Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
meili1...   TS 
 
Posts: 11
Default Tips Jitu Menghilangkan Goresan di Perut Setelah Melahirkan



Timbulnya bekas luka pada bagian kulit seperti pada wajah, tangan, dan di bagian kulit lainnya sering menjadi yang cukup mengganggu penampilan.

Tidak cuma Anda saja yang risih dengan hal ini, tapi juga orang lain di lingkungan Anda.

Bekas luka jika nampak mencolok membuat tampilan kulit menjadi kurang cantik, bahkan kulit terlihat cenderung kotor seperti jarang dirawat.

Bekas luka lama dan tak bisa hilang malahan berwarna hitam tentunya sangat bikin galau. Terlebih bila bekas luka tersebut terlihat mencolok pada daerah-daerah yang nampak dari luar, misal kulit wajah, kulit leher, juga kulit tangan dan kaki.

Penyebab bekas luka ini beraneka macam jenisnya. Misalnya bekas luka gores karena silet, bekas luka akibat panas, bekas luka kena benda panas seperti tak sengaja memegang panci panas, bekas luka habis terkena cacar, bekas luka robek, luka bekas operasi caesar, bekas luka cakar, bekas luka karena penyakit kulit, bekas jerawat, bekas sakit herpes, bekas luka karena benturan, menghilangkan bekas luka exim, dan lain-lain.

Meskipun kelihatan ringan, bekas luka dampaknya dirasa sangat besar. Dapat membuat turunnya kepedean seseorang.

Sehingga bermacam cara yang dilalui untuk menanggulangi hal ini.

Bahkan orang rela menghabiskan biaya mahal hanya untuk sekedar menghilangkan bekas luka ini. Misal dengan berkonsultasi ke dokter spesialis atau memakai produk krim khusus untung menghilangkan bekas luka yang berharga selangit.

Atau ada yang lebih ekstrim lagi yakni dengan melakukan operasi plastik maupun laser. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan bekas luka dan menjadikan kulit halus lagi.

Perlu diketahui ada dua langkah menghilangkan bekas luka, yaitu alami dan medis.

Tapi sebelum Anda mencoba cara medis, sebaiknya lakukan perawatan bekas luka dengan cara alami dulu, khususnya untuk luka yang tidak berat. Beberapa bahan alami yang dapat Anda coba diantaranya:

1. Dengan Madu
Tingginya manfaat madu untuk kulit memang jangan diragukan lagi. Kandungan nutrisi yang sangat lengkap membuat madu cukup populer oleh masyarakat. Tidak cuma bermanfaat menjaga kesehatan saja, namun juga manjur untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit yang baru.

2. Dengan Memanfaatkan Jeruk Nipis atau Lemon
Lemon dan jeruk nipis sejatinya adalah satu keluarga dengan buah jeruk, tapi buah tersebut bercita rasa sangat asam hingga banyak orang yang tidak suka. Meski, keduanya sangat efektif dalam hal mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bekas luka.

3. Dengan Memanfaatkan Lidah Buaya
Selain berkhasiat untuk merawat kecantikan rambut, tanaman lidah buaya juga bisa Anda pakai untuk menghilangkan bekas luka secara alami.

4. Dengan Memanfaatkan Minyak Zaitun
Bila dirumah lagi tidak punya madu, Anda bisa coba pakai minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun mempunyai banyak sekali keistimewaan bagi kulit, salah satunya dapat menghilangkan bekas luka menahun. Bahkan jika digunakan rutin olive oil bermanfaat untuk menjaga kulit agar awet muda.

5. Dengan Memanfaatkan Daun Mint
Daun mint merupakan satu diantara tanaman herbal yang sering digunakan dalam pembuatan berbagai macam produk contohnya pasta gigi, dan manfaat minyak rami. Setelah penelitian lebih jauh, dihasilkan fakta bahwasannya daun mint memiliki kandungan mineral alami yang efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit yang baru.

6. Memanfaatkan Teh Hijau
Teh hijau sudah dikenal dengan kandungan antioksidan tingginya. Banyak riset membuktikan terdapat kandungan antioksidan hingga dua ratus kali lipat lebih baik dari vitamin E dalam hal antisipasi pembengkakan, menghilangkan bekas luka, juga untuk perawatan kulit.

7. Dengan Memanfaatkan Minyak Biji Bunga Mawar
Minyak biji pangkal bunga mawar berasal dari biji pangkal bunga mawar yang mempunyai kandungan zat yang bermanfaat, salah satunya yakni dapat menangani bekas luka menahun. Anda bisa membeli minyak ini di supermarket terdekat atau apotik.

8. Dengan Mentimun
Satu lagi bahan yang cocok untuk menghilangkan bekas luka pada muka. Buatlah sendiri masker mentimun yang bermanfaat untuk memudarkan bekas luka. Dan bila dipakai secara rutin, kandungan mentimun cukup berkhasiat untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Tapi tidak semua macam bekas luka yang dapat hilang dengan menggunakan ramuan alami, terlebih jika bekas luka ini ukurannya besar.

Maka saatnya Anda mencoba perawatan secara medis. Berikut berbagai macam perawatan secara medis yang boleh Anda coba-coba diantaranya sebagai berikut.

1. Operasi Plastik
Bila bekas luka muncul di wajah diakibatkan keloid, maka operasi plastik biasanya akan diterapkan bersama suntik kartikosteroid. Namun untuk bekas luka hipertrofik, tidak akan diterapkan bersama prosedur yang lain. Hanya, perlu diketahui bahwa memang operasi plastik cukup manjur dalam menghilangkan bekas luka lama, meskipun efeknya akan memicu terbentuknya bekas luka baru dari pembedahan.

2. Suntik kolagen dan kortikosteroid
Mungkin diantara Anda pernah dengar istilah suntik kolagen dan kortikosteroid. Suntik ini mempunyai manfaat mengencangkan bagian kulit serta membuat kulit awet muda. Selain itu juga bisa menghilangkan bekas luka di muka. Meskipun langkah tersebut tidak langsung menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, tapi paling tidak bisa merubah penampilanmu dengan drastis.

3. Memakai teknologi laser
Teknologi laser dewasa ini begitu populer dalam hal menghilangkan bekas luka. Cara medis tersebut mampu menghilangkan bekas luka pada muka atau daerah mana saja secara drastis. Hanya saja, tingkat keberhasilan untuk menghilangkan luka semua itu tergantung pada tingkat keparahan bekas luka yang ada.

4. Membalut luka
Cara medis yang lain yaitu dengan membalut luka memakai bahan elastis. Tujuannya yakni untuk meratakan dan melembutkan bekas luka. Biasanya, prosedur tersebut hanya diterapkan untuk menghilangkan bekas luka bakar yang cukup ekstrim. Tapi menggunakan langkah ini bisa menghabiskan waktu lama, bisa setengah tahun atau bahkan hingga satu tahun dan balutan tak boleh 5. Menggunakan salep atau gel
Ketika menghilangkan bekas luka karena tergores benda tajam, gel atau krim adalah opsi yang bagus. Biasanya salep penghilang bekas luka yang banyak dijual terkandung bahan steroid, silikon dan vitamin E. Selain itu, dokter akan juga memberi resep salep untuk menghilangkan bekas luka yang memiliki antihistamin pada bekas luka yang nanti akan menimbulkan gejala gatal. Di pasaran ada bermacam-macam produk yang manjur dalam menghilangkan bekas luka, gel Meilibahenling misalnya.

Demikian macam-macam cara menghilangkan bekas luka, baik itu secara alami ataupun dengan cara medis. Yang perlu diingat yakni sebelum mencoba medis ada baiknya gunakan terlebih dahulu cara alami paling tidak sekitar satu atau dua bulan secara teratur. Bila tak ada hasil yang maksimal, Anda dapat menerapkan salah satu cara medis diatas.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
kesehatan, kulit, manfaat, tips


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit -- Diskusi Umum 22
Menghilangkan guratan2 hitam pada perut pasca melahirkan -- Diskusi Umum 3
Cream selulite hp 082123900033 / menghilangkan garis2 setelah melahirkan -- Area Promosi 0
Tips Mencegah dan Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan -- Ngobrol Apa Saja 0
Cara Cepat Menghilangkan Selulit Setelah Melahirkan -- Ngobrol Apa Saja 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com