Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
adinda...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 245
Default Balitaku Terkena Diare

Susu balita terbaik dan asupan bergizi lainnya sepertibuah dan sayuran, penting untuk diberikan secara rutin guna meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Apalagi di usianya saat ini, ia semakin aktif bermain dan mempelajari hal baru yang ada di sekitarnya. Jika kebutuhan nutrisi si Keciltidak terpenuhi, kekebalan tubuhnya bisa menurun, Mum.

Kondisi ini kemudian membuatnya lebih rentan terserang berbagai penyakit, termasuk diare. Lalu, apa saja penyebab diare pada balita? Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Susu balita terbaik dan asupan bergizi lainnya sepertibuah dan sayuran, penting untuk diberikan secara rutin guna meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Apalagi di usianya saat ini, ia semakin aktif bermain dan mempelajari hal baru yang ada di sekitarnya.

Jika kebutuhan nutrisi si Kecil tidak terpenuhi, kekebalan tubuhnya bisa menurun, Mum. Kondisi ini kemudian membuatnya lebih rentan terserang berbagai penyakit, termasuk diare. Lalu, apa saja penyebab diare pada balita? Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Infeksi Virus, Bakteri, dan Parasit
Infeksi virus rotavirus merupakan penyebab utama dari penyakit ini.Gejala umum yang timbul akibat infeksi virus ini diantaranya muntah-muntah,sakit perut, pusing, dan demam. Mum bisa membantu meringankan gejala-gejala tersebut dengan memenuhi kebutuhan cairannya. Selain virus rotavirus, bakteri salmonella dan parasit giardia juga bisa memicu terjadinya diare.

Pengobatan
Sama halnya seperti orang dewasa, pemberian obat pencahar dan antibiotik pada balita juga dapat menyebabkan terjadinya diare. Jika hal ini terjadi,segera bawa si Kecil ke dokter ya, Mum. Umumnya, dokter akan menyarankan untuk mengurangi dosis pemberian obat, memberikan probiotik, atau mengganti antibiotik dengan jenis yang lain.

Keracunan Makanan
Kesalahan dalam memberikan asupan balita bisa menjadi penyebab si Kecil terserang diare. Gejala yang timbul akibat keracunan makanan umumnya adalah muntah-muntah. Jika kondisi ini terjadi pada si Kecil, jaga tubuhnya tetap terhidrasi dan periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Lain
Selain tiga penyebab di atas, diare pada balita juga bisa terjadi karena karena alergi makanan dan iritasi usus. Jika Mum ragu apa yang menyebabkan si Kecil diare, sebaiknya segera bawa ia ke dokter ya, Mum.

Setelah mengetahui penyebab diare pada balita, sekarang simak tips pertolongan pertama yang bisa Mum lakukan untuk mengatasinya, yuk!

Berikan Asupan Cairan
Diare dapat menyebabkan si Kecil kekurangan cairan. Oleh karena itu,berikan asupan seperti susu balita terbaik, oralit,atau air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Namun, hindari memberikan asupan cairan sekaligus dalam jumlah yang banyak ya, Mum. Sebaiknya, berikan dalam jumlah sedikit tapi berkala.

Beri Makanan Sedikit Demi Sedikit
Ketika si Kecil diare, Mum disarankan untuk memberikan asupan balita dengan tekstur yang lembut dalam porsi yang kecil, serta menghindari makanan yang pedas dan digoreng. Setelah diare si Kecil mulai membaik, perlahan Mum bisa memberi makan dengan porsi dan jenis makanan yang biasa ia konsumsi.

Pantau Kondisi si Kecil

Jika setelah melakukan tips di atas, si Kecil tidak menunjukkan tanda-tanda membaik atau bahkan terlihat mengalami gejala dehidrasi seperti menangis tanpa air mata dan air seni yang berwarna lebih gelap,sebaiknya segera bawa ke dokter ya, Mum.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
anak diare, penyakit balita, sakit diare


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Apakah aku terkena BO ? -- Diskusi Umum 5
terkena pra eklampsia -- Ngobrol Apa Saja 0
aku didiagnosa terkena PCO... -- Diskusi Umum 17
awal kehamilan terkena flu -- Diskusi Umum 5
Balitaku galau -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:09.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com