Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
duniav...   TS 
 
Location: Jakarta Utara
Posts: 31
Default Waktu Perut Anak Kembung, Ibu Pakai Apa?


Anak sakit, orang tua panik.
Wajar, sangat wajar malah, orang tua mana coba yang cuek saat anaknya sakit?

By the way, saya mau sharing nih, Ibu-Ibu. Kepanikan tersebut terjadi kepada saya beberapa hari yang lalu.

Anak saya perutnya kembung, sepertinya sih dia masuk angin. Karena saya tahu, sore harinya ia main air bersama anak-anak tetangga komplek. Oh iya, umur anaks aya 5 tahun nih, yaa Ibu-ibu pasti tahu kan gimana tingkahnya anak laki-laki di umur segitu? Susah diatuuurrrr!

Nah, setelah si adek (panggilan anak bungsu saya) saya mandiin sepulang bermain, gak lama kemudian dia bilang kepalanya pusing. Saya pikir ya Cuma pusing sebentar ala anak-anak aja kan, jadi ya saya suruh deh dia tiduran di kamar terus selimutan. Abis saya kelonin, saya iseng ngecek suhu tubuhnya, dan ternyata PANAS! Saya cek perutnya, saya tuk-tukin (ketuk-ketuk), yah ternyata dia kembung pemirsa . Selang 2 jam kalo gak salah, si adek muntah-muntah, dia bilang perutnya gak enak mah krubuk-kubuk terus pusing. Ini sih fix si adek MASUK ANGIN. Huaduh, paniknya saya bukan main saat itu.

Karena saya bukan tipe Ibu yang gampang memberi obat pada Anak, saya milih untuk ngolesin bawang saja. Karena, Ibu saya pun dulu begitu jika saya masuk angin. Dengan pedenya, saya terus mulia ngolesin bawang ke badan si adek. Eh, si adek malah ohek-ohekan, dia bilang mual bau bawang. Dia nangis kejer saking gak maunya saya olesin bawang. Saya ga keabisan akal, balsem lah saya olesi ke perutnya yang kembung. Eh, si adek juga gak mau, dia bilang panas dan bau. Huaa aku kudu piyeee Ibu-Ibu..

Jadi, waktu itu saya akhirnya ngasih si adek obat herbal yang bau jamu. Yah, meskipun dia nolak, tapi saya paksa, karena ya gimana lagi, saya gak mau dia masuk angin dan perutnya kembung terus-terusan. Yang mau saya tanyain, Ibu-Ibu di sini ada cara lain kah untuk mengobati masuk angin dan perut kembung? Karena saya takut kalo nanti si adek masuk angin lagi.. Ditunggu referensi cara pencegahan dan obatnya ya Ibu-Ibu!
 
Attached Thumbnails
Waktu Perut Anak Kembung, Ibu Pakai Apa?-waktu-perut-anak-kembung-ibu-pakai-apa.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rizkak...
 
Location: Jakarta Selatan
Posts: 31
 
saya hanya olesi si baby pakai minyak telon atau kayu putih sih bund, tapi td baca disebelah bisa pake obat herbal bund yg modern sekarang udah ada juga kok kalo bunda gak percaya obat tradisional hehe
 
  #3  
Old
rattna...
 
Posts: 47
 
coba dikasih menyak telon bun
 
  #4  
Old
Meimei...
 
Posts: 36
 
Perut kembung adalah kondisi yang terjadi akibat gas atau udara bertumpuk terlalu banyak pada saluran pencernaan. Nah, Si Kecil bisa mengalami perut kembung bila ia menelan udara terlalu banyak saat makan atau mengonsumsi makanan yang memicu gas.
Ibu bisa membantu mengatasi perut kembung pada anak dengan beberapa cara berikut:
• Jaga agar anak tetap terhidrasi. Ibu bisa memberikan teh hangat tanpa pemanis untuk membuatnya perutnya menjadi nyaman. Cara ini juga bisa membantu mengeluarkan udara yang terperangkap dalam perut.
• Gunakan kompres hangat pada perutnya. Cara ini bisa mengendurkan otot dan meredakan sakit perut.
• Berikan anak makanan prebiotic, seperti yoghurt. Makanan tersebut diketahui efektif untuk meredakan kram perut. Bakteri baik dalam yoghurt bisa membuat perut anak menjadi lebih tenang.
• Pijat perut anak dengan lembut. Hal ini untuk meningkatkan sirkulasi darah pada perut yang tidak nyaman. Dengan menggunakan telapak tangan dan jari-jari, pijatlah perut anak dengan gerakan melingkar searah jarum jam di area pusar.
Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak yang saya baca dari artikel ini. https://www.halodoc.com/artikel/cara...alami-si-kecil
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
kids, pure, purekids


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
perut kembung... -- Diskusi Umum 1
perut kembung.. -- Diskusi Umum 9
Telat haid, sering sendawa, perut kembung, nyeri perut bawah, saya hamil? -- Diskusi Umum 27
Perut kembung -- Diskusi Umum 0
Mari Ketahui Penyebab Perut Anak Kembung! -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:56.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com