Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Autumn...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 43
Default Bayi rewel ingin ngobrol dan tidak mau bermain sendiri.

Mommiiesss... Aku mau tanya dong. Bayiku umur 4 bulan jalan 5 bulan, dari baru brojol dia senengnya diajak ngobrol. Selalu minta diajak ngobrol, marah kalau ditinggal sendiri. Saya pikir ini hanya awal new born sampai 2 atau 3 bulan, dia mulai ngoceh kurang dr 1bln. Tapi ko sampai skg umur mau 5 bulan.

Dia itu tidak pernah bisa ditinggal sendirian, anteng, mainan boneka gantung2an sendiri. Ga pernah bisa begitu, udah di berikan mainan apapun maunya ya ngobrol bukan main.

Mommies, apakah ini normal? Atau aku harus bisa tega dan tegas untuk ninggalin dia? Aku takut dia jadi anak yg manja karena butuh ditemani terus, atau jadi anak yg keras karena kemauannya harus diturutin terus.

Karena ada yg suruh aku untuk biarkan dia nangis dan tidak menanggapi dia, agar dia gajadi anak yg manja dan kemauannya diturutin terus.

Tapi aku suka berkaca pada diriku sendiri waktu kecil, kalau aku kalau minta sesuatu dan ngga diturutin, aku bakalan marah dan makin keras heu heu ngaku Tapi setelah jadi Ibu aku tau itu salah, dan mengerti perasaan orang tua.

Jadi back to the topic,

1. Apakah bayi laki laki umur 5bulan cenderung lebih suka ngobrol dibandingkan main dengan mainannya sendiri itu normal?

2. Apakah bayi umur 5bulan suka menjerit2 keras melengking itu normal, atau sedang menginginkan sesuatu?

3. Apakah saya harus menuruti jeritan dan tangisan bayi saya atau lebih tegas meninggalkan dia main sendiri?

4. Ini out of topic, bayi suka geleng2 itu kenapaa??
Mohon bantuannya
 
Thread lain yang berhubungan:
Raising childred the old fashioned way for a better tomorrow.
  #2  
Old
Maria ...
 
Posts: 53
 
Bun bayi ju jga jalan 5 bulan .cwe, rewel juga si bun kalo mau tidur susah bnget .dia jga gk mau di tinggal kalo aku lg sibuk nyuci bju dia marah dn nangis maunya di ajak ngobrol jg. tp kalo mainan msih mau bun .emg anak ny geleng2 knp bun?
 
  #3  
Old
Autumn...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 43
 
Kalau bayiku bener2 maunya di temenin gamau ditinggal bun. Gamau main sendiri, dikasih mainan gamau anteng.

Bayi ku suka geleng2 sendiri bun, kanan kiri kanan kiri cepet gitu. Nah itu apakah dia lagi menemukan gerakan baru, dan dia mengulanginya, ataaauuuu ada yg gatel jgn2 ya bun? Kasihan...
 
Raising childred the old fashioned way for a better tomorrow.
  #4  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Hallo b autumn.

Baby saya juga sama. Lebih people person daripada main sendiri. Dari artikel yg saya baca di babycentre kalo msh di bawah 6 bulan, sebaiknya selalu kita temeni, kita ga akan bisa manjain baby. Mereka butuh cinta, perhatian dari kita buat perkembangan otaknya.

Joana skg da mau 8 bulan, baru nunjukiin tertarik ke mainan 1-1,5 bulan. Itu juga tetep maunya mamanya temenin. So far dia cepet sih belajarnya. Pas 6-7 bulan da bs bilang mamama papapa.

Ga enaknya yah itu mamanya ga bisa ngapa2in k siang. Dia bisa di stroller sambil lihatin saya nyiapin makan dll (jd ikut kemana mama pergi k bangun) tp max 15 menit hbs itu teriak2. Pas uda bisa finger food (apel dingin) lebih lumayan tahan di stroller tp tetep ga sampe 1 jam.

Kadang ga tahan denger dia nangis, saya gendong sambil ngerjain yg perlu dikerjain. Syukurnya joana mau aja digendong org lain ga harus mamanya. Jd kadang gantian ama suami atau siapapun yg lagi main ke rumah.

Kadang saya k lagi kesel bgt, saya diemin dia nangis aih. Berasa nyesel setelah baca babycentre.com yg artikel di atas. Geleng2 sendiri kaya apa? Kalo joana suka jedot/jatuhin pala tiap ngantuk. Baca babycentre.com itu normal

Oh ya salah satu saran babycentre.com adl set rutin buat anak jd kita tau kpn wkt dia tidur, lapar dll. Baby yg lewat jam tidur malah jd rewel dan susah tidur walau dia cape.
 
  #5  
Old
Autumn...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 43
 
Oh jadi itu bukan berarti dia manja ya bun? Berarti dia lebih people person aja ya? Sama persis bun kaya begitu. Dia gamau ditinggal aku, yg dijadiin mainannya tuh ya tangan aku, kalau dikasih mainan ga bakalan tahan 10 menit pun -____-

Terus kalau suka jerit2 kenapa ya bun? Dia suka jerit, tapi bukan nangis. Kaya dijadiin mainan sama dia.

Kalau geleng2, ya gitu kepalanya geleng2 dengan cepatnya. Saya takut ada yg gatal atau apa. Geleng2 aja sambil tiduran. Kan dia belum bisa duduk.
 
Raising childred the old fashioned way for a better tomorrow.
  #6  
Old
Bidan ...
 
Posts: 114
 
hallo bunda,,
kalau untuk bayi rewel atau suka ngoceh itu adalah sebuah kebiasaaan bunda

for ex bayi yang tidurnya di gendong maka akan tidur jika di gendong
begitu juga baby yang main dengan di ajak ngobrol maka stimulasi otaknya menganggap bercakap itu bermain,,
bunda bagusnya membiaskan bermain dengan banyak hal yang lainnya,
sekarang harus ada sedikit perasaan tegaan untuk memberikan yang terbaik untuk baby bun,,
karna apa yang dia tangkap dari kecil itu yang akan di bwa sampai besar
manja boleh,, tapi jangan di manjakan ya bunda,,,

semangat terus ya bunda,,,
berikan yang terbaik untuk si kecil\
ww.tarakid.com
 
Semoga diberkahi orang yang bekerja keras, Aamiin www.majakanikanza.co.id
  #7  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Aku baca tiap bayi punya kepribadian masing2. Pelan2 aja dilatih spy dia mau main sendiri. Lama2 kalo dia da ngerti omongan kita, kita didik pelan2.

Kalo teriak2 apakah dia cuma lagi explore aja kebiasaan baru. Atau mgkn ikutin bunda teriak. Joana sih nangis yah walau suaranya lmyn kenceng. Kalo bener2 kesel baru kejer.

Belakangan mainan joana dikasih musik2 lumayan sih kadang bisa meredam bentar. Saya kan urus sendiri kadang ya saya paksa juga kaya pas siapin air mandi dll.

Kalo geleng2 aku blm pernah baca. Coba aja nanti ditanyain ama dr anak pas cek up.
 
  #8  
Old
Maria ...
 
Posts: 53
 
Anakku orng ny susah tidur bun wlwpun ngntuk bgt .dia nangis kenceng bun .heran aku .sehari cuma tidur 3 kali .itu pun cuma stngah jam doang tiap skali tidur .hikss
 
  #9  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
B autumn saya baru inget iya ada masa joana juga suka geleng2. Saya wkt itu nanya sodara saya yg dokter anak (saya kirim videonya) dia sih blg gpp. Kalo bunda khawatir tanya aja ama dr anak rekem aja pas dia lagi geleng2. Lucunya joana td nunjukin geleng2 (uda lama dia cuma suka jatuhin pala) makanya jd inget kwkwkwkw....


@bunda maria tina.
Kalo dari artikel yg saya baca justru kalo anak lewat masa terlalu ngantuk jd rewel. Pas dia uda mulai kucek2 mata, aga bengong buru2 ditidurin. Atau kah misnya ddnya kepanasan atau t4 tidurnya ga nyaman?
 
  #10  
Old
faozia...
 
Posts: 11
 
anakku 5bln sekarang. sama, suka jerit melengking juga dari 4bln, tp skr lagi semangat2nya. keliatannya wajar sih, dia biasanya sering jerit kalau lg tertarik/melihat sesuatu yg dia suka. kadang wkt diajak becanda, melengking juga.
 
  #11  
Old
Autumn...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 43
 
Makasih ya Bunda bunda sekalian. Iya dia suka jejeritan gitu buat mainan sama dia. Aku gapernah teriak sih dan belum pernah marah, tp kalau ngomong memang aku agak kenceng suaranya kaya guru tk gitu lah �� intonasinya naik turun

Nah yg aku takutin si geleng2nya itu, apa kemasukan air pas mandi, atau gimana ya. Aku mau tanya dr. Anak sih nanti. Hihi
 
Raising childred the old fashioned way for a better tomorrow.
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bingung ingin membeli perlengkapan bayi akan tetapi tidak punya uang -- Kenalan Yuk! 18
Mengganti Nama Anak Supaya Tidak Rewel -- Area Promosi 0
Mengganti Nama Anak Supaya Tidak Rewel -- Kenalan Yuk! 0
Sharing - Capeknya tidak menyusui - anak rewel -- Diskusi Umum 3
Agar anak tidak rewel saat berpergian jauh -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:05.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com