Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
azizba...   TS 
 
Posts: 5
Default Hati-hati !! Tanda-tanda Bayi Alergi Terhadap Susu Sapi

Hati-hati, tidak semua susu formula yang berasal dari susu sapi bisa dikonsumsi oleh bayi. Inilah Tanda-tanda Bayi Alergi Terhadap Susu Sapi
Alergi terhadap susu sapi adalah salah satu jenis alergi makanan yang paling banyak dan sering terjadi pada bayi. Alergi seperti ini sama dengan intoleransi laktosa, padalah kedua kondisi ini sangatlah berbeda.


Alergi terhadap susu sapi terjadi pada sistem Imunitas atau kekebalan tubuh bayi yang bereaksi terhadap protein didalam susu sapi tersebut. Sementara intolerasi laktosa, terjadi karena bayi sulit untuk mencerna gula alami yang terdapat pada susu sapi (laktosa).
Hal yang dapat terjadi pada saat Bayi mengalami alergi terhadap susu biasanya akan mengalami beberapa gejala atau tanda, dan Inilah Tanda-tanda Bayi Alergi Terhadap Susu Sapi seperti :
  • Muntah
  • Bersin
  • Hidung berair (bukan Flu)
  • Mata berair
  • Diare yang mungkin tinjanya berdarah
  • Muka membengkak
  • Berat badan sulit naik
  • Kulit disekitar mulut muncul ruam atau terlihat sering menggaruk area mulut karena gatal
  • Konstipasi
  • Sering menangis
  • Susah makan
  • dan timbul penyakit seperti eksim
Tanda-tanda atau gejala diatas bisa dialami oleh bayi secara seketika atau juga ada yang mencapai waktu lebih lama. Meski sangat jarang terjadi, bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi ini mungkin akan mengalami syok anafilaksis atau sebuah reaksi serius yang dapat mengancam jiwanya. Tanda dan gejala yang muncul pada kondisi seperti ini biasanya mulai dari kulit yang memerah, terlihat sesak napas, dan menggaruk-garuk tubuhnya karena merasa gatal.
Apabila bayi anda mengalami gejala atau tanda-tanda seperti yang disebutkan diatas, harap langsung dibawa ke dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih serius karena hal ini merupakan keadaan darurat medis.
Jika bayi anda mempunyai alergi terhadap susu sapi, anda sebagai ibu yang sedang menyusui dengan ASI (Air Susu Ibu) dilarang untuk mengkonsumsi asupan makanan yang berasal dari susu sapi karena selama tahap menyusui apapun yang ibu makan akan dikonsumsi langsung oleh bayi lewat kandungan ASI.
Disini saya menyarankan, untuk anda para ibu yang ingin memberikan susu formula atau susu sapi pada bayi anda, pilihlah susu formula yang mengandung Hypoallergenic yang berarti susu formula ini dapat memecah protein pada susu sapi. Kamu juga bisa makai susu formula yang berbahan kedelai, tapi ada juga beberapa bayi pendenderita alergi susu sapi yang juga alergi terhadap susu kedelai.
Menjadi peringatan pada para ibu juga, jika bayi anda mengalami alergi pada susu sapi, maka kemungkinan besar mereka juga akan mengalami alergi pada makanan tertentu seperti daging sapi, telur, kedelai, kacang, atau susu yang berasal dari hewan lainnya. Mungkin juga alergi pada serbuk sari, tungau, bulu binatang peliharaan, atau zat lainnya.
Alergi seperti ini tentunya sangat menghawatirkan pada bayi dan orang tua. Karena, susu sapi juga menjadi nutrisi yang memang dibutuhkan oleh seorang bayi untuk melancarkan masa pertumbuhan mereka.
Cara utama yang bisa dilakukan oleh sang ibu agar bayi mereka tidak alergi terhadap susu sapi yakni memberikan ASI selama enam bulan pertama. Alasan ini tentunya untuk menghindari bayi terhadap alergi susu dan juga lebih terjaga kesehatannya.

Inilah Tanda-tanda Bayi Alergi Terhadap Susu Sapi
 
Thread lain yang berhubungan:
Distributor Resmi QNC Jelly Gamat | Pilose Antler Capsule
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
alergi susu sapi, tanya: susu merk apa yg anti alergi ??? -- Diskusi Umum 23
bayi umur sebulan bisakah alergi susu sapi ? -- Diskusi Umum 2
tanda2 alergi susu sapi pada bayi -- Ngobrol Apa Saja 4
Bayi bisulan karena alergi susu sapi -- Diskusi Umum 14
sharing tentang bayi alergi susu sapi -- Diskusi Umum 28


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:11.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com