Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
nita a...
 
Posts: 204
 
mungkin peletakan bunda masih salah, pengalaman saya dulu anak saya 1bln cuma naik 200gr. puncaknya dia nangis terus gk mau lepas dari nen nya, jadi saya bawa ke bidan tempat saya melahirkan, ternyata benar peletakan saya masih salah makanya anak saya laper terus dan puting saya sering lecet, abis di baikin alhamdulilah satu bulan berikutnya bisa naik 1,1kg, dan tidurnya masih kurang bun klau cuma 9jam, mungkin karna masih laper itu bun. anak saya skrg 1th tidurnya masih kurleb 14jam bun.
 
  #32  
Old
DeSyi ...   TS 
 
Posts: 19
 
Iya bunda nita. Saya lg perbaiki peletakan jg ni..
Dpt saran dr yg lain untuk p0mpa jg, tp mgkn p0mpanya gak cocok jd gak da yg keluar. Tp kalo dipencet ada dkit2 yg keluar. Setelah 5menit disedot debay& dia gak mw bgun2, sy coba perah cm dpt 10ml dlm 30 menit untk kdua pyuda*a. Tp nanti sy akan cek lg sblm disedot debay.
 
  #33  
Old
Silvi ...
 
Location: Medan, sumatera utara
Posts: 457
 
Replying to: View Post
Iya bunda nita. Saya lg perbaiki peletakan jg ni..
Dpt saran dr yg lain untuk p0mpa jg, tp mgkn p0mpanya gak cocok jd gak da yg keluar. Tp kalo dipencet ada dkit2 yg keluar. Setelah 5menit disedot debay& dia gak mw bgun2, sy coba perah cm dpt 10ml dlm 30 menit untk kdua pyuda*a. Tp nanti sy akan cek lg sblm disedot debay.
udh di cek lidah/bibirnya bu. mungkin bayi ibu ada tounge tie/ liptie. buat bayi kesusahan latch on.
 
  #34  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Bunda ts maaf ga bermaksud buat tambah stress, usia joana juga 2bulan + (ga sampe 2,5 bulan) kalo saya perah asi dari 1 pd dpt 120ml dlm wkt 7-10menit. Maksud saya ngasih tau mgkn ibu ts jd dpt perbandingan. Joana kalo minum dari 1pd aja sih.

Apakah ibu ts uda konsultasi sama dr anak? Mgkn sementara memperbanyak asi bisa campur sufor dulu agar ga kurang asupan sambil dicari solusi memperbanyak asi.
 
  #35  
Old
imti03...
 
Posts: 179
 
saya kebetulan ibu baru.. anak saya blm genap 1 bulan.. lihat kasus yg di share bu ts saya juga jadi was was ttg kenaikan bb anak saya.

kalo anak saya kasusnya sm kyk bu TS tidurnya bentar2 bangun.. tp bukan karena lapar.. karena gak mau di taruh di kasur. maunya di pangku dan di peluk..
puji syukur anak saya 1minggu pasca lahir sudah naik 100gr.. nyusu tiap 2 jam, durasi nyusu 15menit.. hanya 1 payudara.. jadi sebelahnya saya pompa.. oh iya saya juga sempet nyampur dgn sufor.. kalo dirasa perlu gpp kasih sufor.. sufor bukan racun kok.. drpd anak kurang nutrisi..

mungkin juga bu ts anaknya tidurnya gak nyaman, panas udaranya kah atau gimana..
anak saya harus masuk di AC supaya nyenyak.. atau ruangan yg sirkulasi udaranya lancar..

untuk lbh baiknya sebaiknya konsul dgn dokter saja bu.. jd bisa dapat solusi yg terbaik dr yg ahli
 
  #36  
Old
shanum...
 
Location: surabaya
Posts: 103
 
Jgn dipaksa bun kalo asinya memang sedikit.. Banyak kasus jg yg uda makan segala macam minum vitamin jg tp asi ttp sedikit.. Kasian baby nya.. Cb diselingi sufor sambil dipompa.. Paling nggak bayi asi itu bb nya cepet naik.. Kalo cm 200gr naiknya kemungkinan asupan asinya sedit jd baby nya cm ngenyot aja tp asinya g keluar.
 
  #37  
Old
fi3afr...
 
Posts: 37
 
Share pengalamanku yah bun..semoga membantu ^^

Skrg anakku laki2 umurnya 1bulan20hari..BBL 3,6kg
Aku itu awal memang asi nazi banget hehe pokoknya harus full asi, harus!!!
Karena aku mikir "asi harus 2 tahun karena itu yg tertulis di Al Qur'an)

Pas anakku sebulan, ditimbang BB nya ternyata sama kayak BBL 3,6kg..
trus aku bingung..karena harus naik minimal 500gr..aku inget2 anakku memang setiap jam bisa nenen..habis nenen bobo eh pas ditaruh di kasur nangis, lalu nenen lagi...pupnya sering bisa sampai 6x sehari..pipisnya banyak..
karena tanda kecukupan ASI itu ada 3..pupnya lebih dari 2x dlm sehari, pipis lebih dari 6x, dan bb naik minimal 500gr tiap bulan..

Jadi point pertama dan kedua sudah sesuai, nah yg BB nya ini gak sesuai berarti saya sadar diri asi saya kurang..
Karena saya mau yg terbaik untuk anak, akhirnya hati keras saya kemarin mulai meleleh dan saya cek juga ayat di Al Quran yang membahas ttg menyusui...yaitu Surah Al Baqarah ayat 233 "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Baca ayat ini secara lengkap langsung nyesss hatiku..jadi deh anakku, aku kasih sufor dan tetep asi juga..Alhamdulillaah PD masih ngerembes2 netes sampai skrg dari sebelum dikasih sufor..

Skrg aku udah masuk kantor..aku mulai pumping buat besok diminum anakku pas aku ngantor..pumping jam 10 pagi, jam 1 siang, sama ja m4 sore..masing2 dapetnya 1 botol yg gak jauh takarannya antara 60ml - 80ml..jadi kalau pulang kerja aku bawa 3 botol..
aku sadar bangeett segini asiku kurang..karena anakku sekalinya minum di botol itu bisa 80ml - 100ml

Jadi, yang terpenting anakku tetep dapet ASI yg kurangnya ya ditambah sufor..setelah campur sufor, anakku dalam 2 minggu naik 1kg..tidur lebih nyenyak (iya karena kenyang) jadi akupun bisa ngerjain ina itu krna bobonya skrg lebih lama..

Nasehatku ke bunda: coba berdamai dengan diri dulu..lihat anak bunda..cari jalan yg terbaik..jgn memaksakan jika ada yg tdk sesuai yah..
Alloh pun sudah bilang di ayat diatas ^^

ohiya bunda bilang gak sampai ngerembes yah? mgkn karena memang dikosongin baby terus (baby nenen terus) karena aku yg PD kecil gini 2 jam didiemin lgsg netes2 sendiri..kalau anakku nenen langsung sebelah kanan, sebelah kiri tiba2 netes2..tp kalau anakku nenen 1 jam nonstop kanan kiri jeda 15 menit nenen lagi kanan kiri, ya gak akan ngerembes bun krna udah lembek lagi kosong..mesti jeda istirahat 2 jam baru full sampai penuh keras lagi PD..

Dan Alhamdulillaahnya..anakku karena 1 bulan kemarin full asi, jd pas minum sufor habis 100ml, anakku tetep mau nenen langsung nengok2 nyari puting, baru deh bobo..mgkn sekalian ngempeng puting juga..keknya walau sekenyang apapun akhirannya nenen emaknya is the best hehehee..

Semangat yah bunda..lihat mana yg paling terbaik..
 
  #38  
Old
dhila2...
 
Posts: 1
 
Replying to: View Post
Hai bunda2 cerdas.
Bayi saya sekarang berumur 2bulan 10hari. Waktu lahir berat 3,4kg dan panjang 53cm.
Sampai sekarang belum juga terlihat gemuk. Saya hanya memberi asi dan berharap tidak akan memberi sufor.
Kata ibu2 disini, Payudara saya asinya sedikit karna gak sampai bocor2 ngebasahin baju. Saya percaya dgn selalu memberi asi kapanpun bayi mau, asi saya akan tetap mencukupi untuk bayi. Sementara itu, saya merasa sudah perbanyak porsi makan&sayur.
Sekarang saya galau.
2 kali posyandu berat badan bayi saya cuma 3,6kg. Tp bayi saya ceria. Hanya saja selang 1jam minta disusui lagi, menurut saya itu msh normal.
Sementara org2 sekitar termasuk mertua selalu mendorong memberikan tambahan sufor untuk bayi saya.

Apa yang sebaiknya saya lakukan?
Adakah kasus disekitar bunda yg seperti saya ini?
Kalo ada, apa yang terjadi dgn pertumbuhan&perkembangan bayi? Mohon info& sarannya.
bund,, skrg babynya gmana?
saya jga punya baby boy yg susah jga utk naik bbnya,, bbl : 2,8, 1 bulan : 3,2 , dan skrg ud 2 bulan bbnya 3,5kg,, asi diselingi sufor jga, nyusunya kuat, clana kotornya aj sehari bisa selusin bhkan lebih
 
  #39  
Old
Erfaz...
 
Posts: 5
 
YaAllah 200gr 2 bulan bun..saran saya mesti ke DSA takutnya si baby dehidrasi.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
9 bulan bayi masih diatas :( -- Diskusi Umum 6
Mohon Saran nya untuk Posisi Bayi Sungsang -- Diskusi Umum 3
hamil kembar tapi badan masih kurus aja :( -- Diskusi Umum 9
bayi Asi tapi kurus? -- Kenalan Yuk! 18
Mohon Saran, Cara Agar Bayi Bisa Tidur Siang Lama Tanpa Digendong -- Diskusi Umum 16


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:03.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com