Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Hamil, miss v terasa nyeri-nyeri? Awas ini penyebabnya..

Vagina atau tulang kemaluan Anda terasa nyeri, Mam? Keluhan ini biasanya terjadi pada ibu hamil dengan usia kehamilan yang sudah tua, yaitu bulan ke delapan atau sembilan. Rasa nyeri pada organ intim ini disebabkan karena kepala bayi mulai memasuki daerah pinggul dan menekan saraf sekitar vagina. Karena itu, rasa nyeri ini dapat dianggap sebagai tanda-tanda menjelang persalinan.

Artinya, kelahiran si Kecil sudah semakin dekat, namun belum diketahui secara pasti kapan bayi Anda lahir. Rasa nyeri ini meliputi daerah vagina dan tulang-tulang di sekitar selangkangan. Keluhan ini dapat Anda rasakan dalam waktu lama dan akan hilang setelah Anda melahirkan nanti. Dilansir dari ibudanmama.com berikut penyebab rasa nyeri atau sakit pada daerah organ intim saat hamil.

1. Aktivitas yang berlebihan
Rasa lelah akibat aktivitas Anda yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab dari rasa nyeri pada vagina.

2.Membesarnya rahim
Seiring dengan membesarnya rahim maka ligamentum penggantung rahim di dinding perut juga semakin tertarik. Kondisi ini menimbulkan rasa sakit pada vagina.

3.Jangan tahan buang air kecil
Pembesaran rahim menyebabkan kantung kemih tertekan dan mengakibatkan urine tertahan lebih lama di kantung kemih. Hal inilah yang menimbulkan rasa anyang-anyangan atau buang air kecil tidak tuntas pada ibu hamil. Kebiasaan buruk menahan buang air kecil dapat memperparah rasa nyeri ini.

4.Gerakan janin semakin kuat
Ukuran janin semakin besar, otomatis gerakannya pun semakin kuat dan menyebabkan rasa nyeri.

Rasa sakit atau nyeri pada organ intim tentu sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil. Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa tips yang dapat mengurangi rasa nyeri, seperti berikut.

1.Lakukan aktivitas dengan berimbang
Rasa sakit pada vagina ibu hamil sering disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan, tetapi ibu hamil yang hanya diam tanpa aktivitas pun juga dapat memicu rasa sakit pada organ intim. Karena itu, lakukan aktivitas Anda secara berimbang untuk mengatasinya.

2.Lakukan posisi sujud
Lakukanlah posisi sujud sebelum tidur agar posisi bayi di dalam rahim Anda tepat dan nyaman sehingga tidak memperparah rasa nyeri.

3.Atur posisi tidur
Posisikan tubuh Anda saat tidur dengan miring ke samping kiri dan menekuk kaki membentuk siku-siku.

4.Ikutilah senam hamil
Rajinlah mengikuti senam hamil karena Anda akan diberi latihan gerakan untuk mengurangi rasa nyeri pada vagina. Namun, sebaiknya Anda mengikuti senam hamil ini atas persetujuan dokter.

5.Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman
Hindari memakai celana ketat dan sepatu hak tinggi untuk mengurangi risiko nyeri pada vagina.

.Nyeri organ intim pada ibu hamil tentulah wajar. Namun, Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang mungkin terjadi ya, Mam. Semoga bermanfaat.

Atur siklus menstruasi kamu dan Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
 
Attached Thumbnails
Hamil, miss v terasa nyeri-nyeri? Awas ini penyebabnya..-testpack.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
annisa...
 
Location: Bandung
Posts: 2,397
 
Aduh pantesan selangkangan kanan saya nyeri.. tapi nyerinya itu pas bangun tidur aja.. nyerinya bgt bgt bgt.. tapi kalo udh bangun tidur biasa aja.. padahl banyak minum dan ga pernah nahan pipis.. kata dokter dan bidan itu gpp wajar karena semakin membesarnya janin bakalan banyak keluhan yg dirasakan.. hmm sepertinya itu karena pembesaran rahim kali ya.. tapi ya nikmati saja...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bunda pintar, bunda sehat, hamil, kehamilan, miss v


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
PD nyeri, Miss V nyeri ...Knp yaaa ?? -- Diskusi Umum 2
hamil 21w pinggang dan miss v terasa nyeri -- Diskusi Umum 10
nyeri perut bagian bawah dan nyeri pada miss v di UK 34w -- Ngobrol Apa Saja 3
miss v dan selangkang terasa nyeri -- Diskusi Umum 0
masih terasa nyeri nyeri, padahal sudah 4 haru mens -- Ngobrol Apa Saja 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:43.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com