Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: Karawang
Posts: 8
Default Haruskah Anak Ke-THT?

Hii Moms,

berbagi info donk cara membuat anak mau dibersihkan kotoran telinganya dengan mudah, aman dan tidak membuat anak panik.

Anak saya usia 5 tahun, saya sangat khawatir sekali dengan kondisi pendengarannya yang menurun. Saya tahu, ada kotoran telinga yang sulit keluar dan susah untuk membujuknya agar mau dibersihkan.

Saya sudah coba memberikan obat tetes telinga ketika dia tidur, dan hasilnya tetap saja harus dibantu dibersihkan manual dengan cara mencoleknya menggunakan alat korek kuping. Dan itu tidak terdorong sempurna.

Kendalanya ada pada anak saya sendiri. Karena dia sangat susah sekali untuk dipegang telinganya. Karena dia merasa tidak nyaman (mungkin) ketika harus dibersihkan bagian telinga. Setiap kali saya mencoba memegang telinganya pun, dia selalu kabur. Saya pernah juga mencoba membersihkan ketika dia sedang tidur, tapi tetap tidak bisa. kadang saya paksa dia dengan meminta bantuan ayahnya atau kakeknya untuk memeganginya hanya untuk sekedar membersihkan, tapi ujung2nya malah dia ngamuk dan merasa trauma.

Jadi, apakah anak saya harus di bawa ke dokter THT? Apakah bunda-bunda disini ada yg punya pengalaman membawa anak ke THT dengan kondisi si anak yg sulit untuk dibersihkan kotoran telinganya?

Apakah ada treatment khusus dari dokter spesialis THT ketika membersihkan kotoran telinga anak2 yang sulit di ajak kerjasama seperti anak saya? Mohon sharingnya yah Bun, karena saya takut bgt kalo nanti dibawa ke THT anak saya malah kabur dr ruangan dokter dan tantrum

 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Anakku 4 tahun...bersihkan telinga...saya bersihkan yg kelihatan aja...di sekitar luar...kebetulan telinga saya sendiri model kering, gda kotoran telinganya (baru 2 kali seumur hidup...saya ngalamin ada kotoran kering keluar sendiri pula)

Anak saya ini nurun ayahnya, kotoran telinganya basah...sejauh ini sih ga masalah...seminggu sekali saya bersihkan yg nempel2 diluaran...klo kotoran telinga anak bunda...keliahatan menyumbat gtukah?
 
  #3  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: Karawang
Posts: 8
 
iya Bund, keliatannya menyumbat. dan tipe kotoran telinganya kering. baru mau pegang telinganya aja dah ngamuk2.. dia uadah kabur duluan kalo liat saya bawa korek kuping
 
  #4  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Penolakan itu krn ga nyaman...mungkin bunda kemarin2 terlalu memaksa, jadi dia ga suka telinganya dibersihkan. Coba lebih halus lagi bunda...kasih video atau buku2 tentang telinga atau gimna....jdi dia tahu pentingnya telinga bersih.

Menurut saya dibawa ke tht aja gpp, apa mungkin cuma prasangka bunda aja ada yg nyumbat..... tapi jgn tiba2 dibawa..kasih pengertian dulu...klo sudah waktunya cek telinga..mama papanya juga harus periksa atau bgaimana, jadi dia ga merasa ditipu atau terpaksa. Yg bikin anak nangis2 kan biasanya itu tuh...gatahu mau kemana eh tiba2 nyampe ke dokter..ya biasanya reaksi anak langsung berontak depan RS hehe
 
  #5  
Old
mhey12...
 
Posts: 98
 
Sama bund, anak ke 2 saya juga kayak gitu sampai telinga sebelah kanan ada yg nyumbat umur nya baru 3 thn, dari bayi paling takut law telinga di pegang... Hanya bisa bersih kan sedikit2 pas dia benar2 nyenyak tidur nya... Kadang2 law habis mandi ya sedikit dipaksa juga, kasian sebenar nya tapi dari pada kuping nya nyumbat takut pendengaran terganggu kan... Ada kepikiran juga mau ke dr tht tapi ya anak aq itu loh paling sombong, ndak mau sama orang lain kalau bukan sama mama nya... Mama nya yg bersih kan aja nangis2 apa lagi orang lain, jadi nya serba salah��
 
Love my baby forefer ~ Fathan Almayri 250515
  #6  
Old
Yudia ...
 
Posts: 36
 
Sebenarnya membersihkan telinga anak cukup di bagian luarnya saja bund, pastinya anak tidak nyaman ya, kalau dikorek bagian dalam telinganya, walaupun menurut kita orang dewasa itu sangat nikmat ))

nah, perihal bagaimana membersihkan telinga anak, sebaiknya bunda gak sembarangan. Kalau ingin lebih aman, ya memang bawa aja ke dokter THT bun, apalagi kalau bunda udah menemui gejala anak agak menurun kemampuan mendengarnya. Nanti, dokter bisa membantu membersihkan telinga Si Kecil atau mendiagnosis kalau ada gejala lainnya.

Kapan waktu yang tepat ke THT? bunda bisa baca lengkapnya di sini: https://www.halodoc.com/artikel/kapa...e-dokter-tht-; https://www.halodoc.com/artikel/kapa...-spesialis-tht
 
  #7  
Old
Bunder...
 
Posts: 595
 
Setauku telinga bagian dalam itu ndak perlu dibersihkan deh Bun. Kotoran dalam akan keluar sndrinya pelan2..kalo dikorek,dikhawatirkan malah akan ngelukain gendang telinga. Sering2 dikorek jg akan ngasih efek jangka panjang. Bersihkan cuma di daun telinga yg keliatan kalo mandi. Kalo emang Bunda khawatir ada yg sumbat atau knp2,coba bawa ke dokter. So far anakku jg ndak pernah aku korek sekalipun telinga dalamnyah,cuma dibersihin yg keliatan ajah smbil diomongin biar dia diem(usia 3 thn saat ini).
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Mau anak cowok? haruskah banyak makan daging??? -- Diskusi Umum 28
Haruskah aq menangis??? -- Ngobrol Apa Saja 28
haruskah punya anak laki-laki bun??? -- Diskusi Umum 17
haruskah aku bertahan???? -- Ngobrol Apa Saja 5
Haruskah rontgen? -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:59.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com