sengaja masuk melalui luka.
Hubungan sex
Penularan secara pasif (bawaan) dapat terjadi karena infeksi pada kehamilan trimester pertama.
CARA MENGHINDARI ToRCH !!!!!
Bila mengkonsumsi daging seperti daging ayam, sapi, kambing, kelinci, babi terlebih dahulu dimasak sampai matang dengan suhu 66 derajat celcius, agar ooista yang makan ada di daging tersebut mati.
Kucing peliharaan di rumah hendaknya diberi daging matang untuk mencegah infeksi yang masuk ke dalam tubuh kucing. Tempat makan/minum kucing harus selalu dicuci/ dibersihkan
Hindari kontak dengan mamalia liar:tikus, bajing, musang serta reptilia kecil: cicak, kadal, yang kemungkinan dapat sebagai perantara ToRCH
Penanganan kotoran kucing sebaiknya dilakukan dengan sarung tangan disposible
Bagi wanita hamil, terutama yang dinyatakan secara serologis sudah negatif, janganpelihara kucing kecuali dengan sarung tangan
Bila memegang daging, bekerja di tempat yang ada hubungannya dengan daging mentah hindari menyentuh mata, mulut dan hidung dan peralatan dapur setelah selesai harus dicuci.
Menggunakan sarung tangan bila berkebun, mencuci sayuran, buah sebelum dimakan
Darah penderita seropositif tidak boleh ditransfusikan pada penderita yang menderita imunosupresif, demikian juga transplantasi organ
Pemberantasan terhadap lalat dan kecoa sebagai pembawa oosista perlu dilakukam
Melakukan pemeriksaan hewan peliharaan secara kontinue ke dokter hewan atau poliklinik hewan."
 
  #22  
Old
Selly ...
 
Location: Pontianak
Posts: 198
 
Replying to: View Post
Hai bunda..
Lemes bgt ni pas baca hasil tes darahku utk TORCH & ACA. Hasilnya aq + Toxo IGG (nilainya 27), + rubela IGG (nilainya >400), + CMV IGG (nilainya 40). Tp untuk ACAnya negatif.
Kalo dilihat dr hsilnya yg parah rubelanya aq tinggi bgt. B'arti bayiku yg meninggal kmrn + tkena rubela kali ya? Soale dr gjala dan efek yg ditimbulkan rubela hampir sama yg bayiku alami. Hmm.. Jd rada takut n kuatir ni mo program lg:-(:-S
Mnrt bunda2 yg py p'alaman tkena TORCH kyak aq, apa yg hrs aq lakuin slanjutnya ya (Scra aq pengen bgt cpat py anak lg ganti yg kmrn). Apa ada obat laen slaen obt dr dktr? Brp lama proses p'obatannya ya?
Thx 4 infonya bun..
AKu juga kemarin kena rubella bunda, tapi aku digugurkan suruh sm dokternya karena nanti kasihan anaknya klo lahir bisa cacat, waktu itu uk 5w. Aku lg terapi, dokter kasih obat penekan virus dan penguat sistem imun, biaya habis 800rb untuk 1 bln obat. Tgl 7 ini obatnya habis, aku mau cek darah lagi seelum promil kembali. Waktu itu IGG aku >300, karena aku kena rubellanya 1 minggu jadi otomatis IGG tinggi.

Ini ada linknya, semoga membantu Penanganan Terkini Infeksi TORCH Saat Kehamilan | CHILDREN GROWUP CLINIC
 
  #23  
Old
chence...
 
Posts: 6
 
yang positif apanya bunda ? IGG atau IGM ?

---------- Post added at 10:20 ---------- Previous post was at 10:15 ----------

Replying to: View Post
bunda wita,
Wkt hamil yg ke-2 aku ga rasain apa-apa secara fisik, cuman mmg sering flek di trisemester 1 (Secara pernah ngalamin keguguran di kehamilan 1 memang jadi rada takut waktu itu, sering kuatir takut kenapa2 dgn kandungan).Sama dokter dikasi penguat dan vitamin dan aku disuruh jgn terlalu cape & +Thingking aja. Aku kerjain deh tuh perintah dokter. Aman deh sampe kehamilan aku masuk bulan ke 5 (21mgg).

Waktu kontrol ke dokter masuk mgg kw 22 pas di usg dokter blg plasenta aku dibawah trus makanya aku sering flek (walaupun dikit tp rada mengkuatirkan kata dokter). Tetap dikasih penguat dan vitamin sama disuruh bedrest (walaupun cm bedrest dirumah 3 hr aja). Aman juga sampe kandungan masuk bulan ke enam (24 mgg). 1mgg setelah kontrol aku ngalamin kencing2 trus ga berhenti (kayak keran doll), ke RS dibilang waktu itu Infeksi Saluran Kemih (ISK) dikasih obat dan mulai berkurang kencing2nya. 1 mgg setelah itu aku malah pendarahan tiba2..taunya pas lg kencing yg keluar malah darah (mana banyak lg). Secara fisik badan ga ada sakitnya cuma pendarahan aja yg aku alamin. Lgsg ke dokter ternyata dokter blg kandungan aku rawan keguguran lg katanya (krn plasenta masih dibawah trus dan air ketuban aku da berkurang 20%). akhirnya bedrest total diopname di RS. 3 hr pertama pendarahan berkurang tp hr ke 4 pendarahan berhenti cuman air ketuban malah habis. makanya aku lgsg disuruh lahiran secara normal takut bayinya kenapa2. Lahiran berjalan normal walaupun bayi hanya bertahan hidup 2 jam aja.

Secara umum aku ga ngalamin gejala fisik apa2, rata2 hampir sama dgn ibu hamil pada umumnya. Namun pasca keguguran itu aku disuruh dokter utk test TORCH, takutnya aku terkena salah satu virusnya. Hasilnya memang positif aku terkena di Rubellanya (tinggi bgt kadarnya). Bayiku yg meninggal itu memang kulitnya ruam2 merah seperti tanda2 yg terinfeksi Rubela. Rubela salah satu virus TORCH juga, penyebabnya sama dgn TOXO. Detailnya bisa baca di (www.pengobatantorch.com).

Untuk bunda-bunda yg rawan keguguran memang wajib test TORCH dulu sebelum program kehamilan berikutnya (itu saran dokterku juga). Gunanya sih biar ga terulang lagi aja kejadian BO, kuret, bayi ga berkembang, dll yg ujung2nya bikin bunda gagal utk menimang bayi lagi. bunda yg positif TORCH bs menularkan bayinya juga. Efek yg ditimbulkan TORCH jika tidak diobati biasanya keguguran di trisemester 1 & ke-2, lahir prematur meninggal atau bahkan lahir normal mati/cacat.

Untuk bunda wita ga usah terlalu banyak pikiran, jgn cemas, positif aja, jaga kesehatan, istirahat yg cukup. Krn itu juga akan berpengaruh ke kandungan juga. Kalo ada keluhan apa2 mending konsul ke dokternya bunda aja. Semoga kandungan bunda sehat-sehat sampe lahiran nanti ya..

Happy pregnant bunda..
yang positif apanya ? IgG atau IGM ?kalau punya hasil detilenya bun, mau bandingkan dengan hasil testku
 
  #24  
Old
yudith...
 
Posts: 524
 
menurut pengalamanku, yang positif IgG-nya yaaa... itu infeksi masa lalu
tapi kalo lagi hamil biasanya tingkat infeksi naik.
sudah dikasih antibiotik sama dsog?
 
  #25  
Old
fadyth...
 
Posts: 2
 
pagi bunda,.... aq member baru ni,..tapi udah sering baca2 di sini,...
to the point aja bunda,,, tepat sebulan yang lalu, saya di kuret karena mengalami hamil BO,, dan udah cek darah, nsyallah minggu ini hasil lab nya keluar,...
harap-harap cemas ini bu,,,,
ada yag pernah ngalami kayak aq gak ya bun,,,, ?
takut dengan hasil lab nya,.... krn saya baca2 virus torch itu mengkhawatirkan,,?? tp virus torch itu ada obat nya gak ya bu? (selaen teraphy di dr.juanda ya)
mohon sharenya...tq
 
  #26  
Old
tata20...
 
Posts: 148
 
Replying to: View Post
Hai bunda..
Lemes bgt ni pas baca hasil tes darahku utk TORCH & ACA. Hasilnya aq + Toxo IGG (nilainya 27), + rubela IGG (nilainya >400), + CMV IGG (nilainya 40). Tp untuk ACAnya negatif.
Kalo dilihat dr hsilnya yg parah rubelanya aq tinggi bgt. B'arti bayiku yg meninggal kmrn + tkena rubela kali ya? Soale dr gjala dan efek yg ditimbulkan rubela hampir sama yg bayiku alami. Hmm.. Jd rada takut n kuatir ni mo program lg:-(:-S
Mnrt bunda2 yg py p'alaman tkena TORCH kyak aq, apa yg hrs aq lakuin slanjutnya ya (Scra aq pengen bgt cpat py anak lg ganti yg kmrn). Apa ada obat laen slaen obt dr dktr? Brp lama proses p'obatannya ya?
Thx 4 infonya bun..
kaya gimana bund dedek nya? apakah IUGR juga? q dianjurkan dokter untuk test torch dan aca karena IUFD 37 W baby tidak ada kecacatan mayor ya cuma bobot nya rendah harusnya usia segitu 2,5 kg tapi babyku 2 kg tapi pj baby normal 48 cm
 
  #27  
Old
fenfen...
 
Posts: 5
 
Bunda yg udah pernah pengobatan ke IR H A JUANDA....tolong saran dan bagi pengalamannya dong......sangat ditunggu bunda berita nya...makasihhhhhh bangetttt

---------- Post added at 09:50 ---------- Previous post was at 09:46 ----------

Bunda gimana hasil nya ke pak juanda......apakah bagus...????
 
  #28  
Old
fenny ...
 
Location: Sidoarjo
Posts: 411
 
semoga semua bunda2 yang saat ini mengharapkan hadirnya buah hati,yg sedang promil Allah mendengar doa2 bunda sekalian dan kiranya bunda2 bisa diberi anugerah seorang anak. Jangan pernah menyerah dan patah semangat ya bun... spt 2 tmnku divonis tdk bs diobati/mandul istilahnya tmnku 1nya 13th menanti yg satunya 12th, dia juga sudah mencoba segala cara alternatif,periksa dokter ini itu namun tdk ada hasil... namun saat dia bserah diri kpd yang maha kuasa disitulah Tuhan bekerja buat mereka...dan ke 2 tmnku itu skg dah memiliki anak cewek2 semuanya sehat s/d skg. semoga itu menjadi semangat buat bunda2 sekalian.
 
Prayer is a key to success
  #29  
Old
nengri...
 
Posts: 5
 
turut berduka cita bund
saya jga ngalamin bund bayi meninggal didalam kandungan waktu usia 6bln
pas di test ke lab trnyata positif toxo huhu
 
  #30  
Old
bunda ...
 
Posts: 269
 
Replying to: View Post
turut berduka cita bund
saya jga ngalamin bund bayi meninggal didalam kandungan waktu usia 6bln
pas di test ke lab trnyata positif toxo huhu
Innalilahi, sya turut berduka bund, kalo boleh tau, bunda positif toxo apa ny? igg atau igm kah. saya jg positif toxo tp igg aja yang positif, igm negatif, saya pun skarang lg hamil bund uk 29week.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tanya tes torch murah -- Diskusi Umum 11
pemeriksaan TORCH di Bandung -- Diskusi Umum 3
Test torch -- Diskusi Umum 7
tes TORCH -- Diskusi Umum 7
torch???????mengerikankah???? -- Ngobrol Apa Saja 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:05.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com