Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
yeni a...   TS 
 
Posts: 55
Default Pendidikan Seksual Sejak Dini



Saat sudah menjadi orang tua, pastinya akan sangat was-was dengan apa yang akan terjadi dengan sang anak tentunya. Maka, sebagai orang tua, penting untuk memberikan Pendidikan seksual sejak usia dini, lho. Enggak Cuma untuk orang dewasa saja, Pendidikan seksual sejak dini juga penting dalam dunia parenting. Lantas, bagaimana caranya mengajarkan anak tentan seksual itu sendiri ya? Yuk, mari kita simak cara mudah mengenalkan Pendidikan seksual sejak dini pada anak!

Memperkenalkan bagian tubuh

Hal pertama yang harus dilakukan orang tua dalam Pendidikan seksual sejak dini pada anak adalah memperkenalkan bagian tubuh. Dampingi anak untuk memperkenalkan bagian-bagian tubuh melalui media, misalnya memperkenalkan secara langsung organ intin dengan nama yang sebenarnya. Misalnya payudara dikenalkan dengan nama payudara bukan nenen.

Orang tua juga harus memberi tau anak tentang bagian bagian intim mana saja yang tidak boleh disentuh orang lain. Siapa saja yang boleh membuka bajunya hingga apa yang harus dilakukan anak ketika ada yang ingin menciumnya.

Pentingnya menanamkan budaya malu pada anak

Orang tua bisa menanamkan budaya malu pada anak misalnya jika anak hanya menggunakan pakaian dalam saja di depan umum adalah hal yang tidak sopan. Dan melepaskan pakaian disembarang tempat adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Batasi Tontonan anak

Orang tua juga harus memiliki aturan yaitu membatasi tontonan anak baik melalui televisi ataupun gadget. Dengan teknoligi yang serba canggih, anak bisa dengan mudah mengakses internet untuk mendapatkan tontonan yang mereka inginkan.

Mengenalkan perbedaan Gender

Mengajarkan anak tentang perbedaan jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki itu penting, lho. Berikan contoh bahwa perempuan akan seperti Ibu dan laki-laki akan seperti ayah. Ajarkan perbedaan jenis pakaian laki-laki dan perempuan serta penggunaan toilet.
 
Popok Si Kecil Anti Iritasi
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bagaimana mengetahui kehamilan sejak dini? -- Diskusi Umum 23
mengetahui kehamilan sejak dini.. -- Kenalan Yuk! 0
Investasi Pendidikan untuk Anak Usia Dini -- Area Promosi 1
Pentingnya Persiapan Dana Pendidikan Sejak Ananda dlm Kandungan -- Area Promosi 0
Pencegahan alergi sejak dini -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:17.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com