Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
daryad...   TS 
 
Posts: 11
Default Tanda tanda kehamilan yang wajib anda ketahui

Tanda tanda kehamilan merupakan suatu hal yang sangat di tunggu-tunggu oleh pasangan yang baru menikah atau yang belum memiliki keturunan. Karena begitu besarnya pengaruh kehamilan bagi seorang wanita, penting baginya dan bagi keluarganya untuk mengetahui tanda tanda hamil. Dengan alasan ini, tanda dan gejala kehamilan telah digolongkan sesuai dengan signifikansi dalam menetapkan diagnosis positif kehamilan.

Untuk informasi selengkapnya silahkan lihat di Tanda Tanda Kehamilan Yang Wajib Anda Ketahui

Tanda-tanda tersebut dibagi menjadi tanda subjektif, objektif, dan bukti absolut kehamilan.


TANDA-TANDA SUBJEKTIF KEHAMILAN

Tanda-tanda subjektif kehamilan biasanya merupakan tanda-tanda kehamilan yang biasa diungkapkan oleh calon ibu. Berikut adalah tanda subjektif kehamilan.


Amenore

Bagi wanita normal yang mengalami menstruasi secara teratur, amenore adalah salah satu tanda kehamilan, terutama bila gejala-gejala dini lainnya juga terjadi.

Hal-hal lain juga dapat menyebabkan amenore contohnya adalah anemia, abnormalitas sistem saraf pusat, gangguan endokrin, perubahan iklim atau cuaca, penyakit infeksi, obstruksi servikal, atau ketegangan emosi.

Perubahan payudara


Nyeri, nyeri tekan, terasa berat, dan perbesaran adaIah gejala awal perubahan payudara. Kemudian terjadi, pigmentasi, perubahan puting, sekresi kolostrum, dan perbesaran vena. Perubahan ini sangat signifikan pada wanita yang belum pernah hamil dan hal ini dapat menjadi tanda awal kehamilan.

Mual dan muntah

Mual dan muntah yang terjadi segera setelah periode menstruasi pertama tidak terjadi, banyak wanita mengalami derajat mual dan muntah yang bervariasi dari mual, pening, dan muntah.

Hal ini biasa disebut dengan morning sickness karena gejala-gejala Iebih sering terjadi setelah sarapan pagi. Diyakinė bahwa morning sickness adalah respons awal tubuh terhadap tingginya kadar progesteron.

Gejala mual dan muntah biasanva menghilang pada tiga bulan walaupun pada kasus tertentu muntah-muntah dapat Iebih lama. Keadaan tersebut kemudian disebut pernicous vomiting (muntah-muntah pernisiosa) dan ditangani sebagal komplikasi abnormal pada kehamilan.

Sering Buang Air Kecil

Kongesti darah pada organ-organ pelvik meningkatkan sensitivitas jaringan. Tekanan karena perbesaran uterus pada kandung kemih menstimulasi saraf dan mentriger keinginan untuk berkemih selama kehamilan.


Infeksi saluran perkemihan, trauma, dan pertumbuhan tumor dapat menunjukkan gejala serupa.

Leukorea atau keputihan

Peningkatan sekresi vaginal disebabkan oleh efek stimulasi hormon pada kelenjar dan peningkatan suplai darah ke pelvik terjadi amat dini pada kehamilan. Setiap keluaran yang berlebihan, kuning kehijauan atau setiap perdarahan yang terjadi selama kehamilan adalah tidak normal dan harus segera diteliti dan dicari apa penyebabnya.

Tanda Chadwick’s (bercak keunguan pada vagina)

Suatu perubahan awal yang dapat terlihat pada pemerėksaan adalah warna mukosa vagina, yang menjadiungu kebiruan karena meningkatnyasuplai darah.Bagaimanapun, setiap kongesti pada pelvik dapat menyebabkan gejala-gejala ini, tidak hanya kehamilan.

Gejala-gejala umum

Beberapawanita mengatakanbahwa iahamil. Dengan hal ini mereka mungkin menggambarkan agak tidak jelas, perasaan letih, pusing dan bahkansakit kepala yang umum terjadi selama bulan pertamakehamilan.

Beberapa wanita mengatakan mereka membutuhkan 12 jam atau Iebih untuk tidur. Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh progesteron yang menyebabkan retensi air. Tanda-tanda tersebut juga mungkin juga disebabkan oleh depresi mental.

Walaupun kepala pusing pada awal kehamilan adalah umum, sakit kepala dapat menandakan hipertensi. Untuk alasan ini sakit kepala yang terus dirasakan harus dilaporkan.

Quickening

Quickening adalah istilah kuno yang berarti “pera saan pertama adanya kehidupan.” Sensasi getaran ini, seperti kupukupu terbang. Hal ini biasanya dirasakan oleh calon ibu yang pertama kali hamil sekitar usia 22 minggu masa kehamilan.

Bagi wanita yang sebelumnya pernah hamil mungkin merasakan gerakan pada 20 minggu. Walaupun tanda-tanda tersebut menguatkan bagi wanita, quickening tidak membuktikan kehamilan.

Tanda-tanda tersebut diatas hanya subjektif dan bukan bukti objektif yang nyata.

Submer: Tanda Tanda Kehamilan Yang Wajib Anda Ketahui

 
Thread lain yang berhubungan:
Info Seputar Kehamilan
  #2  
Old
Yagiza...
 
Posts: 38
 
Thanks atas informasinya.
 
  #3  
Old
nini21...
 
Posts: 7
 
semoga bulan ini qu hamil aamiiin.......

https://www.facebook.com/Baju-Tidur-...5803690780959/
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tanda yang saya rasa kan tanda kehamilan bukan yah?? -- Diskusi Umum 14
Yuk Ketahui Tanda Anak Cerdas -- Diskusi Umum 3
tanda-tanda yang di rasakan pada awal kehamilan -- Diskusi Umum 6
5 tanda-tanda anda sudah hamil (bagian 1) -- Diskusi Umum 0
Awas! Inilah Tanda-Tanda Kehamilan Yang Tidak Biasa -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com