Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Mens dibawah usia 12 tahun? Awas kamu beresiko menopause dini

Sahabat Hawa, boleh tau berapa usiamu waktu pertama kali haid? Hati-hati ternyata sebuah penelitian menemukan bahwa wanita dengan haid pertama dibawah usia 12 tahun lebih rentan mengalami menopause dini, alias sulit memiliki keturunan lagi. Lho kok bisa?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para profesor di University of Queensland, Australia mengungkap adanya keterkaitan kuat antara usia pertama kali wanita mengalami menstruasi dengan waktu memasuki fase menopause. Menstruasi dan menopause adalah dua fenomena penting dalam kehidupan reproduksi wanita. Keduanya menandakan ada perubahan berskala besar pada fungsi alat kelamin wanita.

Ini artinya, tidak heran jika keduanya berhubungan antar satu sama lain. Hasil dari penelitian yang dipimpin oleh seorang profesor jurusan epidemology bernama Gita Mishra ini menunjukan bahwa, wanita yang sudah menstruasi sejak usianya masih 12 tahun lima kali lebih mungkin alami menopause dini. Apa sebabnya ?

“Mengetahui usia pertama kali wanita menstruasi itu penting agar nantinya tidak kaget jika tiba-tiba menopause. Ini juga jadi hal penting supaya wanita lebih rajin konsultasi ke dokter soal punya anak, kalau tahu pasti kan jadi bisa mengukur waktu yang tepat untuk membuat anak,” jelas Mishra kepada Live Science, mengutip Live Science.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi terhadap 51.450 kasus menopause di Inggris, Skandinavia, Australia dan Jepang. Tak hanya itu menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, wanita yang menstruasi sebelum usia 11 tahun cenderung memiliki berat badan berlebih sejak anak-anak. Selain itu, mereka juga cenderung memiliki aktivitas fisik yang rendah saat mereka beranjak dewasa.

CIRI-CIRI MENOPAUSE DINI
Perlu diketahui bawa Menopause dini umumnya memiliki gejala yang hampir serupa dengan menopause yang terjadi secara normal. Keluhan menopause yang sering diungkapkan diantaranya, menstruasi yang tidak teratur, menstruasi yang lebih banyak ataupun sedikit dibanding biasanya. Selain itu, tak jarang merasakan sensasi panas seketika yang menyebar ke tubuh bagian atas atau hot flushes.
Beberapa gejala lain yang mengikuti menopause dini, seperti vagina kering, kesulitan mengendalikan buang air kecil atau gangguan kandung kemih, dan kulit, mulut atau mata menjadi lebih kering. Pada sebagian wanita menopause juga mengakibatkan gangguan emosi seperti mood yang buruk, merasa tidak tenang, depresi ringan, sulit tidur hingga berkurangnya gairah seksual.

Cara Mengatasi
Sejauh ini tidak ada cara memprediksi kapan seorang wanita akan mengalami menopause. Hal itu hanya dapat diketahui ketika seorang wanita sudah masuk dalam masa transisi menopause. Jika kamu mengalami menopause di bawah usia 40 tahun, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar penyebab dasarnya bisa diketahui. Namun perlu diketahui juga beberapa ciri menopause dini yang disebutkan diatas bisa juga terjadi pada wanita yang mengalami gangguan kesuburan dan bukan Menopause dini.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
 
Attached Thumbnails
Mens dibawah usia 12 tahun? Awas kamu beresiko menopause dini-female.jpg  
  #2  
Old
Lalale...
 
Posts: 4
 
Kakak saya yg kedua mens nya pas kelas 3 SD, kecepetan banget yah? ��
Kakak pertama kelas 5 SD
Apa keturunan yah?
 
  #3  
Old
Nofaar...
 
Location: Cikampek, Karawang
Posts: 355
 
saya pertama kali mens kelas 5sd nih. hmm..
 
  #4  
Old
Lailal...
 
Posts: 13
 
https://chat.whatsapp.com/I8bh0L9PO5ELljIUs1QjSy

Mohon yang mau diskusi bersama saya, karena saya juga didiagnosis dokter menopause dini, umur saya saat ini 32th sudah tidak haid dari umur 25th. Hasil cek fsh tinggi dan amh rendah..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
hamil umur 16 tahun itu beresiko sekali tidak? -- Ngobrol Apa Saja 58
tanya dong bunda tentang menopause (habis masa menstruasi dini) -- Ngobrol Apa Saja 15
Share Donk Bunda2 yg Hamil Lagi Setelah SC dibawah Satu Tahun. -- Diskusi Umum 15
Hamil paska laparaskopi dibawah 1 tahun -- Diskusi Umum 4
10 Manfaat Nikah pada Usia Dini -- Ngobrol Apa Saja 31


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:07.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com