Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Gisela...   TS 
 
Posts: 92
Post [Kehamilan] Kacang Hijau yang Kaya Manfaat bagi Ibu Hamil


Kacang Hijau merupakan salah satu bahan makanan yang dapat ditemui dengan mudah di Indonesia. Kacang hijau juga merupakan 3 besar tanaman pangan yang populer di Indonesia setelah kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau juga dapat dibuat menjadi berbagai olahan makanan seperti onde-onde dan bubur kacang hijau. Selain itu kacang hijau memiliki banyak nutrisi bagi kesehatan, khususnya untuk ibu hamil.

Replying to:
Nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau cukup beragam seperti:
1. Asam Folat
Asam Folat bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf bayi, dan mencegah kecacatan otak dan sumsum tulang belakang. Selain terdapat pada kacang hijau Asam Folat juga terkandung dalam kacang kedelai, brokoli, jeruk, alpukat, dan bayam.
2. Protein
Kacang hijau sangat kaya akan protein mempunyai manfaat untuk tumbuh kembang organ janin selama dalam kandungan. Penelitian terkini juga menyebutkan bahwa konsumsi protein yang cukup saat hamil akan menambah volume rambut bayi.
3. Vitamin B1 dan B2
Vitamin B1 dan B2 pada masa hamil dapat membantu penyerapan protein, tumbuh kembang janin, dan juga melancarkan pencernaan. Kekurangan vitamin B1 dan B2 pada kehamilan dapat menyebabkan konstipasi dan juga mudah mengalami kelelahan.
4. Lemak Baik
Lemak bermanfaat sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan menjaga kestabilan suhu tubuh dan janin. Lemak pada kacang hijau memiliki kadar yang rendah sehingga aman untuk jantung. kacang hijau juga dapat dikonsumsi bagi penderita preeklampsia karena lemak dalam kacang hijau aman untuk tekanan darah.
5. Kalsium dan Fosfor
Kalsium baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang pada janin dan meningkatkan kepadatan tulang ibu. Fosfor berfungsi sebagai pemberi energi dan membantu metabolisme tubuh.jika kalsium tidak terpenuhi dengan baik, janin akan mengambil sumber kalsium dari tubuh ibu yang dapat menyebabkan osteoporosis pada ibu.
6. Serat
Serat membantu proses kelancaraan pencernaan dan memelihara kesehatan organ saluran pencernaan. Jika proses pencernaan terhambat dapat mengakibatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh yang tidak maksimal.
Pemenuhan nutrisi saat masa hamil dengan cara tradisional jauh lebih murah dan juga alami, semoga thread ini bermanfaat bagi ibu.
Ibu juga bisa konsultasi seputar kehamilan dan mendapatkan info menarik
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
desiar...
 
Posts: 1,042
 
tks infonya bunda...

makanan kesukaan aqohhh ini apalagi debaynyaa yaaa
 
  #3  
Old
yunna...
 
Posts: 890
 
Wah info yg sangt bgs bund,makasih uda menambah pengetahuan qt2 yg sedang hamil,oyah selain bgs untuk bumil,bgs juga loh untuk bunda lg lagi promil.. Tp Ĝɑ̤̥̈̊>:/ blh pke sntan.. Нę².. "̮ нę².. "̮ нę².. "̮ нę² ..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Air Kacang Hijau-- Makanan Tambahan Ibu Hamil -- Diskusi Umum 14
Manfaat Mengunyah Permen Karet Bagi Ibu Hamil -- Ngobrol Apa Saja 3
manfaat buah pir hijau -- Diskusi Umum 8
Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil -- Diskusi Umum 3
Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Hamil -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:04.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com