Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
yeni a...   TS 
 
Posts: 55
Default Menangani Kolik Pada Bayi



Sebelum kita masuk ke bahasan utama, pasti ada diantara para Moms yang belum tau apa sih kolik pada bayi itu? Kolik dapat menjadi membingungkan bagi para Moms apalagi jika Moms merupakan orang tua baru. Karena Moms akan mendapati anak yang menangis bisa sampai berjam-jam tanpa tau alasannya. Ternyata, Kolik adalah suatu kondisi yang membuat bayi terus menerus menangis tanpa ada penyebabnya. Kolik bukan termasuk penyakit dan tidak akan membahayakan untuk bayi ya, Moms. Apapun yang Moms lakukan tidak akan bisa membuat bayi berhenti menangis. Kolik memang terdengar bisa mempersulit Moms dan bayi. Namun, Moms harus mengetahui bahwa kolik biasanya berjangka pendek. Pastikan Moms tidak panik saat menangani bayi yang sedang mengalami Kolik.

Apa sih penyebab Kolik pada bayi?

Perlu Moms ketahui bahwa tidak semua bayi mengalami Kolik karena kondisi bayi yang rewel dan menangis itu wajar pada bayi ya, Moms. Sampai saat ini, belum ditemukan penyebab dari kondisi tersebut. Namun, kemungkinan besar Kolik dipicu oleh stimulasi yang berlebihan karena bayi bisa saja merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan atau kondisi situasi sekitar. Adapun sistem pencernaan yang belum sempurna dan alergi makanan seperti susu formula yang dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab Kolik yang membuat bayi merasakan perut kembung. Karena bayi harus beradaptasi dengan lingkungan baru berbeda dengan keadaan saat dalam kandungan, jadi Moms harus bisa memaklumi keadaan si bayi.

Kapan biasanya Kolik terjadi pada bayi?

Biasanya Kolik terjadi pada malam hari, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada siang atau terjadi mulai sore hari. Kolik biasanya terjadi pada bayi yang berusia dua minggu sampai dengan tiga bulan tergantung dari bayi itu sendiri ya, Moms. Kolik bisa terjadi dengan durasi hitungan menit sampai dengan jam dalam sehari. Suara tangisan yang intens bahkan sampai dengan teriakan dan tidak dapat diredakan yang terjadi secara terus menerus adalah hal yang akan Moms hadapi. Moms akan berhadapan dengan kondisi dimana wajah bayi akan memerah karena tangisannya dan sulit untuk ditenangkan. Namun, Moms tidak perlu khawatir. Karena Moms akan terbiasa dan bisa menanganinya jika Moms dalam keadaan tenang.

Cara Menangani Kolik Pada Bayi

Karena penyebab kolik belum diketahui dengan pasti, jadi belum ada cara yang paling efektif untuk mengatasi kolik ya, Moms. Namun, hal yang bisa Moms lakukan adalah pastikan tidak ada masalah kesehatan yang serius pada bayi. Moms juga bisa menggedong bayi dengan posisi lebih tegak agar bayi mendapat keleluasaan untuk menghirup udara dan merasakan keadaan sekitar. Karena, bagaimana pun gendongan Moms akan terasa lebih nyaman bagi bayi daripada hanya diletakan di Kasur ya, Moms. Jika bayi mengkonsumsi susu formula, Moms juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter apakah Moms harus mengganti susu formula yang dikonsumsi oleh si bayi atau tidak. Moms juga bisa pastikan keadaan bayi sedang tidak lapar, mengantuk, dan kepanasan. Cek popok yang digunakan apakah membuat kegerahan bayi atau terdapat ruam popok.
 
Popok Si Kecil Anti Iritasi
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
menghadapi bayi kolik -- Ngobrol Apa Saja 1
Menangani Alergi Kacang pada Anak -- Diskusi Umum 20
bayi kolik -- Diskusi Umum 3
Penyebab dan Cara Menangani Diare Pada Bayi -- Diskusi Umum 0
Cara mengatasi bayi kolik -- Diskusi Umum 9


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com