Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Dela A...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 15
Default Mainan Membuat Bayi Tambah Cerdas, Benarkah?

Siapa yang tak ingin jika buah hati tumbuh dengan tahap perkembangan anak yang bagus sehingga otaknya yang cerdas? Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Namun sayangnya, setiap anak ketika lahir memiliki kecerdasan yang berbeda. Namun benarkah jika mainan dapat menjadikan bayi tambah cerdas? Untuk tahu jawabannya silahkan simak ulasannya berikut ini.

Kecerdasan merupakan kemampuan otak dimana dapat tumbuh dan berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Karena setiap anak terlahir dengan tingkat kecerdasan yang berbeda maka tentu juga ada usaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Banyak yang mengatakan mainan dapat menambah kecerdasan anak. Namun benarkah hal demikian?

Salah satu cara yang bisa menstimulasi otak sejak dini dalam tahap perkembangan anak, adalah dengan memberikan mainan. Selain mudah didapatkan, mainan berikut ini juga bisa bantu optimalkan cerdasnya otak anak, terutama pada masa usia keemasannya ini (golden age). Tentu ibu ingin ya mengoptimalkan masa usia si kecil untuk mendukung kecerdasan otak anak dan si kecil bisa lebih cerdas dari sebelumnya. Berikut mainan yang dapat mengasah kecerdasan otak anak.
  1. Puzzle
    Mainan yang digunakan untuk mengasah kecerdasan otak anak adalah mainan Puzzle. Mainan puzzle menjadi wadah belajar anak dalam mengenal dan belajar pola logis, sehingga ia akan mengerjakan pekerjaan yang memerlukan pola logis. Bunda juga bisa mengajak ia belajar menghitung jumlah mainannya untuk membantu anak mengembangkan kecerdasan matematisnya.
  2. Balok susun
    Mainan yang dianggap dapat mengasah kecerdasan otak anak adalah balok susun. Bagi bayi dibawah satu tahun, menyusun balok tentu bukanlah satu hal yang mudah. Memberikan mainan balok susun membantu anak dalam berimajinasi. Hal ini disebut juga sebagai kecerdasan spasial.
  3. Buku bergambar
    Peralatan menggambar dan buku bergambar juga menjadi mainan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Jika si kecil sudah mulai belajar menulis dan mengeja kata-kata dengan baik. maka berikan anak buku bergambar yang sesuai dengan usianya. Buku gambar yang penuh dengan gambar dan warna membuat anak pasti semakin tertarik dan terus mengasah kemampuannya. Buku bergambar ini dapat mengasah kecerdasan linguistik/bahasa atau komunikasi secara verbal.
  4. Catur
    Mainan lain yang dapat mengasah kecerdasan otak anak terutama dalam hal daya ingat adalah Catur. Permainan catur dapat mengasah daya ingat anak dan mengajarkan anak untuk dapat berfikir sebelum melakukan sesuatu karena memiliki banyak resiko atas apa yang ia lakukan.
  5. Peralatan musik
    Untuk mengasah kemampuan dan kecerdasan anak dalam hal musik bunda dapat berikan mainan seperti gitar-gitaran, mainan yang dapat mengeluarkan suara dan musik, atau manfaatkan saja peralatan dapur dan pukul-pukul menggunakan sendok, sehingga mengeluarkan bunyi. Hal ini juga membantu perkembangan pendengaran dan motorik kasarnya.
  6. Bola Planet
    Jika bunda lebih ingin si kecil tumbuh sebagai anak yang cerdas dalam hal sains maka bunda bisa berikan bola planet dimana mainan ini memiliki warna yang berbeda dan harus disusun sesuai dengan urutan planet tata surya. Selain bisa meningkatkan kecerdasan anak namun juga melatih anak dalam kecerdasan sains.

Itulah bunda mainan-mainan bayi yang dapat digunakan untuk mengasah kecerdasan anak.

Bagaimana dengan tahap perkembangan anak usia sekolah? Mereka juga bisa bermain sambil belajar loh. Saat ini banyak sekolah yang telah menerapkan prinsip ini sehingga si kecil tidak stress belajar. Atau bunda sendiri yang menerapkannya. Bunda cukup mengajaknya bermain dengan alam seperti sehabis hujan, lalu menguraikan terbentuknya awan dan terjadinya hujan. Belajar menjadi asyik deh.

Semoga bermanfaat ya infonya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jasa Sewa Mainan Bayi dan Anak (Harga Terjangkau, Mainan Bersih & Aman) -- Area Promosi 1
produk pasutri. membuat tambah mesra. bisa untuk bunda yang program hamil -- Area Promosi 0
[pojokbayi.com MURAH! ] Mainan bayi, mainan anak, rattle, teether, dll -- Area Promosi 0
benarkah ngemut jari membuat pertumbuhan gigi terganggu -- Diskusi Umum 20
Mainan Pasir Untuk Membuat Anak Semakin Kreatif -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:42.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com