Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bundai...   TS 
 
Posts: 37
Default Kenali Tanda-Tanda Waktu Kelahiran Sudah Dekat

Posisi Janin Berada di Bawah
Hari demi hari perkembangan janin semakin mengagumkan ya, Mum. Beberapa minggu sebelum waktu persalinan, Mum mungkin akan merasakan sesuatu yang berbeda pada janin. Jika biasanya posisi janin dekat dengan ulu hati, kini ia akan turun ke bagian bawah mendekati tulang pinggul. Hal ini akan membuat Mum merasa lebih ringan sekaligus lebih mudah untuk bernapas.


Merasakan Kontraksi Braxton Hicks
Kontraksi Braxton Hicks merupakan kontraksi yang terjadi pada bagian uterus, dimulai pada minggu ke-6 kehamilan. Beberapa orang juga akan merasakan sakit seperti ketika akan menstruasi menjelang waktu melahirkan. Kontraksi ini terjadi karena serviks mulai menebal untuk mempersiapkan proses kelahiran. Saat Mum merasakan kontraksi yang lebih sering, tandanya tak lama lagi si Kecil akan lahir ke dunia.


Leher Rahim Mulai Mengalami Perubahan
Seminggu sebelum proses persalinan, leher rahim akan mulai mengalami perubahan menjadi lebih lebar. Untuk Mum yang sudah pernah melahirkan, leher rahim akan melebar 1 hingga 2 cm beberapa hari sebelum persalinan. Jika sudah mendekati waktunya, dokter akan melakukan pengecekan vagina untuk mengetahui apakah leher rahim sudah ‘siap’ atau belum.


Mulai Terlihat Flek dari Vagina
Sehubungan dengan kondisi leher rahim yang melebar di masa pertumbuhan janin, lendir yang selama ini berada di sekitarnya akan mulai dikeluarkan. Lendir ini nantinya mungkin akan Mum temukan pada celana dalam, berupa flek yang berwarna cokelat, merah muda, atau merah seperti darah segar. Saat masa ini, Mum tidak disarankan untuk melakukan hubungan seksual karena bisa menggangu peluruhan lendir leher rahim.


Pecahnya Air Ketuban
Air ketuban merupakan cairan yang melindungi janin selama dalam kandungan. Ketika cairan ini mulai keluar melalui vagina, tandanya waktu persalinan sudah semakin dekat. Mum perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan selama proses persalinan. Saat melihat tanda-tanda waktu kelahiran sudah dekat, Mum tidak perlu panik. Biasanya persalinan tidak akan langsung terjadi tepat setelah tanda-tanda tersebut dirasakan. Jadi Mum masih memiliki waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan dampingan dokter serta keluarga.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
fitria...
 
Posts: 300
 
mkasi bun infonya..

=)
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tanda kelahiran sudah dekat -- Diskusi Umum 20
3 tanda persalinan sudah dekat -- Diskusi Umum 38
sudah pembukaan 1 kok blm ada tanda tanda kelahiran lg? -- Diskusi Umum 16
sudah dekat HPL tapi blm ada tanda akan bersalin -- Diskusi Umum 19
Apa ini tanda persalinan sudah dekat ??? -- Ngobrol Apa Saja 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:14.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com