Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Jika kamu bahagia usai melahirkan, ada juga loh wanita yang ketakutan ini c

Sahabat Hawa, mayoritas wanita pasti merasa bahagia dan bersyukur atas kelahiran bayi yang dinantinya selama 9 bulan. Namun jangan salah, faktanya tidak semua wanita merasakan kebahagiaan tersebut. Jumlah ibu baru yang mengalami depresi usai melahirkan (postpartum depression) lebih banyak dari yang kita kira.

Ternyata, sekitar 10 persen ibu baru melahirkan mengalami sebuah kondisi yang membuatnya tak mau berdekatan dengan bayi yang dilahirkannya. Atau cendrung ketakutan melihat bayi yang dilahirkannya. Biasanya para ibu merasa sedih, kerap menangis tanpa alasan jelas, sulit tidur, sulit konsentrasi, dan mengalami perubahan suasana hati yang cepat sekali.

Berbeda dengan baby blues yang hanya berlangsung beberapa hari atau minggu, depresi usai melahirkan terjadi lebih panjang. Penting sekali bagi ibu dan orang-orang di sekitarnya mengetahui hal ini, sehingga bisa memberikan perawatan yang tepat. Berikut lima hal penting tentang depresi usai melahirkan seperti dikutip dari situs FitDay, Rabu (29/3/2017).

1. Tidak semua ibu baru melahirkan merasakan pengalaman sama

Gejala depresi usai melahirkan pada satu ibu dengan ibu lain bisa berbeda. Beberapa ibu merasakan sedih dan sering menangis tanpa sebab, tapi yang lain merasa cemas berlebihan. Ada juga yang merasa ada yang salah dengan otaknya. Dan, tidak sedikit pula yang merasa merasa tidak menjadi diri sendiri.

2. Cari bantuan medis

Dalam banyak kasus, obat-obatan dibutuhkan bagi ibu yang mengalami depresi usai melahirkan tingkat berat. Tidak perlu merasa malu pergi ke dokter spesialis kesehatan jiwa untuk mendapatkan bantuan. Ini semua dilakukan bukan hanya untuk si ibu, tapi juga buah hati yang membutuhkannya.

3. Sediakan waktu untuk diri sendiri

Seabrek tugas menjadi seorang ibu sekaligus istri bisa membuat wanita kewalahan. Tidak perlu merasa bersalah untuk memiliki waktu bagi diri sendiri. Minta bantuan suami atau ibu menjaga buah hati sebentar. Mungkin ini akan terasa sulit bagi ibu yang depresi usai melahirkan, tapi paling tidak dicoba dahulu.

4. Olahraga

Olahraga terbukti mampu meningkatkan suasana hati. Mencoba lebih aktif secara fisik, misalnya berjalan-jalan ke taman bersama ibu mertua atau suami setiap pagi. Sinar matahari membuat suasana hati seseorang lebih baik.

5. Dukungan akan memberikan perubahan baik

Dukungan dari orang di sekitar seperti suami, orangtua, atau mertua akan membantu ibu baru melahirkan ini menjalani masa sulit. Tak perlu takut meminta bantuan mereka. Jika ibu mencoba menyelesaikan sendiri, bisa memicu kondisi depresi usai melahirkan yang makin membahayakan. Si ibu makin kewalahan menghadapinya selain itu juga merasa terisolasi secara sosial.

Bagaimana Sahabat Hawa, apakah kamu pernah mengalaminya? Semoga saja sih tidak dan jikapun ada diharap tips dari Hawa bisa meringankan beban usao melahirkan yang kamu rasakan. Jangan lupa Love dan berbagi pengalaman di kolam komentar yah…

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
 
Attached Thumbnails
Jika kamu bahagia usai melahirkan, ada juga loh wanita yang ketakutan ini c-baby-mom.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ketakutan melahirkan yg berlebih -- Diskusi Umum 13
wasir adalah ketakutan ku dlm melahirkan -- Ngobrol Apa Saja 2
Semoga kamu Bahagia di Surga sayang :( -- Ngobrol Apa Saja 19
apa yang akan bunda lakukan jika ada teman wanita suami nginap di rumah? -- Ngobrol Apa Saja 52
Ambillah Waktu Untuk Sendiri Jika Kamu Merasakan Ini Setelah Melahirkan -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:38.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com