Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Ragu lakukan seks saat hamil muda? Ini penjelasan dokternya

Saat memasuki kehamilan trimester pertama banyak wanita mengeluhkan tidak ada gairah untuk melakukan hubungan seks, karena keluhan yang mereka alami seperti merasa lebih mudah merasa lelah dan sering mual. Namun, tidak semua wanita merasakan hal tersebut, terkadang perubahan hormon yang terjadi saat hamil bisa juga menyebabkan wanita menjadi lebih bergairah. Sehingga wanita yang mengalami ini gairah bercintanya tetap sama seperti sebelum hamil atau malah bertambah besar.

Namun, jika gairah bercinta kamu benar-benar hilang saat hamil muda, maka kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan keintiman. Intim tidak selalu harus bercinta. Perasaan cinta dan kasih sayang bisa diekspresikan dengan banyak cara seperti berciuman dan berpelukan. Coba nikmati waktu berduaan dengan berjalan-jalan, makan malam berdua atau memijat punggung satu sama lain.

Apakah memang benar seks di trimester pertama bisa menyebabkan keguguran? Selama kamu tidak mengalami komplikasi, seks seharusnya bukan hal yang berisiko untuk dilakukan. Yang perlu kamu pahami, janin dilindungi selaput ketuban yang berisi cairan amnion dan plasenta serta otot rahim yang kuat. Sehingga ketika bercinta, hubungan seks tersebut tidak akan menggangu janin.


Beberapa pakar kesehatan menegaskan, pada kehamilan muda usia tiga bulan atau trimester pertama, masih harus waspada dan sebaiknya tidak melakukan hubungan intim dulu. Hal ini dengan alasan karena tiga bulan pertama merupakan masa rawan dimana janin mulai terbentuk. Kalau terkena benturan sedikit, janin bisa rawan keguguran. Hubungan seks di awal kehamilan mudah terjadi kontraksi. Ari-ari belum terbentuk sehingga dapat mengakibatkan keguguran bila terjadi kontraksi dahsyat.

Tentu saja tidak semua wanita hamil bisa bercinta dengan aman. Ada kondisi-kondisi kehamilan tertentu yang bisa membuat seks menjadi terlarang untuk dilakukan. Berikut seperti dilansir dari doktersehat.com Seks saat hamil muda tidak diperbolehkan jika kamu mengalami beberapa tanda seperti:

Membran amnion (selaput ketuban) pecah
Mempunyai masalah pada rahim
Plasenta menutupi sebagian leher rahim
Sering kram perut
Pendarahan vagina yang tidak diketahui penyebabnya
Beresiko keguguran
Menderita plasenta previa (plasenta terletak di dekat atau di atas leher rahim)
Apapun kondisi kamu selama kehamilan, jangan pernah takut atau malu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Kalau dokter menasehati kamu untuk berhenti bercinta, pastikan kamu mendengarkan dengan baik penjelasannya.

Atur siklus menstruasi kamu dengan kalender pintar dan baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
 
Attached Thumbnails
Ragu lakukan seks saat hamil muda? Ini penjelasan dokternya-2.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
hamil muda, hubungan badan, intim, kehamilan, sex hamil


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kurangnya nafsu seks saat hamil... -- Diskusi Umum 2
malu usg trans vaginal..dokternya laki2 masih muda lagi..jadi ragu nanti. -- Ngobrol Apa Saja 12
Romantis tanpa seks saat hamil... -- Diskusi Umum 0
Hamil muda boleh berhubungan seks atau tidak ya??? -- Diskusi Umum 26
Mau lebih cepat hamil? Cukup lakukan seks sebanyak ini dalam seminggu -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:41.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com