Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
butter...   TS 
 
Posts: 25
Unhappy bercerai dalam rumah tangga yang baru seumur jagung. haruskah?

permisi bunda2 yang baik, semoga tidak ada bunda yang mengalami hal seperti saya.

seperti thread sy yg pertama kali, saya memiliki bayi awalnya tanpa seorang suami.
namun sekiranya kehamilan sy beranjak 6bln, sy menikah dgn laki2 yang bekerja satu tempat dgn saya.
memang dia lebih muda dr sy (3tahun), dia laki2 yg pekerja keras, dan sangat mempedulikan saya ketika saya hamil. sblm menikah.

namun, setelah menikah dia mulai berubah. memasuki waktu pernikahan 2minggu. dia mulai sering bentak saya. saya akui memang sy memiliki watak keras, maka dari itu ketika sy cerita ke org tua sy. mereka menanggapi dgn santai, sy yg harus mengalah. krn sy lebih tua dr dia, dan memang menurut mereka pertengkaran terjadi krn watak sy trsbt.
awalnya sy fikir jg begitu bunda. ketika itu suami saya jd pengacara (pengangguran banyak acara-red), jd kami srg bertengkar. sy memaksa dia untuk mencari kerja dr pagi, namun suami selalu bangun siang. ketika itu sy tinggal di rmh org tua sy sekaligus sy kerja bantu mama sy catering dr pagi hingga siang.

mungkin krn suami sy masih muda jd dia agak keras, awalnya org tua saya msh memaklumi.
lalu kami pindah ke kontrakan dkt rmh mama sy. disitu suami sy setiap bertengkar selalu mulai mnggunakan tangan. awalnya sy takut dan hanya bisa menangis jika suami jenggut rambut saya atau mencekik leher sy. sy takut kehamilan sy yg sdh besar terganggung jika sy ikut marah2. sy masih pertahankan suami saya ketika itu krn sy masih hamil besar keluarga pun menyarankan sy untuk lebih sabar dan saling inropeksi diri.

sebulan sblm sy melahirkan, sy tinggal di mh org tua sy. disitu suami sy tidak bisa memukul sy, namun dia srg pergi meninggalkan sy ke rmh org tuanya. disini org tua sy sudah mulai tidak suka dgn sifat semena2 suami sy. ditambah suami sy tidak kunjung bekerja, setiap hari bangun siang, nonton tv, tidur siang/pergi ke tempat temannya di deket rmh org tuanya. begitu saja terus. sy jg terus menyuruh suami sy untuk berusaha melamar pekerjaan, tp ujung2nya selalu bertengkar hebat.
akhirnya ketika sy melahirkan, sy dibantu biaya besar melahirkan oleh org tua sy krn ternyata sy harus di rawat inap, krn anak sy tersendat di rahim tidak kunjung keluar stlh 10bln.

setelah anak sy melahirkan sy msh tinggal di rmh org tua sy selama 40hari. disitu sy masih srg bertengkar krn masalah pekerjaan. sy srg bertanya mengenai masalah akte, suami sy hanya blg sabar dan marah2. (namun sampai detik ini akte ngga kunjung dibuat)

sampai akhirnya sy kembali lg ke kontrakan sy, dan suami msh blm dpt kerjaan. sy tetap support suami sy kalau itu, krn selama ini km hidup dr uang warisan sy dan uang kerja sy dr catering mama sy. makan jg km dpt bantuan dr catering mama sy.

kira2 5bln setelah anak sy lahir, suami sy akhirnya kerja diperusahaan papa sy. namun seperti yg sy takutkan. dia suka seenaknya. bangun siang. jalan siang. kadang bolos, itupun sy ngga tau dia bolos. pulang kerja ke rmh mamanya, atau main ke tempat tongkrongannya. krn kantor dekat rmh org tuanya.
dr awal gaji selalu kesaya, tapi tetap sj habis tidak pernah ada simpanan. selalu aja uang habis.
suami sy dulu selalu selingkuh uang dr sy, dia srg kasih uang ke mertua sy tanpa blg ke sy atau di belakang sy. dsbg sehingga km selalu ribut

hingga skrg setiap kami bertengkar suami sy masih srg keras, entah bicaranya yg suka membentak2, ucapan yang kasar, atau main tangan. didepan anak saya, maupun didepan adik2 sy yg masih sd. sejujurnya sy sudah tidak kuat, sy lelah dengan rutinitas yang saya jalani. krn hal kecil, suami sy ngga suka lalu dia mulai bentak2 sy, saya balik marah dan pukul suami sy, sy balas dipukul atau dicekik, kadang ditiban/ditindih.
org tua sy sudah berulang kali bicara dgn kami berdua, namun tidak kunjung ada perubahan. sepupunya yg lebih tua sdh memberi nasihat, namun sm aja.

skrg sy tinggak di rmh kakek sy yg sdh tidak bisa melihat, suami sy kerjanya marah2 terus krn ngga cocok dgn kakek sy, dia merasa dia ngga salah, kakek sy pun merasa demikian. sy sudah blg, yg lebih muda yg bgalah. namhn dia bersikeras blg bahwa sy salah, sikap dia yg benar. kami akhirnya srg bertengkar krn masalah kakek sy. dan setiap bertengkar dia meninggikan suaranya dgn dalih agar org2 tau faktanya (bahwa sy salah-red) sejujurnya sy stres, semakin kesini rumah tangga sy tidak ada kemajuan, anak sy tetap blm ada akta, hidup sy tetap pas2an krn suami sy srg selingkuh uang, tabungan untuk anak jd kepake terus, dan apapun yg sy lakukan salah dimata suami sy.
skrg sy beryengkar di rmh kakek sy, sy sdg drop krn bebenah hampir setiap hari di rmh kakek sy (rumah plus kos2an 2lantai) dan harus sabar bila kakek sy marah2 ke sy krn ngga bisa melihat, sy ngurus anak sy sendirian, harus mikirin bagaimana keuangan sy berjalan untuk makan suami dan kakek sy. anak saya pun sakit. rasanya suami sy tidak memikirkan kondisi sy, apalagi bsk ulang tahun sy. sy rasa bahkan dia ngga peduli dgn hari kelahiran sy, seperti tahun lalu yg sy dapatkan hanya pukulan.
haruskah sy bercerai bun? ataukah sy harus bertahan demi anak?
mama sy sudah nyuruh sy untuk berpisah, tp krn keuangan di rmh org tua sy jg sudah tdk seperti dulu (mama sy sudah tidak catering) jd mama sy tidak bisa bantu saya. berat saya kerja hanya siapa yg akan mengurus anak sy. menurut bunda2 bagaimana?
umur sy bsk 23thn, dan anak sy 1thn 3bln.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Klo dah KDRT itu big NO NO
Mending pisah dr laki kya gtu...berat di anak?? Lah, kan dia bukan ayah kandungnya?
Kok kaya benalu gtu lakinya....mending pisah Bund.
Mungkin klo memang pemacu dia marah2 ada krn sifat Bunda yg keras...klo seandainya Bunda bisa berubah...apa dia jg bisa berubah???
 
  #3  
Old
mourir...
 
Posts: 249
 
Berat banget masalah bunda, tapi maaf bun kalau sy harus bilang bunda sebaiknya bercerai. Mempertahankan yang gak baik juga gak akan baik bun.

Sekarang umur suami berarti 20 thn ya? Menurut sy suami bunda masih sulit diharapkan untuk bisa dewasa, jarang sekali pria yg matang diusia 20 th. Suami sy pun br bs dewasa di atas umur 25 mknya kami pacarannya lama bgy nggu suami sy siap mental dan finasialnya.

Balik ke masalah bunda berat sekali ya klau memang harus menjanda. Tp bunda juga hrus syg sama diri sendiri. Smp kapan mau menafkahi suami yg tabiatnya jelek. Saudara sy ad yg mirip bunda keadaan rmh tangganya. Pernah berencana mau pisah tp kembali lagi, ternyata saat kembali diberi anak ke 2. Gak lama tabiat jelek suaminya keluar lagi, gak menafkahi dan ninggalin keluarga. Akhirnya cerai juga. Tp menurut sy kehidupannya dia lebih baik skrng. Dia bisa urus kedua anaknya dg bekerja lagi. Anaknya jg dititip saudara akhirnya bun. Krn ibunya sudah meninggal. Berat memang tp dr pada makan hati terus2an yg penting kita berusaha sebaik mungkin dan terus berdoa. Semoga bunda diberikan kekuatan menjalani semuanya dan terbaik untuk bunda.
 
  #4  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
saya jg setuju sm bunda2 diatas utk lebih memilih bercerai
toh selama ini suami ga benar2 menafkahi kan??
kalo bunda udh menceraikan dia, apa dia msh punya muka utk bekerja di perusahaan papa bunda?
seharusnya dia lebih tau diri udh dibantu cari kerja kok malah ngelunjak
kalo saya lbh baik jd single parent drpd uang hasil kerja ortu saya di gerogoti sm laki2 macam suami bunda
toh bunda msh muda, msh bs cari kerja utk biaya hidup anak bunda
anak bs dititipkan ortu kan?
apalagi udh KDRT, udh ga ada alasan utk bertahan
bertahan demi anak? bertahan dipukuli dan terus2an tekanan batin dan bs menimbulkan si kecil trauma ketika besar?
kalo saya sih ngga mau bertahan seperti itu
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
  #5  
Old
Bunda ...
 
Posts: 17
 
Maaf sekali bund, tapi melihat bagaimana suami memperlakukan Bunda, sungguh keterlaluan bund.
Diberikan kesempatan untuk bekerja dengan bpk Mertua, malah sesuka nya sendiri.
Apalagi sudah melakukan KDRT bund..
Pikirkan sisi psikologis Bunda Dan bayi Bunda kedepan, Apa baik dia tumbuh dengan keadaan bapaknya Yang suka main tangan?
Bunda masih muda, 3 tahun lebih muda Dari pada Saya, masih banyak kesempatan untuk mencari pekerjaan atau membuat usaha Yang lebih baik dengan tenang Tanpa gangguan Dan benalu dari suami.
Lain Kali, jika Bunda mendapat KDRT lagi, Bunda visum ke rs terdekat Dan bisa jadi barang bukti ke Kantor polisi. Dan kalau Bunda mengajukan perceraian, suami Bunda nggak Akan bisa nuntut apapun, justru berpotensi Di BUI.
Cerai memang hal yang dibenci Oleh Allah, tapi dihalalkan jika memang sudah merugikan Dan mengancam keselamatan Bunda Dan bayi Bunda seperti kasus Ini.
Semoga Bunda bisa segera mengambil langka tepat Untuk masa depan Bunda Dan anak bunda.
 
  #6  
Old
butter...   TS 
 
Posts: 25
 
terimakasih bun, balesan bunda2 semua bantu psikis saya sedikit2 buat saya kuat dan merasa tidak sendirian.

---------- Post added at 14:09 ---------- Previous post was at 14:06 ----------

Replying to: View Post
Klo dah KDRT itu big NO NO
Mending pisah dr laki kya gtu...berat di anak?? Lah, kan dia bukan ayah kandungnya?
Kok kaya benalu gtu lakinya....mending pisah Bund.
Mungkin klo memang pemacu dia marah2 ada krn sifat Bunda yg keras...klo seandainya Bunda bisa berubah...apa dia jg bisa berubah???
sy sudah coba intropeksi diri bun, dan menurut sy, sy sudah cukup mengalah. tapi mungkin saja ada di diri sy yg krg berkenan di hati suami. terkadang jika sy mau bercerai sy selalu memikirkan hal baik sy dgn suami, begitu terus hingga akhirnya suami baik lg ke saya, jd perceraian batal.

---------- Post added at 14:12 ---------- Previous post was at 14:09 ----------

Replying to: View Post
Berat banget masalah bunda, tapi maaf bun kalau sy harus bilang bunda sebaiknya bercerai. Mempertahankan yang gak baik juga gak akan baik bun.

Sekarang umur suami berarti 20 thn ya? Menurut sy suami bunda masih sulit diharapkan untuk bisa dewasa, jarang sekali pria yg matang diusia 20 th. Suami sy pun br bs dewasa di atas umur 25 mknya kami pacarannya lama bgy nggu suami sy siap mental dan finasialnya.

Balik ke masalah bunda berat sekali ya klau memang harus menjanda. Tp bunda juga hrus syg sama diri sendiri. Smp kapan mau menafkahi suami yg tabiatnya jelek. Saudara sy ad yg mirip bunda keadaan rmh tangganya. Pernah berencana mau pisah tp kembali lagi, ternyata saat kembali diberi anak ke 2. Gak lama tabiat jelek suaminya keluar lagi, gak menafkahi dan ninggalin keluarga. Akhirnya cerai juga. Tp menurut sy kehidupannya dia lebih baik skrng. Dia bisa urus kedua anaknya dg bekerja lagi. Anaknya jg dititip saudara akhirnya bun. Krn ibunya sudah meninggal. Berat memang tp dr pada makan hati terus2an yg penting kita berusaha sebaik mungkin dan terus berdoa. Semoga bunda diberikan kekuatan menjalani semuanya dan terbaik untuk bunda.
iya bun, mama sy jg selalu blg seperti itu. walaupun ada sisi baik di suami sy, tp sekali dia mukul sy pasti akan terus seperti itu krn sudah tabiat. mama sy jg sudah berkali2 ngancem untuk ngeluarin suami sy, tp berat di sy krn dia nafkahin sy dr situ.
semoga sy bisa mengikuti jejak saudara bunda ya, terimakasih dukungannya bun

---------- Post added at 14:15 ---------- Previous post was at 14:12 ----------

Replying to: View Post
saya jg setuju sm bunda2 diatas utk lebih memilih bercerai
toh selama ini suami ga benar2 menafkahi kan??
kalo bunda udh menceraikan dia, apa dia msh punya muka utk bekerja di perusahaan papa bunda?
seharusnya dia lebih tau diri udh dibantu cari kerja kok malah ngelunjak
kalo saya lbh baik jd single parent drpd uang hasil kerja ortu saya di gerogoti sm laki2 macam suami bunda
toh bunda msh muda, msh bs cari kerja utk biaya hidup anak bunda
anak bs dititipkan ortu kan?
apalagi udh KDRT, udh ga ada alasan utk bertahan
bertahan demi anak? bertahan dipukuli dan terus2an tekanan batin dan bs menimbulkan si kecil trauma ketika besar?
kalo saya sih ngga mau bertahan seperti itu
dia menafkahi sy bun, walaupun telat atau sedikit2 dr hasil part time sblm kerja di tempat ayah sy. orang tua sy anaknya msh ada yg smp bun 3anak. jd ngga bisa dibebanin anak sy lagi, sbnrnya kalau cari saudara jg sulit krn sy ngga punya banyak saudara. tp insyaallah ada jawaban dr allah ya bun.. terimakasih bun dukungannya

---------- Post added at 14:17 ---------- Previous post was at 14:15 ----------

Replying to: View Post
Maaf sekali bund, tapi melihat bagaimana suami memperlakukan Bunda, sungguh keterlaluan bund.
Diberikan kesempatan untuk bekerja dengan bpk Mertua, malah sesuka nya sendiri.
Apalagi sudah melakukan KDRT bund..
Pikirkan sisi psikologis Bunda Dan bayi Bunda kedepan, Apa baik dia tumbuh dengan keadaan bapaknya Yang suka main tangan?
Bunda masih muda, 3 tahun lebih muda Dari pada Saya, masih banyak kesempatan untuk mencari pekerjaan atau membuat usaha Yang lebih baik dengan tenang Tanpa gangguan Dan benalu dari suami.
Lain Kali, jika Bunda mendapat KDRT lagi, Bunda visum ke rs terdekat Dan bisa jadi barang bukti ke Kantor polisi. Dan kalau Bunda mengajukan perceraian, suami Bunda nggak Akan bisa nuntut apapun, justru berpotensi Di BUI.
Cerai memang hal yang dibenci Oleh Allah, tapi dihalalkan jika memang sudah merugikan Dan mengancam keselamatan Bunda Dan bayi Bunda seperti kasus Ini.
Semoga Bunda bisa segera mengambil langka tepat Untuk masa depan Bunda Dan anak bunda.
itu dia bun, yg saya takutkan anak sy ikut terpengaruh bun. sy ngga mau anak sy jd keras krn melihat sy dan suami hertengkar, atau jd penakut karna melihat ayahnya ngebentak2 sy terus. sejujurnya sy mau yg terbaik untuk anak sy. terimakasih untuk dukungan dan doanya ya bun
 
  #7  
Old
Maybel...
 
Posts: 660
 
mau sampai kapan ibu diperlakukan seperti itu. mencekik menindih mukul ya ampun gak bisa sy bayangkan. mau sampai kapan ibu membiarkan anak ibu melihat kekerasan fisik dan verbal dr orang tuanya. coba ibu ingat2 selama berRT lebih banyak senangnya apa sedihnya. lebih banyak positifnya apa negatifnya. tugas utama dia sbg suami menafkahi ibu lahir batin. mendidik istri dan anak. betabggung jwb pd keluarga. kl itu aja tidak bisa dia lakukan apa yg harus dipertahankan. ibu masih muda. masih kuat untuk kerja. anak bisa ibu titipkan ke mama ibu. ibu kerjalah. menurut sy kl ibu jadi single parent yg bekerja kehidupan ibu mungkin akan lebih baik dan bahagia. tp semua kembali ke ibu. karena yg plg tau situasi dan kondisi disana ya ibu sendiri
 
👪 Princessa Hara 👪
  #8  
Old
Neeta1...
 
Posts: 1,446
 
Sama spt bunda2 di atas, sypun setuju KDRT itu gak bisa ditolerir lagi, dan ga hanya itu, suami jg kyknya jd kebiasaan n keenakan ga mau bekerja, dan keliatan masih blm matang... Ga ada yg bisa dipertahankan dr lelaki spt dia...
Jadi sy pun sama spt bunda di atas menyarankan utk (maaf) bercerai...
 
No more reasons to be unhappy
  #9  
Old
happyw...
 
Location: Tempat Terindah
Posts: 1,413
 
Lagi lagi pria mokondo dengan istri yang masih harus berpikir antara berpisah atau tidak.. sudah soal cekik and menindih.. urusan nyawa.. masih perlu berpikir untuk berpisah?
 
The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.
  #10  
Old
Mayyas...
 
Location: Bekasi
Posts: 97
 
astagfirulloh
pisah aja bun
kasian anaknya juga itu ga keurus dgn baik kalo ibu & bapaknya ribut" terus begitu
lebih baik sendiri aja bun
atau kalo ga ada dana untuk urus cerai, pisah ranjang dulu saja
jaga jarak dgn suami
suami diminta pulang aja ke rumah ortunya itu bun

miris sekali kalo dengar yang seperti ini
 
  #11  
Old
vivian...
 
Location: bogor
Posts: 135
 
cb dipikirpikir lagi bun,, lebih bnyk mudaratnya ap kbaikannya kalo masi berthan...
apa masi mau diberi ksmptan utk berubah?? apa yg sllu keliru dan salah itu suami,,?? lbh bykan mana bun atau suami bun yg sring buat salah??
ak jg dl di awal2 pernikahn berrat bgt ujiannya bun tp ak mikir mgkin krena sebelmnya ak uda durhaka ma ortu nikah am org yg tdk direstui,, tiep hari bertengkar hebat tp gak lama baikan,, bgitu aj strusnya,,dan akhirnya suatu hari kita ngalamin musibah yg bgitu berat bgt dlm hdp,, Alhamdulillah hal itu yg mmbuat kami jd lbh sadar dan dwasa bgitupun org tua ku sudah membaik dan menerima dgn ikhlas pernikhan kami.ortuku am suami ku uda akur bgt ...
sory jd curhat hehe
kalo bc crta spt ini suka keinget spt drama indosiar ttg RT gt,,,yg endingnya si suami yg sering berbuat dosa jd khilaf krena kesabaran isterinya dy mndapat hidayah dr Allah ...hehe apakah itu hanya ada di drama TV aja
 
  #12  
Old
Rosiya...
 
Location: Cirebon
Posts: 465
 
Menikah klo utk disakiti mending pisah bund, memang benar menikah itu harus saling suka terima, tapi klo udah KDRT trs2an apa bunda kuat? saya yakin ga bakal kuat, kadang berantem sepele aja udah bikin pusing apalagi sampe main fisik, ga kebayang bund, mending udahan dan cari hidup baru... diislam dan diagama manapun kayaknya rumah tangga itu ga mengajarkan suami utk nampar mukul nidih seenaknya ya bund, jadi mending stop dari skrg bund kasihan juga anaknya liat ortunya tiap hari bertengkar mulu, adu jotos mulu...ntr gedenya ga baik.
 
Bersabar menanti si malaikat kecil yg akan menjadi pelengkap hidup kami, see you soon dede' mungil
  #13  
Old
Fatti...
 
Location: Halim,jaktim
Posts: 801
 
Klw saran saya... Mending pisah bun... Daripada kita menahan penderitaan.. Ga bagus utk tumbuh kembang si kecil...
Klw udah ada yg brani melakukan kdrt,,itu ga bagus buat mempertahankan rmh tangga
 
  #14  
Old
Alin u...
 
Posts: 2,250
 
Bund ts .... Mending cerai ah dari pd makan hati mulu....
Itu KDRT kasar bgt.... Aku denger nya aja takut ..... Laporin ke pihak berwajib bakalan di pidana tuch cowok...
Gregetan aku....
Cowok yg main tangan ke cewek itu gk gentle menurut ku.....

Semoga masalah bund ts cepat selesai yaaaa
 
  #15  
Old
khairu...
 
Posts: 8
 
Astagfirullah. Cobaan memang kemasannya beda2 ya. Ada yg keluarga sempurna tp blm dikaruniai momongan. Ada yg dikaruniai momongan suaminya malah kdrt. Ada yg pny momongan suami baik eh dikasih cobaan sakit. Bener2 beda ya tiap org. Bunda. Semoga bunda tetep sabar dan kuat yah sama anak. Coba diobrolin dlu dipertemukan semua pihak yg berkaitan. Beri kesempatan sekiranya dia masih mau memperbaiki semua dr awal. Jangan kuatir soal rejeki bundam udah ada Allah yg atur.. kalau hsl nya memang harus berpisah, mgkn jalan terbaik meski dibenci Allah. Jodoh rizki maut memang hanya Allah yg tahu.. semangat selalu bunda buat anak..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bercerai, dipukul, kdrtd, masalah rumah tangga, rumah tangga


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
masalah dalam rumah tangga -- Ngobrol Apa Saja 17
masalah dalam rumah tangga -- Ngobrol Apa Saja 15
dalam rumah tangga ku ... help me... -- Ngobrol Apa Saja 18
pengeluaran / budget rumah tangga dalam sebulan -- Ngobrol Apa Saja 17
ketika sudah ada kekerasan dalam rumah tangga -- Ngobrol Apa Saja 34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:35.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com