Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > Misc Stuff > Area Promosi

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
hana06...   TS 
 
Posts: 0
Default cintai bumi dan bayi dengan menggunakan CLODI (popok kain cuci ulang) :-)

Apa itu Clodi

Clodi singkatan dari cloth diaper atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti popok kain. Sebutan lainnya adalah celana handuk, celana plastik, reusable diaper, dan masih banyak lagi. Pada intinya disini akan dibahas tentang perbandingan popok yang sekali pakai (pospak) dengan popok yang bisa dipakai berulang.
Istilah pampers lebih dikenal masyarakat ketimbang istilah popok sekali pakai atau disposable diapers. Hanya dikalangan tertentu saja orang akan mengenal istilah “pospak” dan “dispo”. Sebuah salah kaprah yang sudah menjadi keumuman seperti menyebut pasta gigi dengan istilah “odol”. Popok dan si buah hati sangat berkaitan erat, karena popok termasuk kebutuhan utama bayi. Dimana bayi belum bisa mengisyaratkan bahwa dia akan “pup” atau “pee”, dengan demikian kita akan membutuhkan berlusin-lusin popok untuk meyerap pup dan pee nya.
Dulu belum ada yang namanya pampers, ibu saya menggunakan popok yang bertali dan ditambahi kain jarit atau kain yang sudah tidak dipakai. Kain ini dipotong-potong kemudian dijadikan penyerap pipis dan pup. Higienis gag ya?? Wah alhamdulillah saya, adik, dan ponakan saya sehat-sehat saja. Mulai jamannya keponakan saya muncul produk popok sekali pakai yang daya tahan serapnya tinggi dan bisa bertahan lama. Dengan alasan kepraktisan mulailah ibu-ibu menggunakan popok sekali pakai ini apalagi untuk pemakaian malam hari dan ketika bepergian dengan alasan biar ga repot.
Hitung-hitungan kasar ketika bayi hanya menggunakan 2 buah pospak dalam sehari, maka total 60 buah pospak dalam sebulan. Dalam setahun bisa menghabiskan sekitar 700 pospak dalam satu rumah tangga. Bisa dibayangkan berapa kilogram sampah untuk pospak ini dalam 1 RT, 1 RW, atau 1 Desa.
Bagaimana penanggulangan sampah dari pospak ini? dibakar, ditimbun di belakang rumah, atau di bawa ke TPA. Yang ketiga pilihan itu berdampak bahaya bagi lingkungan kita pada khususnya dan bumi kita pada umumnya.
Berawal dari kepedulian akan lingkungan dan dampak kesehatan penggunaan pospak bagi bayi, beberapa tahun terakhir banyak produsen mulai membuat popok kain yang bisa dipakai ulang, dengan daya serap yang hampir sama dengan pospak. Inilah yang kita sebut sebagi Clodi disini.


Kekurangan clodi
  1. Harus mengeluarkan rupiah lebih banyak saat pertama kali. (cuma pertama kali aja bunda, karna clodi bisa dipakai berulang tanpa mengeluarkan biaya lagi bahkan bisa diwariskan ke adik2 nya)
  2. Harus mencuci.
  3. Harus sering mengecek kejenuhan daya serap clodi
Kelebihan
  1. Lebih irit untuk pemakaian jangka panjang, dan bisa diwariskan ke adik-adiknya
  2. Lebih ramah lingkungan
  3. Resiko terkena ruam popok/diaper rash lebih sedikit karena popok yang basah bisa segera ketahuan & si anak akan “belajar-risih” dari rasa basah tersebut.
  4. Memanfaatkan rasa “risih” ini, sehingga akan lebih cepat melatih anak untuk potty-training. Popok kain juga breathable buat kulit bokong bayi.
Kesimpulannya cloth diaper lebih bermanfaat dibanding popok sekali pakai. Ayo ayah, bunda, ummi, abi…ganti pampers dengan cloth diapers. Mudah-mudahan dari konstribusi ini bumi kita akan lebih indah…


ayah bunda n calon bunda sekalian bisa pesan produknya di Facebook @adeeva novandra (babyshop) atau bisa invite pin BBM 7919BF29 saya untuk pemesanan dan pertanyaan (sebisa mungkin akan dijawab rasa penasarannya akan clodi)


Kami menyediakan clodi dengan harga bersaing, motif yang lucu2 dan kualitas produk import dari China. Ada diskon khusus untuk beli lebih dari 3pcs.
terimakasih bunda.. selamat menjadi ibuuu :-)
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Reusable Cloth Diaper - Popok Kain Pakai Ulang -- Area Promosi 0
jual popok cuci ulang/cloth diapers/clodi -- Area Promosi 12
Popok Cuci Ulang (Clodi) dan Perlengkapan baby lainnya -- Area Promosi 0
clodi, diapers, happy nappy pad atau popok kain? -- Diskusi Umum 41
Clodi / Popok Bayi cuci ulang Merk BABYLAND & Bambola Minky -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:18.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com