Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Dela A...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 15
Default Langkah Lain Setelah Bunda Memberikan Susu Untuk Anak Yang Susah Makan

Mungkin bunda sudah memberikan susu untuk anak yang susah makan. Namun, bunda tidak melihat adanya perubahan yang berarti. Bisa saja berat badan si kecil tidak turun. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dari susu tersebut sudah mampu memenuhi kebutuhan tubuh si kecil meskipun ia tidak makan.

Namun, tentu saja bunda tidak ingin hal tersebut terus terjadi, bukan? Maka dari itu, ada hal lain yang sebaiknya bunda lakukan untuk mengatasi anak susah makan setelah memberikan susu.

3 Hal Yang Sebaiknya Bunda Lakukan

Bunda pasti tahu sulit sekali untuk membujuk anak agar mau makan. Apalagi ia benar-benar sudah tidak punya nafsu makan. Memaksa anak untuk makan sangat tidak dianjurkan. 3 hal berikut ini yang perlu bunda lakukan.

1. Menyiapkan Menu Makanan Dalam Porsi Kecil
Mungkin saja anak susah makan lantaran merasa makanan terlalu banyak. Maka dari itu, bujuk dengan memberikan makanan dengan porsi yang kecil. Gunakan tempat makan yang mungil. Agar terlihat lebih menarik, bunda bisa membelikan tempat makan dengan warna atau gambar karakter kartun yang si kecil suka.

2. Ganti Menu
Bukan tidak mungkin anak susah makan lantaran bosan dengan menu makanan yang sama. Bunda bisa coba buatkan menu makanan yang berbeda. Sangat mungkin anak tidak suka dengan menu makanan yang bunda buatkan. Apalagi biasanya anak kecil cenderung menolak untuk mengkonsumsi makanan yang belum pernah ia konsumsi sebelumnya.

Butuh effort yang cukup besar untuk membuat anak mau makan makanan yang baru. Bunda bisa memakan dulu makanan tersebut. Buat anak mencoba walaupun sedikit. Jika ternyata tidak mau, bunda bisa coba menu makanan yang lain.

Dalam hal ini, sebaiknya bunda memilihkan menu makanan penambah berat badan bayi 13 bulan. Menu makanan ini mengandung kandungan nutrisi yang lebih dibandingkan dengan menu makanan lainnya.

3. Ajak Makan Bersama
Tak ada gairah makan pada anak bisa saja tidak ada semangat di dalam dirinya. Untuk itu, ada baiknya jika bunda mengajak si kecil untuk makan bersama. Bunda bisa ajak si kecil makan di satu meja makan yang sama. Ada kalanya bunda bisa mengajak anak makan di luar. Suasana yang beda diharapkan membuat nafsu makan anak muncul kembali.

Tiga hal tersebut bisa bunda lakukan sebagai penyempurna dari pemberian susu untuk anak yang susah makan. Bunda harus melakukan hal tersebut secara sabra dan juga konsisten.

Larangan Ketika Anak Susah Makan

Terkadang, orang tua melakukan hal yang dianggap sebagai cara efektif untuk mengatasi anak susah makanan padahal pada kenyataannya tidak. Contohnya saja memberikan obat penambah nafsu makan. Memang ini mungkin bisa mengembalikan nafsu makan anak. Namun, bunda tidak bisa mengandalkan cara yang satu ini saja.

Selain itu, ada juga orang tua yang memaksa anak untuk makan. Alih-alih agar anak mau makan, justru cara ini akan menyisakan trauma. Anak akan semakin sulit untuk mau makan kembali. Bukan hanya karena tidak suka atau bosan, tapi juga trauma lantaran bunda melakukan pemaksaan.

Mencoba untuk mempratikkan tiga hal tersebut di atas sangat direkomendasikan. Bunda bisa mulai dengan mengganti menu makanan dan menyajikannya dengan porsi yang kecil. Pastikan juga anak merasa senang ketika makan. Ini langkah yang sangat tepat selain memberikan susu untuk anak yang susah makan.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
#bayi


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
sedih lihat anak susah makan dan minum susu :( -- Ngobrol Apa Saja 4
bunda,ngalamin gaa anak yang susah makan... :( -- Diskusi Umum 8
Anak Susah Makan? Ini Solusinya Bunda - Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak -- Area Promosi 0
HELP ME : susu,suplemen vitamin atau apapun untuk anak yang susah makan :( -- Ngobrol Apa Saja 8
Solusi untuk anak yang susah makan -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:16.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com