Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #46  
Old
Masita...
 
Posts: 56
 
Replying to: View Post
iya bundaaa ..mksh bnyak bund.. bunda gt jg ya
iya skrg udah d biasain ngemil2 gt
susu jg walo enek d mulut dan krubukan d perut tp aku paksain aj biar terbiasa.. iya bund mudah2an tm 2 seht lg ga mabok gini
Amiin Tm 1 saya ga bisa apa2 bun, tiduran mulu, tm 2 sampe 5 bln msh banyak tiduran, hbs tu udh mulai enteng hehe, kalo susu sebenernya doyan saya tp bkn yg susu hamil, susu biasa saya minum, skrg saya udh 33w tnggal bbrp mnggu lg, sabar ya bun, Tm 1 emg wow bgt
 
  #47  
Old
Ziezie...
 
Location: Koja, jakarta utara
Posts: 69
 
Replying to: View Post
Malam bunda... aku lg butuh saran bunda2 disini
UK ku 10week bund dr awal hamil susah bgt makan krn mulut pahit dan dr 8week sering muntah2 jd makanan yg masuk pasti keluar lg.. dan td sore aku periksa ternyata BB ku turun 5kg dan LiLA (lingkar tangan) 23cm padahal minimal 23,5 kan bund.. aku d bilang kurang gizi help bund gimana cara naikin BB di TM 1 bund.. aku worry bgt takut baby ku ga sehat tp yg membingungkan aku jg mash mual2 gt bund ... sarannya dong bund

Saya udh 15w masih muntah bund.. Apalagi klo asam lmbungnya naik berat bdan turun naik. Naik 2kg trs turun 1kg karna muntah terus banyak cairan yg hilang.. Kebetulan tdi lg search artikel ttg berat badan yg brkurang saat hamil..

Smga mmbantu ya bund..


KlikDokter.com - dr. Jessica Florencia –

Secara umum, ibu hamil biasanya mengalami kenaikan berat badan yang mudah. Namun, bagi beberapa wanita, kenaikan berat badan dapat merupakan masalah tersendiri. Beberapa ibu hamil mengalami kesulitan yang signifikan dalam menaikkan berat badan.

Beberapa penyebabnya adalah laju metabolisme individual, mual dan muntah yang berat pada masa kehamilan, tidak nafsu makan, atau adanya masalah kesehatan selama kehamilan.
Tidak naiknya berat badan dengan baik dapat menjadi masalah karena dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan. Bayi di dalam kandungan dapat lahir prematur, kecil selama masa kehamilan, dan pertumbuhannya terhambat di dalam rahim.

Pada trimester pertama karena ukuran janin di dalam rahim masih kecil, maka kebutuhan nutrisinya masih sedikit sehingga kenaikan berat badan yang rendah pada trimester pertama tidak akan terlalu memberikan masalah bagi bayi. Namun, jika hal ini terjadi pada trimester kedua dan ketiga, bayi dalam kandungan tidak dapat memperoleh nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Semakin besar bayi di dalam kandungan maka kebutuhan nutrisi dan kalorinya akan semakin besar.
Untuk itu, jika kenaikan berat badan Mama rendah, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Tingkatkan Asupan Kalori
Makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, pasta, gandum, ikan berlemak yang memiliki kalori tinggi namun baik untuk kesehatan dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan asupan kalori Mama.
Protein dan Lemak Sehat
Sayur dan buah memang merupakan pilihan kudapan yang sehat. Namun, jika Mama harus meningkatkan berat badan maka makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, telur, dan roti gandum dapat menjadi pilihan.

2. Hindari Makanan Siap Saji
Jangan tergoda untuk mengonsumsi donat, kue manis, dan berbagai makanan siap saji dengan kalori tinggi untuk meningkatkan berat badan. Berat badan memang dapat meningkat, namun nilai gizinya rendah.

3. Makan Lebih Sering
Ketimbang makan besar sebanyak 3 kali, lebih baik makan 6 kali dengan porsi kecil-kecil. Makanlah setiap 2 atau 3 jam. Jika tidak ingin makan, menyeruput jus, yogurt atau smoothies dapat juga dilakukan.
Perbanyak Istirahat

4. Jangan terlalu lelah. Jangan memaksakan diri berolahraga berat dan hindari aktivitas yang terlalu padat. Selain untuk meningkatkan berat badan, juga untuk membantu ibu hamil lebih rileks dan tenang.

Pantau selalu kenaikan berat badan setiap kali kontrol dan pastikan bahwa bayi di dalam perut ibu juga ada dalam kondisi yang sehat.
 
  #48  
Old
7essi...
 
Posts: 30
 
selamat atas kehamilannya.kalau msh trimester 1 gpp bun,bb turun itu wajar kok tp sebisa mgkn ttp makan biar gak sampai kelaparan/kekurangan tenaga.kl udah masuk trimester 2 biasanya badan dah enakan bs deh mulai lahap makannya.trimester 3 apalagi.jd gak perlu khawatir bun drpd stres

yg paling cepet naikin kalo makan dan minum yg manis2 tp dibatasin jg ya bun hati2 diabetes dan jgn kebablasanbayi kegedean di dlm
 
love my little family
  #49  
Old
fziah...
 
Location: djambi selatan, thehok
Posts: 145
 
..klo uk 33w bb 52kg normal gak yh..
 
duo anak..cewwk cwook
  #50  
Old
khusnu...
 
Posts: 29
 
Semangat bund
Emang trimester pertama, makan jadi agak susah
Saya sendiri 1 minggu turun 2kg, badan skrg 37kg
Jangan malu minta support dr sekitar bund
Pengen makan apa, hajar aja
Kalo nggak ada yg mau beliin, pesen via online ��
 
  #51  
Old
Ayukd...
 
Posts: 796
 
Saya pengalaman hamil pertama dulu berat badan mentok di angka 48 sampek lahiran bund.
Sekarang udah lahir pun jadinya 45 bund..
Anak saya udh 5bulan..
Dulu berat lahirnya 3,1kg alhamdulillah lahir normal dan sehat bund.. saya awal kehamilan ga terlalu pusing2 mslh bb.. mual mutah juga tapi setelah masuk umur bulan ke 3 udah engga bunda..
Mau makan es krim susu ibuhamil buah roti sayur apaa aja ga bisa gendut saya wkw
Tp setiap periksa dulu alhamdulillah berat janin sesuai dan saya jarang mengalami keluhan.. pdhl diumur 7bulan hamil saya masih kerja..
Olahraga juga membantu nafsu makan kita bertambah lho bund.. senam aja kecil2an.. atau dulu waktu kerja saya curi2 waktu buat olahraga ringan ..

Dibawa enjoy ajaa bunda jangan stress ya nsnti malah berpengaruh ke janin.. dibikmatin ajaaa bund..
 
  #52  
Old
Ines21...   TS 
 
Posts: 399
 
Iya terimaksh y bunda2 smua... siap lksanakn smua sarannya..smg berhasil...amiin
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bb turun drastis -- Ngobrol Apa Saja 3
Trombositku turun drastis.. Sedih bgtt,, -- Diskusi Umum 0
Berat Badan Turun Drastis di UK 9w :( -- Diskusi Umum 2
uk 35 week nafsu makan turun drastis.. -- Diskusi Umum 4
Berat Badan Turun Drastis -- Diskusi Umum 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com