Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Pantan...   TS 
 
Posts: 8
Default Bersin dan Batuk Saat Tidur, Perlukah Ganti Kasur?

Bunda pasti sudah menyadari kalu kasur yang berdebu bisa menyebabkan gangguan seperti batuk dan bersin pada saa tidur. Alhasil, tidur pun kurang nyenyak dan badanmu terbangun dengan kondisi kurang fit. Kalau sudah begitu, apakah bunda harus beli dan ganti kasur? Atau cukup menyewa jasa vacuum debu tungau Jakarta terpercaya sepert Dust Partrol? Simak dulu yuk penjelasan kami.

Kenapa butuh ganti kasur?

Normalnya, sebuah kasur itu diganti 7-10 tahun sekali. Kasur jenis apapun yang digunakan setiap hari akan mengalami perubahan bentuk karena menyangga tubuh terus menerus. Makanya ada orang yang merasa punggungnya sakit sehabis bangun dari tidur dan lebih nyaman tidur di lantai. Memang perubahan bentuk ini tidak bisa dhindari, namun bunda bisa memperpanjang umurnya dengan ganti posisi kasur setiap 3-4 bulan atau membalikkannya.

Penyebab kedua yang sering terjadi adalah kasur sudah terlalu kotor dan bau. Kasur yang jarang dibersihkan dan telah mengalami banyak masalah noda mulai dari pipis, darah, dan lain sebagainya tidak hanya kurang sedap dipandang. Namun juga bau. Kalau sudah seperti itu, tentu tidak betah tidur di atasnya.

Dan dari kedua penyebab di atas, anggota keluarga pun menjadi kurang tidur. Kualitas tidur yang buruk mengurangi konsentrasi saat beraktifitas, nafsu makan meningkat pada makanan ata minuman manis, gampang marah, mudah capek, tulang punggung terasa sakit dan organ tubuh tidak berfungsi secara optimal. Gak baik banget bukan kondisi ini untuk anggota keluarga.

5 Tanda bunda perlu ganti kasur

Kasur mengeluarkan bunyi derit
Tipe kasur seperti springbed dan latex menggunakan per agar membuat tubuh tidur lebih nyaman. Tetapi kalau sampai bunda mendengar adanya derit ketika diduduki atau mengganti posisi tidu, berarti pernya sudah tidak kuat menyangga tubuh bunda. Kalau sudah seperti itu, kami menyarankan untuk mengganti kasur.

Berat badan naik drastis
Kasur itu minimal berat badan yang ditopang agar nyaman digunakan. Makanya ada kasur untuk anak-anak dan orang dewasa. Nah, bila ada anggota keluarga yang mendadak nafsu makan bertambah banyak hingga naik 10 kilo, kasur bisa tidak nyaman lagi digunakan. Misalkan kasur terasa sempit atau anjlok ketika bunda berbaring di atasnya. Nah, gantilah kasur dengan ukuran yang lebih besar atau per yang lebih padat untuk menyesuaikan berat badan yang baru ya. Biar setiap anggota bisa tidur nyenyak d malam hari.

Perubahan bentuk kasur
Salah satu cara menilai apakah kasur bunda sudah harus diganti adalah bentuknya yang berubah. Ketika bunda berbaring di atas kasur, bunda juga merasakan ada bagian yang menonjol. Sebuah petanda kalau per kasur sudah rusak dan perlu menggunakan kasur baru. Selain bentuk yang menonjol, bunda juga bisa melihat bagian tengah kasur terjerembab ke dalam. Kalau kondisi sepeti ini, kondisi badan pada saat tidur pasti tidak nyenyak dan punggung pun terasa pegal dan sakit saat bangun.

Bersin dan gatal
Matras yang kotor adalah penyebab bersin, batuk dan gatal-gatal pada saat tidur. Hal ini dikarenakan di kasur tersebut ada debu, kutu busuk dan tungau. Kutu busuk senang menggigit bunda dan menyebabkan bentolan di tubuh. Sementara itu, kotoran tungau bisa menyebabkan bunda alergi debu, bersin-bersin, mata berair, batuk dan masih banyak lagi.

Kasur terlalu banya noda
Banyaknya noda-noda membandul di kasur sepert noda darah, pipis, keringat itu bisa tidak sedap dipandang. Dan biasanya susa dibersihkan. Kadangkala, mereka membantu pertumbuhan jamur dan kuman-kuman sehingga menyebabkan bunda gampang sakit.

Nah, untuk bagian kasur bernoda atau menyebabkan bersin serta gatal, sebenarnya tidak selalu perlu langsung diganti. Mengingat kasur itu lumayan mahal. Kenapa tidak coba membersihkannya terlebih dahulu? Yang pnting bunda memiliki mesin penyedot debu anti tungau.

Langkah-langkah membersihkan kasur
Angkat sprei dan bed cover lalu cuci dengan air panas an keringkan di bawah terik matahari
Taburkan baking soda ke kasur untuk mengurangi bau di kasur dan diamkan 30 menit. Lalu gunakan mesin penyedot debu pada permukaan kasur. Balikkan kasur dan lakukan hal yang sama agar kasur bersih secara menyeluruh.
Bersihkan noda-noda yang membandel
Jemur kasur di bawah terik matahai
Selesaikan dengan menggunakan penyedot debu lagi

Bila bunda tidak memiliki kemampuan membersihkan kasur yang sudah sangat kotor, mending percayakan jasa vacuum debu tungau jakarta. Mereka memiliki peralatan dan perlengkapan bersih-bersih yang mumpuni sehingga mereka bisa membersihkan kasur dan juga rumahmu secara menyeluruh.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
kesehatan keluarga


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Salut wake bersin&batuk -- Ngobrol Apa Saja 5
bersin bersin ato batuk ngaruh pada janin ga bun ? -- Diskusi Umum 4
sering bersin-bersin saat hamil -- Ngobrol Apa Saja 15
bersin bersin saat hamil -- Diskusi Umum 1
Tiba2 kepala merasa vertigo saat ganti posisi tidur, please help... -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:53.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com