Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rachel...   TS 
 
Posts: 25
Default baby ku menangis saat aq kasih putingku

sore bunds...
mau berbagi pengalaman bunds ttg bayi yg baru lahir..
gni bunds ini anak pertamaku dan pengalamanku memberikan asi ke bayiku..entah knp bunds tiba2 bayiku gak mau nyusu ke aq..tiap dkasih nenen lngsng menangis sejadi-jadinya tapi klo dksih dot susu dy diam..sedih rasanya bunssi kecilg mau nenen..terpaksa asiku aq pumping bunds..akhirnya aq pke tambahan sufor...aq hrs gmn bunds..help me bunds
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
Semakin sering bayi menyusui langsung ke payudara semakin banyak ASI yang dihasilkan. Sinyal rangsangan produksi ASI paling besar dari isapan bayi langsung ke payudara. Dot dan empeng dapat mengganggu proses ini, sehingga produksi dan suplai ASI juga terganggu.

Lalu apa yang harus mama lakukan jika bayi menunjukkan gejala bingung puting atau sampai menolak menyusu? Berikut tips-tipsnya:
  • 1. Begitu gejala bingung puting muncul dan bayi menunjukkan masalah dalam perlekatan segera minta bantuan konselor laktasi di klinik laktasi.

    2. Saat konsultasi dengan konselor, sebaiknya membawa ayah, pengasuh, atau nenek bayi yang menjaga agar diajarkan bagaimana cara memberikan ASI perah dengan cupfeeder atau cawan. Ini direkomendasikan daripada dot karena tidak akan menyebabkan bingung puting. Catatannya cupfeeding dilakukan olah ayah atau keluarga dan pengasuh selain ibu. Bayi hanya menyusu langsung ke payudara jika bertemu ibu agar bonding tidak terganggu, sehingga ibu tidak dianjurkan mencoba teknik cupfeeding.

    3. Stop dot dan empeng sesegera mungkin. Tanyakan secara detil pada konselor laktasi bagaimana menyiasatinya.

    4. Jika bayi mengalami masalah perlekatan yang ringan dengan memaksimalkan bayi menyusu dengan perlekatan yang benar sudah bisa menjadi solusi. Tapi apabila bayi menolak menyusu sama sekali selama beberapa hari sampai bulan, pertimbangkan baik-baik perlunya tindakan relaktasi dengan alat bantu menyusui. Minta bimbingan dan konsultasi lebih lanjut ke konselor laktasi. Relaktasi merupakan proses perjuangan dan komitmen dari ibu, ayah, dan keluarga agar bisa mencapai keberhasilan bayi mau menyusu lagi.

    5. Perbanyak sentuhan kulit ibu dan bayi, bisa dengan menggunakan baby wrap, kulit bayi menempel di kulit ibu seharian sepanjang hari sampai beberapa hari. Hal ini dapat meningkatkan bonding dan merangsang bayi untuk menyusu. Tidur bersama saat bayi anda tidur.

    6. Berikan waktu full untuk bayi, delegasikan pekerjaan rumah tangga kepada orang lain. Jika perlu ibu yang bekerja cuti terlebih dahulu untuk meningkatkan bonding ibu dan bayi.

    7. Ibu juga sebaiknya memperhatikan makan makanan dengan gizi seimbang dan air putih yang cukup. Beberapa sayuran dan herbal yang dapat membantu meningkatkan supply ASI juga dapat dicoba seperti daun katuk, oatmeal, daun bangun-bangun, fenugreek,dll.

    8. Dukungan dan perhatian dari ayah serta keluarga yang lain agar ibu semakin semangat dan tetap optimis.

    9. Sebelum terjadi kejadian bingung puting, hindari penggunaan dot dan empeng. Ibu bekerja sejak awal sudah mempersiapkan manajemen ASI Perah dan ayah, keluarga, atau pengasuh belajar cupfeeding dengan konselor laktasi.

    10. Susu formula bukan solusi pada kasus bayi bingung puting.

    11. Tetap percaya diri dan optimis, tanamkan satu hal yang penting bahwa Mama dan bayi pasti bisa melewati semua ini dengan indah.
Tetap semangat dan selamat menyusui ya, bunda.





semoga bermanfaat....
 
  #3  
Old
Fitria...
 
Location: Sukabumi
Posts: 354
 
Haii bunda, salam kenal.
Anak ku keina juga bingung puting dari umur dia 1 bulan.. sampai sekarang umur dia 6 bulan saya masih terus pumping di campur susu formula juga.. soalnya sekali pump saya cmn bsa dapet 80ml..
Repot ya rasa nya kalo harus pumping terus..
Usahakan dd nya coba suruh mimi lgsg (susah bgt emang)
 
Keina Talita Zahran
  #4  
Old
Baby I...
 
Posts: 7
 
halo bunda salam kenal..
anak ku ichan 2m jg semenjak ak tinggal kerja baru 2 hari sdh gak mau menyusu langsung kecuali pas malam kebangun karna haus, selebihnya lebih memilih dot daripada puting ibunya..
sedih jg bun rasanya..
jadi lebih sering pumping sama seperti bunda Fitria..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Aduuuh . . . Putingku kok bau bawang ya bunda??? -- Diskusi Umum 6
Bayi menggeliat dan menangis saat disusui -- Diskusi Umum 6
Kenali bayi bunda saat menangis -- Ngobrol Apa Saja 8
sering sakit perut saat saya menangis ataupun sedih :'( -- Ngobrol Apa Saja 0
putingku ga bisa di hisap anakku.. -- Diskusi Umum 16


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 01:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com