Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Yani93...   TS 
 
Posts: 10
Default Curhat, suami tertutup masalah keuangan.

Bunda, saya baru berumah tangga sekitar 8 bulan dan sedang hamil 6 bulan.
Sebelum menikah, saya seorang wanita karir. Sekarang saya jd full ibu rumah tangga.
Bunda, saya sedang bingung mengenai tabungan yg harus di persiapkan untuk persalinan dan biaya anak kedepannya nanti. Suami hanya menjatah perbulan dari gaji pokoknya. Uang itu untuk biaya masak, sedekah, biaya2 bulanan seperti listrik, sampah, dll dan "jatah" bulanan untuk saya pribadi. Selain untuk suami, saya harus memasak untuk mertua dan keponakan. Jatah dari suami terkadang habis tanpa sisa. Kalo abis ditengah bulan harus saya "tambal" dgn uang jatah bulanan untuk saya pribadi. Untuk kontrol kehamilan pun, suami tidak pernah nanya berapa biayanya dan memakai uang jatah istri. Boro2 untuk ke salon atau kasih bulanan ke orangtua saya, nabung untuk anak (nantinya) saja susah.

Suami punya penghasilan lain dari bisnis sampingan dan tunjangan kerjanya. Ada uang bulanan untuk orang tua dan keponakannya. Dua kakak ipar saya pengangguran dan sangat sering sekali pinjam uang ke suami saya lewat sms dan jarang sekali dikembalikan. Suami pun ga pernah cerita. Kalo di tanya hanya jawab "mas ga tau uang tunjangan bulan lalu kemana, nguap gitu aja".

Bunda, tolong saya bagaimana menyikapinya. Sudah coba dibicarakan tapi hasilnya nihil. Ga berharap jauh dapat tambahan uang belanja harian, hanya pengin suami lebih terbuka tentang keuangan. Bukan lagi uang istri, uang suami.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
MomS B...
 
Posts: 437
 
Mau bilang suami pelit dll..belum tentu juga...siapa tau suami udah punya uang persiapan untuk lahiran... Bisa ditanyakan dulu...trs Coba di balik aja bund. Maksudnya gini..bulan depan bunda cuma minta uang untuk diri sendiri, kontrol,dan belanja tiap hari(masak),, untuk arisan,listrik,air dll biar suami yg bayar sendiri.. Yah mintanya juga jangan terserah dikasihnya suami..tapi langsung bunda detail budgetnya berapa.... Kalau dtanyain suaminya blum punya prsiapan buat lahiran.. Di masukkan budget juga.. Bilang buat lahiran gitu bund... Kalau ga di bicarakan yah ga akan ada hasil apa2 kalau udah lahiran..malah pusing sendiri nantinya...
 
  #3  
Old
noenap...
 
Posts: 2,108
 
Salah 1 hal yg sangat sy syukuri dr suami sy. Semua penghasilannya masuk ke atm dan atmnya sy yg pegang. Alhamdulillah... dulu sebelum masuk atm, di awal berumah tangga saya buat pembukuan. Pake buku kas. Saya rinci semua pengeluaran. Kebetulan sy kerja dr jaman gadis smpe skrg. Jd semua pengeluaran bulanan sy habiskan pake gaji suami dan penghasilan sy utk tabungan m. Kl perlu baru dipake termasuk refreshing. Rincian itu sy sampaikan ke suami. Setiap mau apa2 diluar itu sy ijin dulu. Termasuk skrg saat banyak cicilan makin ketat pembukuan. kebetulan suami model yg g bisa atur keuangan (mugkin seperti suami bunda juga. Uang kayak uap air. Gak kliatan abisnya kemana) jd beliau menyerahkan sepenuhnya pd saya. Termasuk kl ada yg mau pinjem uang, melalui sy dl. Tanya dl ada apa enggaknya

Coba bunda utarakan semua kebutuhan sebulan. Termasuk saving utk lahiran, belanja perlengkapan baby, akikah, dsb. Dan semua itu tentunya diluar jatah pribadi bunda. Sampaikan opsi bagaimana kl bunda yg atur keuangan. Tanpa menghilangkan jatah utk ortunya dan ponakannya. Setidaknya utk 1-3 bulan pertama. Buat perkiraan transport suami setiap hr pergi kerja. Hitung kl sebulan brp. Soal omnya yg pengangguran kl ada kelebihan bisa dibantu. Tp kl terus2an ya g bisa juga sih kl menurut sy. Sementara utk bunda sendiri blm terpenuhi. Pelan2 ajak komunikasi bun. Dengan kepala dingin krna soal uang sangat sensitif. Takutnya suami mengira seolah2 kita matre atau mau menguasai. Tapi kebiasaan itu memang harus diubah krna bentar lagi ada anak yg harus dipikirin nasibnya.
 
"Robbi Hablii Minash Shoolihiin" (QS: Asy Syafaat 100)
"Rabbi La Tadzarni Fardan Wa Anta Khairul Waaritsin" (QS: Al-Anbiya 89)
"Rabbi Habli Minladunka Dzurriyatan Thayyibah Innaka Sami'ud du'a 'i" (QS: Ali Imran 38)

Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Keuangan RT bunda yang atur siapa? Bunda/Suami/Berdua? Share yah...^^ -- Ngobrol Apa Saja 124
Curhat masalah payudara -- Ngobrol Apa Saja 47
bund gimana sih ngatasi suami pelit ?padahal keuangan pas pasan.. -- Ngobrol Apa Saja 37
masalah keuangan -- Ngobrol Apa Saja 25
suami saya belum percayai saya untuk hal keuangan -- Ngobrol Apa Saja 9


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:47.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com