Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Dela A...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 15
Default Mainan Pasir Untuk Membuat Anak Semakin Kreatif

Salah satu destinasi wisata yang banyak menjadi favorit anak-anak adalah pantai karena mereka bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Mereka kadang saking betahnya sampai gak mau pulang. Aktifitas ini selain menyenangkan bagi si kecil, mainan pasir juga kaya manfaat terutama tahap perkembangan anak menurut para ahli. Alasannya, kegiatan mainan pasir bisa merangsang imajinasinya. Tetapi tentu Anda tak bisa membawa si kecil setiap akhir pekan ke pantai apalagi bila domisili Anda berjarak cukup jauh dari laut. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini banyak tersedia pasir yang bisa dimainkan si kecil di rumah. Nah, karena mainan pasir dah mudah didapatkan, mari simak manfaatnya untuk si kecil yuks.

Manfaat mainan pasir untuk anak

Banyak orang tua ragu manfaat mainan pasir. Buat mereka, main pasir ya cukup di pantai saja. Yang artinya jarang dimainkan. Apalagi main pasir bisa membuat si kecil dan rumah gampang kotor. Padahal mainan yang satu ini sangat bermanfaat untuk tahap perkembangan anak. Berikut ini adalah penjelasannya.

Sensori – Pasir adalah sarana yang paling tepat untuk memberikan pengalaman sensori bagi buah hati Anda. Dengan pasir si kecil dapat mempelajari tekstur kering dan basah sekaligus belajar mengenali jenis-jenis pasir baik dengan memegang maupun menginjaknya. Mainan pasir ini juga biasanya bebas dari bebatuan seperti di laut, jadi aman buat mereka pegang tanpa sakit.

Kreativitas – Mainan ini juga merupakan sarana untuk mengembangkan kreativitas si kecil. Jangan lupa untuk melengkapi permainan ini dengan perangkat seperti ember dan sekop mini dan biarkan buah hati Anda berkreasi untuk membuat bentuk-bentuk yang ia inginkan sesuai imajinasinya. Kadang Anda juga bisa menambahkan cetakan-cetakan lucu untuk memperbanyak bentuk yang bisa dibuat.

Bersosialisasi – Saat tengah bermain pasir dengan teman-teman sebaya atau mungkin sepupunya, si kecil sekaligus belajar untuk bekerjasama dan bersosialisasi. Kemampuan bersosialisasi ini akan menjadi bekal yang baik untuk masa depannya kelak.

Fisik – Tak hanya mengasah kreativitas, mainan pasir juga melatih fisik buah hati karena dengan kedua tangannya ia dapat mengangkat pasir dan membentuknya sesuai imajinasi. Dengan fisik yang terbiasa aktif dan bergerak, si kecil pun akan lebih bugar dan tak mudah sakit.

Emosi – Tahukah Anda bahwa bermain pasir ternyata bisa menjadi terapi yang menenangkan. Ini bisa menjadi solusi bagi anak-anak yang mudah merasa sedih, tantrum, atau kesulitan mengendalikan emosinya karena mainan pasir bisa mengalihkan fokus dari emosi negatifnya.

Kognitif – Dampingi buah hati saat bermain pasir dan gunakan momen tersebut untuk menambah kosa katanya misalnya dengan mengajarinya kata basah, kering, pasir, dan lain-lain. Si kecil juga akan melihat bahwa pasir bisa mempunyai bentuk yang berbeda bila dimasukkan ke dalam wadah yang berbeda-beda. Selain itu ia juga dapat mempelajari peristiwa sebab akibat, misalnya apa yang terjadi bila pasir dicampur dengan air, atau air yang ditambahkan pasir kering, dan lain-lain.

Nah, ternyata bermain pasir sangat besar manfaatnya dalam tahap perkembangan anak ya. Jadi jangan ragu-ragu untuk membeli buat si kecil. Untuk masalah kebersihan, bunda cukup memainkannya di area luar rumah. Jadi ibu senang, si kecil juga bisa asyik bermain. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat ya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
anak, baby, ibu, kesehatan, perkembangan


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Anda Butuh Info dan Tips Pendidikan Kreatif Terbaru Untuk Anak? GRATIS -- Area Promosi 0
nutrisi kecerdasan bagi anak membuat anak semakin cerdas -- Area Promosi 0
[pojokbayi.com MURAH! ] Mainan bayi, mainan anak, rattle, teether, dll -- Area Promosi 0
mainan untuk anak usia 1 bulan -- Ngobrol Apa Saja 4
Play sand pasir kinetik mainan anak -- Area Promosi 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com