Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
melan ...   TS 
 
Posts: 455
Default keluhan FLEK,PENDARAHAN,& KEGUGURAN

Assalamualaikum Wr. Wb



Langsung aja ya bun
Setelah kuret untuk keguguran yang kedua kalinya di awal november lalu, saya konsul dengan dokter saya perihal saat ini banyak sekali kasus kehamilan yang berakhir keguguran.


Pada saat saya kuret saja ada 2 orang dalam 1 ruang bersalin yang sama – sama akan menjalani kuret.
Dan dokter bilang dalam satu bulan ini udah ada beberapa yang mengalami keluhan flek pendarahan dan berujung keguguran / abortus.
Tidak heran juga di forum ini akhir-akhir ini banyak yang mengalami hal serupa.


Dari latar belakang tersebut.
Rasanya saya ingin berbagi tentang apa yang pernah saya alami,

Walopun sudah banyak yang bahas termasuk thread nya dokter ivan tentang tanya jawab perihal keguguran, tapi saya rasa saya perlu untuk sharing lebih ke penanganan jika mengalami keluhan ini. (bukan penyebabnya, karena kalo penyebab lbh baik konsul langsung kedokter).


Sebelumnya saya hanya akan menjelaskan sedikit tentang flek,pendarahan,dan keguguran.
  • Flek : flek di awal kehamilan seperti yang kita ketahui adalah hal yang kerap di alami bumil, flek yang normal adalah ketika flek itu menunjukan implantasi/penempelan embrio pada rahim.flek ini terjadi hanya dalam 1-2 hari dengan jumlah yang sangat sedikit. Namun jika flek itu terjadi lebih dari 2 hari apalagi disertai keram itu menandakan flek yang tidak normal.
  • Pendarahan : Pendarahan pada ibu hamil yang normal adalah pendarahan yang hanya berupa flek implantasi saja, jika pendarahan yang keluar banyak darah nya berwarna hitam,atau darah segar itu sudah jelas tidak normal. Jika di TM satu menandakan ancaman keguguran, jika di TM3 keatas menandakan placenta previa. Jika pendarahan di sertai keluarnya gumpalan – gumpalan itu menandakan abortus/keguguran sedang berlangsung.
  • Keguguran/bortus :
1. ABORTUS IMMINENS
Abortus imminens adalah ancaman terjadinya abortus, ditandai perdarahan per vaginam(lewat vagina), ostium uteri masih tertutup dan hasil konsepsi masih baik dalam kandungan.
2. ABORTUS INSIPIENS
Abortus insipiens adalah abortus yang sedang mengancam yang ditandai dengan serviks telah mendatar, ostium uteri telah membuka, akan tetapi hasil konsepsi masih dalam kavum uteri dan dalam proses pengeluaran.
Ciri : Perdarahan per vaginam dengan kontraksi makin lama makin kuat dan makin sering, serviks sudah terbuka.
3. ABORTUS INKOMPLETUS
Abortus inkompletus adalah peristiwa pengeluaran sebagian hasil konsepsi sebelum usia kehamilan 20 minggu, berat janin < 500 gram
Ciri : Perdarahan per vaginam yang banyak, disertai kontraksi, serviks terbuka, sebagian jaringan konsepsi keluar.
Penanganan : optimalisasi keadaan umum dan tanda vital ibu (perdarahan banyak dapat menyebabkan syok), pengeluaran seluruh jaringan konsepsi dengan eksplorasi digital dan bila perlu dilakukan kuretase.
4. ABORTUS KOMPLETUS
Abortus kompletus adalah peristiwa pengeluaran lengkap seluruh jaringan hasil konsepsi sebelum usia kehamilan 20 minggu, berat janin < 500 gram.
Ciri : Perdarahan per vaginam yang banyak, kontraksi uterus, serviks sudah menutup, keluar jaringan hasil konsepsi, tidak ada sisa jaringan di dalam uterus.

Penanganan : optimalisasi keadaan umum dan tanda vital ibu.
5. ABORTUS HABITUALIS
Abortus habitualis adalah kejadian abortus berulang pada 3 kehamilan atau lebih berturut - turut. Abortus habitualis umumnya disebabkan karena kelainan anatomik uterus (mioma, septum, serviks inkompeten, dll), atau kelainan faktor-faktor imunologi.Pada kasus abortus habitualis perlu dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat ada/tidaknya kelainan anatomi. Selain itu juga perlu dilakukan rangkaian pemeriksaan faktor-faktor hormonal / imunologi / kromosom.


Dari penjelasan di atas, jika ada bunda – bunda disini ada yang sedang mengalami hal tersebut, saya ingin sharing apa – apa saja yang harus bunda lakukan agar KEHAMILAN bunda BISA DIPERTAHANKAN.
  1. PERGI KE DOKTER. Ketika bunda mendapatkan bunda mengalami keluhan Flek dan Pendarahan yang tidak normal bunda segerakan periksa ke dokter (tidak usah menunggu waktu kontrol tiba). Kenapa harus cepat ke dokter/bidan ? agar dokter segera memberikan obat penguat yang tepat sesuai keluhan dan kebutuhan bunda. Its a must !
  2. BEDREST TOTAL, ya bunda di sarankan bahkan di haruskan bedrest total, tetaplah dikasur bunda jangan melakukan kegiatan apapun, jijka memang harus turun dari kasur, itu hanya untuk buang air saja, atau wudhu. Bahkan kalo bisa di pispot saja. Gausah mandi dulu. Kalopun memang bunda ga kuat kalo ga mandi di kamar mandi sambil duduk di kursi kecil atau dimanapun yang penting jangan berdiri dan jongkok.. kalo bunda muslim dan mau solat ,solatnya di kasur saja bun.Selebihnya tetaplah beristirahat di kasur saja. Kenapa harus bedrest ? karena bedrest itu meminimalisir gaya gravitasi bun, dan agar janin bisa maksimal menempel di rahim tidak terlalu terkena gaya gravitasi jika kita tetap berdiri/beraktivitas seperti biasanya. Kaya lebay ya?? Ya memang begitu bunda, kita bisa saja merasa sehat bahkan merasa untuk berlari pun bisa, tapi janin yang ada di dalam perut kita kan belum tentu kuat .makannya bedrest ya bedrest bun.
  3. Jangan melakukan HB dulu dengan suami, gausah saya jelasin kenapanya ya ?
  4. Makan makanan dan minum minuman yang bergizi, jangan asal makan ya bun. Banyak makan sayuran buah buahan.
  5. HINDARI STRESS, ini penting sekali, stress itu tidak ada baiknya. Kalo kita stress yang ada hormon di dalam tubuh kita menyambutnya dengan negatif dan pendarahan bukannya berkurang malah makin banyak, istilahnya janin pun akan lebih sulit lagi untuk bertahan karena merasa di tolak.
  6. Berdoa
  7. Serahkan semuanya pada Alloh, do your best lakukan yang bisa dan terbaik untuk mempertahankan si janin. Jangan menyerah tetap positif thinking.

Itu semua adalah hal – hal yang harus bunda lakukan ketika mengalami keluhan ini, kehamilan bisa bertahan bun kalo kita memang semangat melakukan hal di atas.
Hal – hal yang harus bunda lakukan di atas adalah tips yang saya dapat dari dokter dan informasi sekitar. Bunda tau istri ruben onsu, doi malah bedrest total selama kehamilannya dan akhirnya bisa melahirkan. Itu hanya satu contoh, banyk juga contoh yang sama seperti itu.


Pengalaman saya adalah pengalaman buruk, saya hanya bisa mengerjakan point 3 dengan sungguh sungguh selama 2 minggu saja setelah nya saya malah ga sungguh2 karena menganggap sudah sehat padahal belum,malah kesana kesini, padahal ketika saya mengerjakan poin no 3 selama 2 minggu itu banyak sekali kemajuan dengan janin saya. Saya dulu menyesal sekali sudah 2 kali lagi2 penyebabnya karena ga nurut.
Maka dari itu karena penyesalan saya itu saya berharap bisa sharing apa yang saya tau agar bunda2 yang punya keluhan sama bisa bertahan dengan kondisinya.
Kebetulan penyebab dari keguguran berulang saya itu karena defisiensi protein/kekurangan protein, sehingga hormon progesteron saya kurang.
Tapi kalau penyebab untuk bunda – bunda lain, lebih baik di konsultasikan ke dokter masing – masing.


Akhir kata hal – hal di atas bisa bunda lakukan sampai keadaan bunda sudah stabil, namun jika bunda sudah melakukan hal – hal di atas tapi janin tetap tidak bisa bertahan dan berakhir keguguran ,itu berarti memang sudah jadi jalan yang terbaik menurut Alloh untuk bunda. Tetap semangat positif thinking yaaa..
Mohon maaf kalo kepanjangan, silahkan di tambahkan, komentari jika ada kesalahan dan kekurangan.
Semoga bermanfaat. Dan sehat selalu~


“Hati yang gembira adalah obat yang paling manjur dan ampuh untuk segala macam penyakit”
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
nanami...
 
Posts: 1,213
 
Makasi banyak bunda untuk sharingnya... salut dengan bunda yang sudah mengalami cobaan tapi masih mau berbagi dengan yang lain.. smoga cepat diberi momongan yang super sehat, super kuat, dan bertahan hingga lahiran dan sterusnya... amin... hugs
 
  #3  
Old
bunga ...
 
Posts: 94
 
makasi bunda sharingnya berguna banget, aku juga pernah kuret di kehamilan pertama, saat ini puji Tuhan sudah hamil 7w, tadi pagi ada flek juga sedikit, saya sempat panik, tapi tetap positif thinking karena masih normal, bukan yg terus menerus dan banyak, semoga kita masing2 diberi kesehatan dan juga calon babynya, amin amin....
 
  #4  
Old
melan ...   TS 
 
Posts: 455
 
Replying to: View Post
Makasi banyak bunda untuk sharingnya... salut dengan bunda yang sudah mengalami cobaan tapi masih mau berbagi dengan yang lain.. smoga cepat diberi momongan yang super sehat, super kuat, dan bertahan hingga lahiran dan sterusnya... amin... hugs
aamiinn makasih bunda. ngga sih bun. sya mmg greget pngn komen kalo ada yg buat thread ttg pendarahan dan flek.soalnya ga pengen ada yg kjadiannya ky sy. sp tau bisa d pertahankan. tp skrg banyak bgt yg buat trit serupa. jd sy pikir buat tritnya aja.dgn harapan yg sy blg d atas

---------- Post added at 18:43 ---------- Previous post was at 18:32 ----------

Replying to: View Post
makasi bunda sharingnya berguna banget, aku juga pernah kuret di kehamilan pertama, saat ini puji Tuhan sudah hamil 7w, tadi pagi ada flek juga sedikit, saya sempat panik, tapi tetap positif thinking karena masih normal, bukan yg terus menerus dan banyak, semoga kita masing2 diberi kesehatan dan juga calon babynya, amin amin....
aamiin bunda bunga smoga sehat trus ya dan lancar .
iya flek sprti itu mrupakan signal buat kita kalo kita butuh istirahat dan hindari stress .
 
  #5  
Old
liin19...
 
Posts: 2
 
Bun..mau tanya dong , qu keguguran usia 7-8 minggu...waktu 2 minggu prtma pendrahan masih normal lalu msuk minggu ke 3 kluar kyak flek" coklat gitu... Trus minggu ke 4 ini malah kluar banyak banget darahnya..ini gmna ya bun? Normal gk sih klo pendrahan smpe 4 minggu lebih??
 
  #6  
Old
Mommyz...
 
Posts: 621
 
Replying to: View Post
Bun..mau tanya dong , qu keguguran usia 7-8 minggu...waktu 2 minggu prtma pendrahan masih normal lalu msuk minggu ke 3 kluar kyak flek" coklat gitu... Trus minggu ke 4 ini malah kluar banyak banget darahnya..ini gmna ya bun? Normal gk sih klo pendrahan smpe 4 minggu lebih??
Ga kedokter aja bun?
Soalnya kan penyebab pendarahan org beda beda ga bs dibilang wajar juga kalo hamil pendarahan apalagi sampe darah segar yg keluar
 
We're 5 now
  #7  
Old
liin19...
 
Posts: 2
 
Kalo makanan yang dilarang sehabis keguguran itu apa aja ya bun??
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
apa penyebab keguguran krn pendarahan g tiba2? -- Diskusi Umum 16
keguguran tapi tidak pendarahan -- Ngobrol Apa Saja 5
Keluhan pasca keguguran -- Diskusi Umum 10
keguguran tapi tidak pendarahan -- Diskusi Umum 12
[ HELP ] pendarahan pasca keguguran -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:28.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com