Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Mama r...   TS 
 
Posts: 7
Default Sembelit pada anak usia 2,3thn

Selamat malam bunda, aku mau minta berbagi pengalaman atau saran, jadi anak aku usia 2,3thn, sudah hampir sebulan ini Bab tidak lancar, awal nya 5hari tidak bab , saya kasih microlax, kemudian bab dan sebulan kemudian lancar bab 2x sehari, setelah itu tidak bab lagi selama 5hari, saya kasih microlax, tpi bab cuma saat itu aja, dan sudah sebulan ini bab nya susah, seminggu mungkin hanya 2x, itu juga saya ga tega liat nya Dy ngeden , nangis2, keringat dingin dan eek nya ada darah nya , pdhal saya kasih dia sayur, buah, agar2, dsb. Tp kenapa bab nya keras sekali ya, saya sampai ke spesialis tpi sama hanya di kasih microlax dan laxadine tidak membantu sama sekali , bab nya tetap sangat keras . Jadi saya harus bagaimana ya bunda, saya setiap hari nya khawatir .
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Zahra ...
 
Posts: 21
 
Sama kayak anak sy dulu bun. dl bisa bab hanya dg microlax.
anak bunda pup nya dengan berdiri apa jongkok?
Mulai umur 2,4th uda bisa bab rutin.
Dulu anak sy sering nahan pup, jadi sekali bab pup nya keras. Klo pup pasti berdiri. Seteleh sy ajarin jongkok ternyata pup lebih mudah keluar.
Sy selalu stok buah pepaya dan pisang. Di berikan 1jam sebelum makan.
Sering makan yg berkuah.
Anak susah bab.. krna mereka merasa trauma bun.. makanya sering nahan bab. Mungkin klo dia mau bab, bunda bisa ikutan jongkok sambil ajarin ngeden gitu. Dulu sy gitu soalnya. Alhmdllh berhasil
 
  #3  
Old
Mama r...   TS 
 
Posts: 7
 
Duh Bun anak saya tu sengke berat bgt ibarat nya, di ajarin jongkok berontak gitu , iya memang sering nahan pup karna takut pup nya keras . Aku udh pancing klo mandi suruh main air dulu di ember pake mainan, nah Dy nya kan jongkok, tpi tetep aja ga ngaruh . Pusing bgt,,
 
  #4  
Old
BellaL...
 
Posts: 14
 
Sama bund sy jg anak kalau susah bab dgn microlax tp kadang coba dikasih buah pepaya kalau anak sy susah bab dikasih pepaya Alhamdulillah lancar
Oh iya sy sependapat sama bunda zahra diajarkan jongkok jd lbh mudah bab nya, diajarkannya pelan2 aja bund, semangat ya
 
  #5  
Old
siskay...
Non-aktif
 
Posts: 1,229
 
bunda langsung ajah bawa kedokter atau engga bunda coba search dulu obat herbal yang aman buat anak usia 2 tahun

 
  #6  
Old
Mama r...   TS 
 
Posts: 7
 
Klo soal jongkok mah, anak aku lagi maen di pempersin aja ga mau bab, apa lagi di bawa ke WC, itu brontak, nangis nya ga karuan . Malah berbalik ga mau mandi ga mau pipis .. tanda2 mules mah tiap hari ada, tpi anak aku nya nahan bab trus , mungkin karna trauma .. intinya anak aku nya ga mau ngeden, harus gmn aku nya Bun .
 
  #7  
Old
Meimei...
 
Posts: 36
 
Sebenarnya, pola buang air besar anak dipengaruhi oleh usianya mom. Terkadang anak lebih jarang BAB, bahkan hanya satu kali dalam seminggu, tapi jumlah kotorannya lebih banyak. Bila anak susah BAB, tapi berat badan dan frekuensi berkemihnya masih normal, ia sebenarnya tidak mengalami sembelit.

Tapi bila anak sembelit, coba deh pijat perutnya dengan lembut. Sering-sering memijat perut anak bisa membantu memudahkan dia buang air besar mom. Selain itu, coba mandikan aanak dengan air hangat juga, karena bisa membuat tubuh anak jadi rileks. Ketika tubuhnya rileks, saluran pencernaannya juga akan lebih mudah mengeluarkan kotoran. Nah, sambil mencoba salah satu cara tersebut, pastikan mom penuhi kebutuhan cairan anak ya. Karena minum air yang cukup penting untuk memperlancar BAB. Atau bila Si Kecil minum susu formula, bisa jadi ia sembelit karena kandungan yang ada dalam susu. Jadi, ibu bisa ganti susu formula dengan merk yang lain. Kayak gitu sih cara-cara mengatasi sulit BAB pada balita yang saya tahu dari artikel ini.
Semoga membantu ya mom

---------- Post added at 14:11 ---------- Previous post was at 11:09 ----------

https://www.halodoc.com/artikel/begi...ab-pada-balita
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
cara toilet training anak 1,3thn -- Diskusi Umum 11
Mengatasi sembelit pada ibu hamil -- Ngobrol Apa Saja 4
bagaimana cara mengatasi kembung pada anak usia 17 bulan -- Diskusi Umum 2
Pada usia berapa anak mulai diajarkan gosok gigi -- Diskusi Umum 15
sembelit dan wasir pada bumil -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:25.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com