Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
esabet...   TS 
 
Posts: 4
Default Cara Tepat Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Aktif dan Cerdas Sejak Dini

Perkembangan dan pertumbuhan si Kecil memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh Papa dan Mama. Pasalnya, perkembangan dan pertumbuhan si Kecil hanya terjadi satu kali dan tidak dapat diulang. si Kecil saat ini sudah memasuki usia 3 tahun dan sudah memiliki beberapa perkembangan baru seperti sudah bisa menyebut namanya sendiri, bisa belajar menghitung, dan menggambar.

Hal-hal di atas adalah tahap perkembangan yang umumnya terjadi pada anak usia 3 tahun ke atas, walaupun memang tiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Memasuki usia 3 tahun, pola asuh dan mendidik anak pun harus disesuaikan dengan usianya agar si Kecil bisa cerdas, aktif, dan mandiri. Beberapa cara mendidik anak usia 3 tahun yang tepat adalah dengan cara:

Mengajarkan Anak untuk Mengendalikan Emosinya

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang pertama adalah dengan cara mengajarkan si Kecil untuk mengendalikan emosinya. Memasuki usia 3 tahun si Kecil sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan dan terkadang si Kecil akan mengeluarkan ledakan emosi yang lebih dikenal dengan nama tantrum. Mama tidak perlu khawatir karena tantrum adalah sebuah hal yang normal dalam tahap perkembangan si Kecil.

Tahapan emosi si Kecil belum berkembang dengan baik, jadi si Kecil belum bisa membedakan mana cara yang benar untuk mengekspresikan perasaannya. Nah, jika si Kecil memiliki intensitas tantrum yang tinggi, ada beberapa cara yang Mama bisa lakukan seperti menghabiskan waktu bersama ketika si Kecil dalam keadaan tenang, berikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, berikan waktu dan perhatian yang cukup kepada si Kecil serta beri pengertian bagaimana cara mengendalikan emosinya. Hal-hal di atas akan sangat membantu si Kecil dalam mengendalikan emosinya.

Ajarkan Kedisiplinan

Pada Usia 3 tahun si Kecil sudah dapat membedakan benda yang ia miliki dengan benda orang lain. Cara mendidik anak usia 3 tahun adalah dengan cara mengajarkannya si Kecil kedisiplinan. Mama bisa mulai mengajarkan si Kecil untuk merapikan mainannya sendiri ketika selesai digunakan, mulai mengajarkan si Kecil untuk dapat makan sendiri menggunakan alat makan sederhana, dan memberikan jadwal tidur.

Hal-hal di atas terlihat sederhana, namun mengajarkan kedisiplinan sejak dini dapat membuat anak Mama berperilaku dengan baik sesuai dengan ajaran yang sudah diajarkan Mama.

Ajarkan Berbagi dengan Orang Lain

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang tidak kalah pentingnya adalah dengan cara mengajarkan si Kecil berbagi dengan orang lain. Pada usia 3 sampai 4 tahun si Kecil sudah memiliki empati dan mulai memikirkan perasaan orang di sekitarnya. Terlebih, si Kecil akan ikut bersedih jika temannya sedih.

Mama bisa mengajarkan si Kecil untuk berbagi dengan temannya dengan cara sederhana seperti ketika Mama memberikan si Kecil biskuit bawakan dengan porsi lebih dan bimbing si Kecil untuk membagi biskuitnya kepada teman-temannya.
Baca juga: Kemampuan motorik dan sensorik anak di usia ini
Selain itu, Mama juga bisa mengajarkan si Kecil untuk meminjamkan mainannya jika sudah selesai dipakai kepada temannya. Menanamkan kebiasaan berbagai sejak kecil akan membuat si Kecil peduli dengan lingkungan di sekitarnya.

Itulah 3 cara mendidik anak usia 3 tahun yang wajib Papa dan Mama ketahui. Selain mendidik si Kecil dengan baik, Mama juga harus penuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap seimbang agar si Kecil bisa sehat, aktif dan mandiri.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
anak, balita, bayi, ibu anak, mpasi


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
cara agar cepat hamil anak ke-2, usia 36 tahun -- Diskusi Umum 13
cara mendidik anak dalam kandungan -- Diskusi Umum 4
Cara Mendidik dan Melatih Otak Anak Agar Pintar dan Cerdas -- Ngobrol Apa Saja 14
spirulina agar anak sehat dan cerdas -- Area Promosi 133
Nasionalisme sejak dini untuk anak -- Ngobrol Apa Saja 20


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:21.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com