Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Aliana...   TS 
 
Posts: 18
Default 10 Tips Untuk Mengembangkan Otak Anak

Otak anak-anak itu bagaikan sebuah kertas yang masih puth dan polos. Makanya mereka lebih gampang dibentuk karena mudah menyerap nilai-nilai dan informasi baru. Sebagai orang tua, wajib bagi kita untuk memahami cara mengembangkan otak anak agar mereka bisa tumbuh maksimal. Ikuti yuk tips-tips berikut ini.

Mengajak si kecil senam mental
Senam mental adalah sebuah olahraga yang melatih sisi logika anak. Salah satu caranya adalah dengan bermain game yang merangsang pikiran anak-anak, kemampuan memecahkan masalah, kegigihan, konsentrasi dan mengajaknya berpikir. Beberapa contoh permainan yang cocok adalah puzzle, permainan kartu, catur, teka teki silang, dan masih banyak lagi.

Selain mengajak dia bermain game-game yang membangun kemampuan berpikir si kecil, kita juga bisa mengikutkannya ke dalam kursus coding anak. Pada kursus programming untuk anak-anak ini, kegiatan belajar dan berpikir ini dibalut dengan permainan-permainan yang menarik namun menantang mereka berpikir cara penyelesaian puzzle. Misalkan, gerakkan satu karakter dari satu tempat ke tempat lain hanya dengan menggunakan blok secara efisien.

Mengajarkan dia berdialog internal dengan kata-kata positif
Anak-anak membutuhkan kata-kata yang positif agar dia bisa percaya diri. Kepercayaan diri ini bukan untuk meningkatkan egonya, tetapi lebih memberikan kekuatan untuk memecahkan masalah yang rumit. Beberapa kalimat-kalimat yang bagus adalah “Saya bisa menyelesaikan tugas yang telah diberikan.”, “tidak apa-apa saya melakukan kesalahan, karena saya bisa belajar dari kesalahan” dan kalimat-kalimatnya. Cara ini akan membantu si kecil berpikir kalau kesalahan dan kegagalan hanya bagian dari tantangan dan bukan identitas dirinya.

Untuk si kecil lancar berdialog internal seperti ini, kita sebagai orang tua pun wajib memberikan kata-kata positif yang membangun.

Interaksi antara keluarga yang baik
Bagaimana cara paling mudah melatih anak berkata-kata? Tentu dengan mengajaknya berbicara. Mereka akan menyimak dan meniru perkataan kita. Dari satu kata pendek menjadi kalimat-kalimat panjang. Pembicaraan dengan anak-anak ini pun tidak memiliki batas topik. Kita bisa menanyakan kesehariannya, kegemarannya, teman, apa yang dia pelajari hari ini dan lain sebagainya.

Interaksi ini selain menambahkan kosakata si kecil, kegiatan ini juga membangun hubungan yang baik antara kita dan anak-anak. Mereka juga lebih mudah terbuka dengan kita dalam kesehariannya.

Mendorong kegemaran membaca
Buku adalah jendela dunia. Di buku inilah, anak-anak bisa duduk bersantai dan mencari tahu informasi-informasi yang tidka diketahui. Mereka belajar dunia baru dan kosa kata baru. Akhirnya kemampuan memori mereka pun meningkat.

Makanan yang bergizi
Otak membutuhkan makanan yang bergizi untuk bisa berkembang. Beberapa bahan makanan yang bagus untuk otak adalah ikan, telur, jeruk, sauran hijau, daging tanpa lemak dan sereal. Telur, jeruk, daging dan ikan bisa meningkatkan kemampuan ingat si kecil. Sayuran hijau bisa melindungi sel-sel di otak dai kerusahan dan kelelahan mental. Sementara sereal yang mengandung gandum dan zat besi sangat bagus untuk mempertajam cara berpikir.

Lingkungan yang sehat dan menstimulasi
Otak membutuhkan stimulasi untuk membuat anak-anak tidak hanya observasi namun juga menyerap informasi. Contohnya adalah percakapan yang berbentuk pertanyaan seperti kenapa, apa, bagaimana dan seterusnya. Selain itu, beberapa kegiatan seperti storytelling, mengunjungi museum, menonton drama, datang ke kebon bintang juga membantu anak-anak dalam perkembangan otaknya.

Memperkenalkan musik
Anak-anak yang senang mendengarkan musik instrumental cenderung lebih gampang fokus dibanding mereka yang tidak. Bahkan merek yang terlibat dalam kegiatan musik di sekolah atau mengambil kursus mengalami peningkatan kekuatan saraf dan menunjukkan peningkatan nilai akademis.

Olahraga
Jantung memompa darah dengan cepat ketika kita sedang berolahraga. Pompa ini pun meningkatkan jumlah aliran darah ke otak dan otak pun mendapatkan oksiden baru. Hasilnya adalah anak-anak yang lebih mudah konsentrasi, jelas, cepat berpikir, kreatif, energik dan mental yang kuat.

Istirahat yang cukup
Tidur yang dukup akan membantu tubuh mereparasi dirinya. Reparasi ini akan kembali menyehatkan tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Pastikanlah si kecil tidur 9 - 10 jam setiap harinya.

Batasi waktu bermain gadget
Gadget meningkatkan tingkat stress dalam tubuh. Karena lewat gadget itu, anak-anak seperti dituntut untuk menyelesaikan masalah secepatnya. Akibatnya mereka lebih gampang moody, kondisi kesehatan memburuk, mengalami perkembangan kognitif yang telat dan perilaku yang tidak sabaran. Batasi waktu bermain gadgetnya agar dia bisa tumbuh maksimal.

Manakah aktifitas ini yang belum kita lakukan untuk mengembangkan otak anak kita? Yuk mulai kita praktekkan satu per satu.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tips Agar Otak Anak Jadi Cerdas -- Diskusi Umum 4
Bandeng untuk perkembangan otak bayi & anak -- Area Promosi 0
Tolong bantu saya mengisi kuisioner ini untuk mengembangkan app ibu hamil -- Area Promosi 3
Nutrisi Otak untuk Bumil, Menyusui, MPASI, Anak 1-16 th, Dewasa s/d Manula -- Area Promosi 3
Solusi product untuk anak yg ingin gemuk berisi atau Menambah Energy Otak -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com