Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > Misc Stuff > Area Promosi

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
zzlly...   TS 
 
Posts: 0
Smile Kartu Menuju Sehat Online

Bagi ibu-ibu yang ingin plotting curva pertumbuhan anak bisa kunjungi dan register Anak dan Bunda
Selain itu bunda juga dapat cek formulir kpsp dan cek status gizi anak. Terdapat juga berbagai artikel yang dapat membantu bunda.

Nah, supaya lebih jelas saya jelaskan sedikit apa dan bagaimana cara membaca kartu menuju sehat:

Kartu Menuju Sehat (KMS) atau dalam bahasa inggris dikenal dengan Growth Chart merupakangambaran umum pertumbuhan anak secara fisik. Pertumbuhan digambarkan melalui perbandingan berat, tinggi, dan lingkar kepala yang dibandingkan dengan anak seusianya. Pada grafik KMS terdapat garis yang disebut dengan Percentile. Nah, apakah percentile itu? Mari kita bahas bersama-sama.

Apakah Percentile Itu?

Untuk menjelaskan percentile saya akan menggambarkan dengan contoh. Jika pada grafik berat badan anak Anda yang berusia 30 berada pada percentile 15, itu artinya 15% bayi berusi 3 bulan memiliki berat badan sama atau kurang dengan bayi Anda. Kami menyediakan fitur untuk mencatat pertumbuhan anak Anda jika Anda melakukan register.



Posisi Anakku Ada pada Percentile 15, Apakah itu normal?

Percentile tidak dapat disamakan dengan ranking di sekolag. Nilai percentile yang lebih rendah tidak berarti anak Anda memiliki masalah pertumbuhan. Ada banyak faktor yang menpengaruhi "ukuran anak Anda". Contohnya adalah posture orang tuanya. Jika orang tuanya tergolong kurus atau tidak terlalu tinggi maka adalah normal jika anak mewarisi hal tersebut. Akan ada masanya anak akan terlihat cepat tumbuh yang terjadi pada saat growth spurt atau ada juga saatnya anak Anda hanya bertambah berat ataupun tinggi sedikit.



Kapan saya harus merasa cemas?



Apabila percentile anak Anda terlalu sering berubah maka Anda harus waspada. Contohnya, biasanya anak terletak pada percentile 50 kemudian tiba-tiba turun ke persentile 15 maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak untuk memastikan kondisi anak. Tetapi Anda harus perhatikan juga faktor-faktor yang memungkinkan grafik KMS Anak berubah signifikan, kondisi kesehatan anak misalnya. Semisal anak sedang demam atau flu atau penyakit lainnya, adalah wajar jika posisi percentile berubah. Jika anak dalam keadaan sehat tetapi perubahan percentil tampak signifikan, maka kemungkinan dokter akan menyarankan untuk menambah porsi makan.

Nah, sudah ada gambaran kan bunda. Yuk plot growth chart anak kita di Anak dan Bunda
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
anak dan bunda, growth chart, kartu menuju sehat, kms


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Kartu Pink ??? -- Diskusi Umum 4
Cara Meningkatkan Penjualan Online (untuk bunda-bunda pemilik toko online) -- Area Promosi 0
Jual Kartu Binatang - 4D Animal - Kartu 4 Dimensi - Augmented Reality -- Area Promosi 13
Kartu 4 dimensi -- Area Promosi 0
apa saja kunci agar kehamilan tetap sehat??dan selalu sehat n kuat?? -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com