Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Pejuan...   TS 
 
Posts: 146
Default Awas!!! Demam Tifoid di Musim Penghujan!


Pasti para orangtua sering mendengar tentang demam tifoid, tapi tidak mengetahui apa saja penyebabnya. Yuk! kita ulas tentang demam tifoid bersama-sama.

Musim hujan memang sangat menyenangkancuacanya yang sejuk, dan teduh. Namun, para orangtua yang memiliki buah hati harus mewaspadai hal ini selama musim hujan yaitu demam tifoid. Apakah demam tifoid itu?

Bagaimana penyebaran demam tifoid?
Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonela Typhosai yang dapat hidup dalam tubuh manusia. Bakteri ini menyebar melalui aliran darah dalam tubuh disertai dengan gejala demam dan gejala lainnya. seseorang yang menderita demam tifoid juga bisa menyebarkan bakteri tersebut kepada orang lain.
Penyebaran bakteri salmonella typhosa bisa melalui makanan, minuman dan air. Bakteri ini akan berkembang biak dan menyebar ke aliran darah dan masuknya bakteri salmonella typhosa ini ke dalam tubuh kita lah yang menyebabkan demam.

Bagaimana Cara Mencegah Demam Tifoid?
Menghindari makanan dan minuman yang beresiko mengandung bakteri Salmonela Typhi dan melakukan vaksin anti demam tifoid adalah cara yang paling ampuh mencegah demam tifoid. Adapun pemicu bakteri Salmonela Typhosa pada makanan adalah makanan yang terbuka di pinggir jalan yang terkena debu atau dimasak dengan kondisi dapur yang jorok atau kotor.
Demam tifoid ini tidak hanya mengganggu kesehatan penderita namun juga mengancam nyawa jika tidak segera mendapatkan penanganan oleh dokter. Namun ada beberapa cara untuk mencegah demam tifoid ini.
Berikut ini hal yang dapat dilakukan untuk mencegah demam tifoid :
1. Selalu membiasakan diri dan keluarga untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, memasak, menyiapkan makanan, setelah makan dan setelah buang air besar.
2. Selalu minum dengan air yang sudah dimasak hingga mendidih
3. Hindari minuman dingin dan usahakan menggunakan es batu yang dibuat dari air yang telah dimasak atau di didihkan.
4. Hindari konsumsi sayur-sayuran mentah. Konsumsi buah yang telah dicuci bersih, jika diperlukan untuk mengupas, kupas buah setelah mencuci tangan dan pastikan alat untuk megupas bersih.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Obat Demam Tifoid Pada Anak-anak dan Ibu hamil-AMAN TANPA EFEK SAMPING^^ -- Area Promosi 0
Jaga kesehatan di musim penghujan -- Ngobrol Apa Saja 0
demam tifoid, bahayakah buat janin? -- Ngobrol Apa Saja 2
pencegah demam tifoid atau tipes -- Ngobrol Apa Saja 0
Musim nyamuk demam berdarah -- Ngobrol Apa Saja 34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:45.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com