Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
utarir...   TS 
 
Posts: 1
Question sirsak bahaya gak ya?

Salam kenal bund...

لْحَمْدُ لِلَّهِ ..stelah menunggu hampir 2 tahun,minggu kemarin aku di nyatai positif sm dokter...
Aku lg was2 nih bund,kemarin habisin sirsak 1/2 buah..Trs td habis baca Artikel klo buah Sirsak bahaya buat janin???bisa keguguran bahkan anak bs cacat??? Apa bener tuh bund???

Mohon Penjelasanx!!!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
hartan...
 
Posts: 1,379
 
Waduh masak si bund, aku jg pernah minum jus sirsak loh wkt tm1 kmrn....aduh jadi ikutan parno..yaa mudah2an gpp ya bund
 
  #3  
Old
desiar...
 
Posts: 1,042
 
semoga membantu ya bun..ada artikel soal sirsak utk bumil:

Manfaat Buah Sirsak untuk ibu hamil




Manfaat Buah Sirsak untuk ibu hamil - Buah Sirsak membahayakan bila dimakan dengan dosis besar yang dapat menyebabkan muntah dan menekan sistem kardiovaskular. Hal ini juga dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang wanita hamil harus menghindarinya. Semua efek samping ini mungkin perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya untuk pengobatan kanker atau penyakit lainnya. Jadi, buah sirsak, serta bagian lain dari pohon yang harus digunakan hanya di bawah pengawasan dokter atau penyedia perawatan kesehatan.

Manfaat Buah Sirsak untuk ibu hamil? sebaiknya konsumsi buah sirsat dihindari, apabila dikonsumsi dalam jumlah besar dapat membahayakan.

Mencegah komplikasi kehamilan (Folat -8% DV)
Buah Sirsak mengandung folat. Studi telah membuktikan bahwa asupan folat selama kehamilan dapat menjadikan kekurangan mineral pada wanita hamil. Kurangnya mineral ini selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir dan keguguran.
Selama kehamilan, produksi insulin dapat ditingkatkan. Untuk beberapa wanita, kenaikan itu tidak cukup untuk mencegah kerusakan dari regulasi gula darah. Gula darah terlalu tinggi, terutama setelah makan. Peningkatan gula darah tinggi yang disebut kondisi diabetes kehamilan menggambarkan (gestational diabetes).

Risiko diabetes kehamilan
Gestational diabetes meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan, ibu hamil dan bayi mereka beresiko. Risiko komplikasi pada ibu hamil dengan hipertensi kronis (preeclampsia), edema (pembengkakan), cairan ketuban yang berlebihan, anak sulung dari ukuran normal (makrosomia) dan kelahiran prematur. Potensi resiko terhadap anak-anak memiliki penyakit kuning, gula darah rendah dan masalah pernapasan saat lahir.
Bayi yang ibunya menderita diabetes kehamilan cenderung memiliki berat badan banyak, karena ia memiliki lebih banyak insulin untuk mengontrol kadar gula darah tinggi untuk memastikan bahwa cadangan lemak dan jaringan besar. Proses ini bisa sulit dan sering lahir melalui operasi caesar. Anak-anak mungkin memiliki tingkat rendah gula darah (hipoglikemia), bahkan setelah kelahiran tingkat tinggi insulin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari ibu yang menderita diabetes gestasional berisiko lebih tinggi, memiliki diabetes tipe 2 dan obesitas di masa dewasa.

Penyebab dan faktor risiko
Penyebab diabetes gestasional, karena kebutuhan meningkat insulin untuk 2-3 kali lebih tinggi selama kehamilan diduga. Di sisi lain, hormon yang diperlukan untuk bertindak, pertumbuhan janin, berbeda dengan kontrol merangsang insulin. Ketika Anda menghasilkan efek dari hormon pada kemampuan seorang ibu kadar gula cukup insulin, dalam darah.
Wanita yang hamil pada usia 30 tahun terkena risiko lebih tinggi penyakit ini. Faktor resiko lainnya adalah faktor keturunan (terutama jika orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2), kelebihan berat badan (BMI lebih dari 25 kg/m2), diabetes bukan kehamilan pertama, dan riwayat sindrom ovarium polikistik (PCO).
Pengelolaan

Diabetes kehamilan adalah bentuk sementara dari diabetes, yang menghilang spontan setelah lahir. Selama kehamilan, diabetes dapat dikelola melalui diet dan olahraga, termasuk:
Meningkatkan jumlah rendah dampak latihan aman berenang, berjalan atau senam kehamilan
Jauhkan jumlah lemak yang Anda makan
Kurangi asupan garam Anda
Tambahkan porsi buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari.
Pengukuran glukosa darah secara teratur juga diperlukan untuk memastikan tingkat tidak meningkat terlalu tinggi, terutama setelah makan. Ketika kadar gula darah tetap tinggi, mungkin perlu suntikan insulin.
Pencegahan
Obesitas merupakan faktor risiko untuk diabetes gestasional. Mereka dianjurkan pada berat badan normal, untuk menurunkan berat badan sebelum hamil. Faktor risiko lain seperti faktor keturunan, usia dan riwayat penyakit adalah sesuatu di luar kendali Anda.


Sumber : Manfaat Buah Sirsak untuk ibu hamil | Kenapa Sama
 
  #4  
Old
Alice ...
 
Posts: 2
 
bunda bunda aku mau tanya.. aku kan lagi hamil 10minggu dan sekarang aku ngidam sirsak .. pengen banget makan buah sirsak, malah sirsak nya udah beli tapi belum di makan ! soalnya takut.. gimana yaa bunda ?? Tolong bantuannya bunda .. terima kasih
 
  #5  
Old
Yuni N...
 
Location: Bogor
Posts: 100
 
Mgkn sLama gak berLebihan konsumsinya bunda.. MisaLnya dLm seminggu 2x aja atau paLing banyak 3x dLm seminggu. Sy jg wkt usia kandungan 7-9mggu suka minum jus sirsak. ALhamduLiLLah gak knp2. Insya ALLah gak ada apa2 d bLkg2. BismiLLah aja bunda. SLama gak berLebih aja..
 
  #6  
Old
Rina S...
 
Posts: 2
 
.. tapi kata dokter buah sirsak gak bahaya kok bun.. katanya blm ada penelitian yg mmbuktikan kalo buah sirsak gk boleh di konsumsi ibu hamil..
 
  #7  
Old
Vinka2...
 
Posts: 6
 
kalo menurut aku gpp sich bunn... temen aku jg ada yg makan buah durian, waktu itu belum tau klo lg hamil... anaknya sehat2 aja kok,,, yang penting berdoa aja bunda... :-D
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bahaya USG -- Diskusi Umum 30
boleh ga ibu hamil makan buah sirsak dan minum teh daun sirsak ? -- Diskusi Umum 14
Bahaya ga ? -- Diskusi Umum 1
bahaya gak ya bun,,, -- Diskusi Umum 18
kue sus vla bahaya gak ya? -- Diskusi Umum 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com