Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Yani19...   TS 
 
Posts: 98
Default Ini Tanda kehamilan paling lengkap!!!

Halo Baby Lovers,

Ini saya posting Ciri kehamilan yang menurut saya paling lengkap... Sila dibaca. Semoga bermanfaat. :-)

Proses Terjadinya Kehamilan

Tidak semua pasangan bisa langsung mendapatkan kehamilan. Pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah dan belum bisa mendapatkan kehamilan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja bercinta di waktu yang tidak tepat, rendahnya kualitas dari sel sperma dan ovum, terjangkiti virus, masalah kesehatan, obesitas dan mandul. Pasangan yang belum mendapatkan kehamilan meski sudah menikah bertahun – tahun sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui ada apa dengan diri mereka. Semakin cepat diketahui penyebabnya akan semakin baik.
Berikut ini proses terjadinya kehamilan pada perempuan :
Tahap 1
Saat masa subur, perempuan akan mengeluarkan sel telur yang siap dibuahi sperma. Masa itu disebut dengan ovulasi. Ovulasi ini merupakan saat yang tepat untuk terjadinya kehamilan. Bercinta setelah masa ovulasi tidak akan memberikan dampak apa-apa untuk rahim. Berikut ini tanda wanita dalam masa subur dan siap untuk proses pembuahan :
  • Suhu tubuh wanita meningkat.
  • Keluar lendir yang banyak namun encer dan berwarna putih bening.
  • Ovulasi akan terjadi hari ke-3 setelah menstruasi selesai sampai dengan hari ke-7 setelah menstruasi selesai. Masa menstruasi yang normal antara 8 sampai 14 hari.
  • Untuk wanita yang haidnya tidak lancar masa subur sulit untuk ditentukan.
Tahap 2
Sperma yang sehat akan berenang cepat menuju ke rahim untuk membuahi sel ovum yang telah dikeluarkan rahim. Sperma sehat memiliki gerak lincah.
Tahap 3
Setelah membuahi sel ovum, sperma dan ovum membentuk embrio dan akan menempel di dinding rahim. Oleh sebab itu kehamilan dengan usia yang masih muda akan terlihat seperti setitik darah atau segumpal darah.
Tahap 4
Saat sperma dan ovum bersatu, kehamilan akan bisa terjadi. Tentunya sperma yang membuahi ovum adalah sperma yang berisi kromosom sehingga kehamilan tidak hanya kosong semata. Sperma tanpa kromosom juga bisa menyebabkan hamil anggur.
Ciri-Ciri Kehamilan Dilihat Dari Perubahan Fisik

Wanita yang hamil akan mengalami perubahan fisik, entah wanita tersebut sadar atau tidak. Perubahan fisik itu akan semakin terasa ketika kehamilan usianya semakin bertambah.
Berikut ini ciri-ciri kehamilan pada wanita jika dilihat dari kondisi fisiknya :
1. Telat Mesntruasi
Tanda pertama jika wanita sedang hamil adalah wanita akan mengalami telat menstruasi. Bagi wanita yang telat menstruasi dan memiliki pola haid teratur bisa mudah untuk terdeteksi kehamilannya. Sedangkan jika wanita yang memiliki haid tidak teratur sulit untuk mendeteksi apakah dirinya hamil atau tidak. Sebab saat belum hamil pun wanita dengan haid tidak teratur, tidak pasti mendapatkan haid dalam setiap bulan.
Ada beberapa faktor selain kehamilan yang bisa menyebabkan wanita telat mengalami menstruasi :
  • Kelelahan akan membuat telat menstruasi.
  • Faktor pikiran dan tertekan bisa membuat seseorang telat menstruasi, terutama stress.
2. Timbulnya Flek
Flek berwarna cokelat atau merah segar yang jumlahnya sedikit bisa menjadi bukti bawah wanita sedang mengalami kehamilan. Penyebabnya adalah di dalam rahim wanita telah ada kantung janin. Kantung janin itu akan membuat rahim semakin membesar, pembesaran rahim bisa mengakibatkan timbulnya flek pada wanita.
Yang harus diketahui adalah flek ciri ciri orang hamil ini, berbeda dengan darah menstruasi. Berikut ini adalah ciri-ciri flek pada ibu hamil :
  • Flek tersebut jumlahnya sedikit. Bahkan hanya terlihat seperti titik kecil di celana dalam wanita.
  • Flek bercak darah saat hamil muda, hanya berlangsung selama tiga hari saja.
  • Tiga hari tersebut, jumlah flek yang keluar semakin sedikit dan berhenti. Sedangkan untuk darah menstruasi. Semakin hari darah yang keluar akan semakin banyak dan deras.
3. Bagian Tubuh Bengkak
Ada bagian tubuh tertentu wanita yang akan mengalami pembengkakan jika dia sedang hamil. Bagian tubuh tersebut adalah bagian lengan, paha dan juga pantat. Ketiga bagian tubuh tersebut bisa membengkak saat wanita mengalami kehamilan awal.
4. Puting Membesar
Wanita yang hamil akan mengalami perubahan pada putingnya. Hal itu dikarenakan hormonnya akan meningkat sehingga memicu pembesaran pada puting. Semakin besar usia kehamilannya, ukuran puting akan semakin membesar. Hingga pada saat melahirkan, air susu akan dikeluarkan dari puting tersebut. Puting yang membesar juga menjadi indikasi bahwa puting sedang bersiap-siap untuk memproduksi ASI.
5. Area Puting Menggelap
Area di sekitar puting juga akan semakin menggelap. Jika dulu sebelum hamil area sekitar puting berwarna cokelat, maka saat hamil area puting tersebut bisa berawarna cokelat tua. Penyebabnya adalah :
  • Hormon pada wanita hamil meningkat.
  • Hormon itu bisa berpengaruh pada perubahan organ tubuh wanita.
  • Selain itu hormon juga bisa mempengaruhi pigmen atau warna kulit pada bagian tertentu termasuk area puting.
6. Pigmen Leher Lebih Gelap
Wanita hamil akan memiliki pigmen leher yang gelap dan terkesan dekil. Hal itu disebabkan oleh hormon yang meningkat dan menyebabkan perubahan pigmen di area kulit leher.
7. Kulit Leher Terasa Kasar
Jika wanita meraba bagian kulit lehernya, kulit leher akan terasa lebih kasar.
8. Payudara Membesar
Bagian payudara adalah bagian paling menonjol ketika akan terjadi kehamilan. Jika wanita suka memperhatikan bagian tubuhnya, dia akan menemukan bahwa ukuran payudara akan membesar dibandingkan sebelumnya. Hormon bisa mempengaruhi ukuran payudara wanita hamil.
9. Payudara Sensitif
Ciri ciri orang hamil juga akan merasakan bagian payudara menjadi lebih sensitif. Payudara akan terasa nyeri dan juga kadang gatal. Jika bersentuhan dengan bra, akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.
10. Payudara Empuk dan Kenyal
Hormon akan membuat perubahan pada payudara. Hormon bisa membuat payudara wanita menjadi lebih empuk dan juga terasa kenyal.
11. Kram
Wanita yang hamil juga akan merasakan kram perut. Kram tersebut rasanya seperti kram sebelum wanita akan mendapatkan menstruasi. Kram terjadi di perut bagian bawah. Penyebabnya adalah kram tersebut dihasilkan atau disebabkan oleh penempelan embrio di dinding rahim. Embrio yang menempel pada dinding rahim akan menghasilkan kram perut.
12. Merasakan Mual
Wanita hamil akan merasakan mual pada saat pagi dan malam hari. Mual ini akan terus terjadi ketika kehamilan mencapai usia tiga bulan. Mual itu disebabkan oleh hormon HCG (Human Choironic Gonadhotropin) dan peningkatan dari asam lambung di dalam perut. Sulit mendeteksi kehamilan, jika wanita yang hamil tidak mual sama sekali. Kondisi mual ini bisa terjadi pada wanita hamil yang memiliki asam lambung dan penyakit lambung.
13. Muntah
Meskipun mual, ada wanita yang tidak muntah. Namun ada juga wanita mual disertai dengan muntah. Muntah bisa terjadi jika lambung wanita tidak menerima kehadiran makanan yang baru pertama kali di konsumsi. Misalnya saja terlalu amis, terlalu pedas dan makanan pemicu asam lambung.
Baca juga : perbedaan mual hamil atau maag
14. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Wanita yang hamil akan sering merasakan atau memiliki frekuensi buang air kecil lebih banyak dan sering dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini dikarenakan embrio di dalam rahim membutuhkan ruang yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Penyebabnya adalah rahim yang membesar akan menekan kandung kemih sehingga rasa untuk melakukan buang air kecil semakin besar dan sering.
15. Merasakan Anyang-Anyang
Wanita pada awal kehamilan ada yang merasakan anyang-anyang. Anyang-anyang itu adalah rasa ingin sering buang air kecil namun air kencing yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Hal itu akan hilang selama seminggu atau bisa sampai dua minggu. Jika lebih dari dua minggu lakukan pemeriksaan diri ke dokter, apakah ada indikasi infeksi saluran kemih.
16. Sering Lelah
Wanita hamil juga akan merasakan kelelahan. Tingkat kelelahan pada ibu hamil sangat tinggi. Ciri ciri orang hamil ini akan mudah merasa lelah meskipun hanya melakukan pekerjaan yang ringan. Perubahan fisik pada ibu hamil adalah penyebab wanita merasakan mudah lelah. Konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil untuk mencegah kelelahan ini.
17. Pingsan
Ada wanita hamil yang bisa sampai pingsan. Gangguan kehamilan ini dikarenakan wanita hamil tersebut memiliki tekanan darah yang rendah. Saat hamil pertama kali, wanita akan mengalami penurunan tekanan darah. Tekanan darah yang rendah bisa membuat wanita hamil pusing dan bisa pingsan sewaktu-waktu.
18. Lendir Berlebih
Saat wanita belum tahu kalau dirinya hamil, salah satunya bisa terlihat jika merasakan adanya lendir yang berlebih. Hal itu dikarenakan hormon yang meningkat bisa menghasilkan cairan lendir yang banyak. Lendir itu cairannya lebih kental dan juga berwarna putih susu.
19. Sembelit
Wanita hamil akan terkena sembelit. Penyebabnya adalah sebagai berikut ini :
  • Sembelit diakibatkan oleh hormon progesterone yang meningkat di dalam tubuh.
  • Hormon itu bisa membuat otot-otot rahim menjadi kendur.
  • Otot rahim yang kendur juga bisa mengendurkan otot di dinding usus.
  • Otot dinding usus yang kendur bisa menyebabkan ibu hamil akan mudah terkena sembelit.
20. Suhu Tubuh Meningkat
Ciri ciri orang hamil juga akan mengalami peningkatan suhu tubuh. Saat wanita merasakan sehat, coba rabalah kening dan leher, apakah terasa hangat? Jika wanita merasakan hangat pada bagian itu dan juga telapak tangan berasa hangat, bisa jadi wanita tersebut mengalami kehamilan.
21. Lemas
Ibu hamil juga akan merasakan lemas yang berlebihan. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika ibu hamil ingin tetap berada di atas kasur dan bermalas-malasan. Hal itu diakibatkan oleh rasa lemas yang dirasakan oleh ibu hamil. Hal tersebut adalah hal normal yang sering terjadi pada ibu hamil.
22. Pusing dan Sakit Kepala
Ibu hamil akan merasakan pusing dan sakit kepala, terutama saat bangun dari tempat tidur. Ibu hamil akan merasakan sekelilingnya berputar dan bergerak cepat. Penyebab pusing dan sakit kepala pada wanita hamil adalah sebagai berikut ini :
  • Aliran darah di dalam tubuh meningkat terutama aliran darah ke dalam rahim.
  • Aliran darah ke arah kepala dan otak semakin berkurang. Aliran darah yang sedikit bisa membuat sakit kepala menyerang ibu hamil.
  • Rahim yang membesar juga bisa menekan pembuluh darah sehingga sakit kepala juga akan muncul.
23. Perut Kembung
Wanita hamil juga akan merasakan perutnya kembung. Sehingga banyak wanita hamil yang tidak sadar jika dirinya hamil, dia merasakan bahwa dirinya sedang terkena masuk angin. Perut kembung itu bisa datang dan pergi begitu saja, perut kembung itu juga sering menimpa wanita di awal kehamilan.
Perut kembung bisa diakibatkan oleh angin, rasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Sebaiknya perut kembung jangan diatasi dengan kerokan. Kerokan adalah hal pantangan bagi wanita yang sedang hamil.
24. Pinggang Nyeri
Ibu hamil akan merasakan pinggangnya nyeri. Hal itu dikarenakan daerah pinggang akan semakin melebar seiring dengan melebarnya rahim.
25. Punggung Pegal
Perubahan bentuk rahim dan semakin melebar bisa membuat punggung pegal. Hal itu dikarenakan punggung menanggung beban yang berat yaitu rahim yang semakin membesar dan melebar. Semakin besar perut ibu hamil maka akan semakin berat pula beban punggung. Konsumsi kalsium dan susu secara teratur bisa menghindarkan ibu hamil dari pengeroposan tulang punggung.
26. Merasakan Gejala PMS
Wanita akan mengira jika dia akan terkena menstruasi dikarenakan wanita dengan awal kehamilan akan merasakan gejala-gejala PMS. Perubahan fisik dan mood juga akan menimpa wanita di awal kehamilan.
27. Sering Membuang Ludah
Wanita di awal kehamilan akan sering meludah. Hal itu dikarenakan perubahan hormon estrogen di dalam tubuh wanita hamil. Hormon akan memproduksi air ludah lebih banyak saat hamil. Wanita hamil akan merasakan tidak nyaman dengan ludahnya sendiri, oleh sebab itulah dia akan mudah membuang ludah. Membuang ludah juga akan dilakukan oleh ibu hamil jika dia melihat dan mencium sesuatu yang tidak dia suka.
28. Tanda Kehamilan Positif
Wanita akan sangat mudah dalam menemukan tes pendeteksi kehamilan. Hormon HCG dan plasenta yang mulai terbentuk di dalam rahim ibu bisa membuat alat pendeteksi kehamilan menunjukkan tanda positif. Tidak adanya hormon HCG di dalam rahim bisa membuat pendeteksi kehamilan bertanda negatif.
29. Perut Buncit
Ibu hamil yang tidak sadar jika dirinya hamil hingga usia kandungannya tiga bulan akan merasakan perubahan fisik berupa perut menjadi semakin buncit karena rahim membesar bersama janin.
30. Ada Kantung Janin
Saat wanita mengalami tanda-tanda kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan USG untuk melihat keadaan di dalam rahim. Jika wanita benar-benar hamil, di dalam rahim akan terlihat kantung janin yang mulai terbentuk. Untuk wanita yang tidak hamil, di dalam rahimnya tidak ada apa-apa.
31. Keberadaan Janin
Saat USG, dokter akan menemukan keberadaan janin di dalam kantung janin. Dokter sebaiknya curiga jika di dalam kantung janin tidak ada tanda-tanda munculnya janin. Jika tidak ada janin, dokter akan membuat hipotesa bahwa kehamilan yang dialami adalah kehamilan kosong dan tanpa janin (Blighted Ovum)
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Yani19...   TS 
 
Posts: 98
 
Sambungan ...

Ciri-Ciri Kehamilan Dilihat Dari Perubahan Non Fisik

Kehamilan tidak hanya ditandai dengan adanya perubahan fisik saja. Namun ada perubahan non fisik yang juga menjadi indikasi bahwa wanita tersebut sedang mengalami kehamilan. Tanda non fisik itu sering diabaikan oleh wanita itu sendiri, pihak suami pun juga banyak yang tidak tahu jika perubahan non fisik itu adalah tanda jika istrinya sedang hamil.
1. Mengidam
Mengidam adalah tanda paling sering dialami oleh wanita hamil. Sebanyak 70% wanita yang hamil muda akan merasakan mengidam. Hal-hal yang berhubungan dengan mengidam adalah sebagai berikut ini :
  • Wanita yang ngidam akan menginginkan memakan atau meminum sesuatu dan menekan pihak suami untuk bisa memenuhi apa yang diinginkannya.
  • Ngidam sering membuat suami stress dengan permintaan istrinya. Terutama jika makanan atau minuman yang diinginkan tergolong aneh dan susah untuk didapatkan ataupun makanan larangan ibu hamil.
  • Pihak wanita hamil akan merasa kesal jika keinginanya tidak dituruti.
  • Makanan yang diinginkannya akan terus membayangi selama makanan itu belum bisa dirasakannya.
  • Ngidam disebabkan oleh perubahan hormon yang ada di dalam tubuh ibu hamil.
  • Tidak semua ngidam adalah tanda-tanda hamil. Namun ngidam juga harus disertai dengan tanda kehamilan secara non fisik.
Ada berbagai jenis ngidam yang akan sering dialami oleh ibu hamil muda. Berikut ini jenis ngidam yang sering dialami ibu hamil dan memusingkan pihak suami :
  • Ibu hamil ingin merasakan buah yang belum waktunya. Misalnya saja ibu hamil ingin mengkonsumsi srikaya namun saat itu belum masanya buah srikaya. Suami pun akan bingung kemana harus mencarikan buah tersebut.
  • Ibu hamil menginginkan makanan yang aneh dan belum pernah dijumpai.
  • Ibu hamil menginginkan makanan yang tidak ada di daerahnya. Misalnya saja ibu hamil ingin saat itu juga memakan dodol rumput laut, namun dodol itu tidak bisa ditemui di daerahnya tersebut. Hal itu akan menyebabkan suami merasa kelabakan dan kebingungan.
2. Manja
Ibu hamil akan merasa lebih manja kepada suaminya. Dia ingin apa-apa dilayani suaminya. Jika sebelum hamil dia yang melayani suami mulai menyiapkan makanan dan menyiapkan berbagai macam keperluan suami. Saat hamil adalah kebalikannya.
3. Ingin Diperhatikan
Meskipun memang paling senang diperhatikan, namun juga merupakan ciri ciri orang hamil non fisik yang sering dirasakan. Ibu hamil selalu ingin berdekatan dengan suaminya dan selalu ingin diperhatikan. Ibu hamil ingin diperhatikan kapan waktunya minum susu, kapan waktunya minum obat. Jika suami tidak melakukannya, ibu hamil biasanya akan cemberut.
4. Protektif
Ibu hamil juga akan over protektif kepada suaminya. Misalnya saja ibu hamil akan menanyakan secara detail kenapa suaminya pulang terlambat, acara hari ini apa saja dan pulang jam berapa, pergi kemana saja dan sama siapa. Pihak suami harus dengan sabar menghadapi berbagai pertanyaan yang dilontarkan istrinya. Jangan sampai menjawabnya dengan bentakan dan gertakan. Satu bentakan saja bisa membuat ibu hamil drop dan tertekan, jika sudah begitu akan berpengaruh pada kesehatan ibu hamil.
5. Minta Aneh-Aneh
Ibu hamil akan bersikap aneh kepada suaminya. Misalnya saja, selama ini ibu hamil tidak pernah meminta makanan dari tangan suami sendiri. Tiba-tiba dia ingin memakan masakan hasil olahan suaminya. Ibu hamil juga tidak suka jika suaminya bau dan memakai baju tertentu.
6. Perasaan Sensitif
Ibu hamil akan memiliki perasaan yang lebih sensitif dibandingkan sebelum kehamilan. Misalnya saja jika suaminya mengatainya dengan perkataan yang menyinggung hatinya. Ibu hamil akan mudah menangis. Padahal perkataan itu untuk orang lain dan untuk suaminya tergolong biasa-biasa saja, namun bagi ibu hamil perkataan itu adalah kata yang sensitif untuknya.
7. Penciuman Sensitif
Ibu hamil juga akan memiliki indera penciuman yang sensitif. Ibu hamil biasanya tidak suka dengan bau yang menyengat indera penciumannya namun ada juga ibu hamil yang dengan tiba-tiba menyukai bau tertentu. Bau-bau yang tidak sukai ibu hamil biasanya adalah bau berikut ini :
  • Bau nasi yang baru masak
  • Asap rokok
  • Asap kendaraan
  • Bau bensin dan solar
  • Minyak wangi seseorang
  • Bumbu masakan terutama bawang putih.
  • Ibu hamil juga kadang bisa tidak menyukai bau keringatnya sendiri dan bau keringat suaminya.
8. Mudah Ngantuk
Tanda kehamilan non fisik lainnya adalah mudah mengantuk. Jika sebelum kehamilan ibu hamil selalu tidur di atas jam 10, namun saat kehamilan ibu hamil akan tidur lebih cepat dari sebelumnya.
9. Kondisi Mood yang Berubah-Ubah
Ibu hamil muda akan merasakan moodnya mudah berubah-ubah. Mudah sedih, mudah gembira, mudah kesal dan mudah menangis secara tiba-tiba. Perubahan mood itu bisa disebabkan oleh hal-hal yang sebenarnya sepele. Berikut ini hal sepele yang mempengaruhi mood wanita hamil :
  • Wanita hamil akan mudah kesal pada suaminya yang tidak menaruh pakaian tidak pada tempatnya.
  • Setelah kesal tiba-tiba mood ibu hamil berubah menjadi senang dan gembira karena hal sepele pula, misalnya melihat film kartun atau komedi yang membuatnya tertawa.
10. Emosional
Ibu hamil juga akan merasakan dirinya lebih emosional dibandingkan sebelumnya. Hal itu dikarenakan hormon yang meningkat. Faktor pemicu ibu hamil sering memiliki tekanan darah yang tinggi adalah karena diri ibu hamil tersebut lebih emosional saat hamil. Apa-apa bisa membuat ibu hamil mudah terseulut atau terpancing emosinya.
Manfaat alpukat untuk ibu hamil, telah dipercaya untuk mengatasi emosi karena perubahan emosi pada masa kehamilan.
11. Mudah Stress
Ibu hamil dengan kehamilan muda bisa mudah terkena stress, kegelisahan atau kekhawatiran yang berlebihan. Hal itu di picu oleh hormon yang tidak stabil di dalam tubuh ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil tidak boleh stress, stress hanya akan membuat ibu hamil merasakan depresi terhadap sumber stress yang tidak begitu jelas. Stress dan depresi akan berpengaruh kepada kondisi janin yang ada di dalam kandungannya.
12. Malas
Malas juga tanda non fisik yang biasanya menyerang ibu hamil. Ciri ciri orang hamil ini terlihat, jika sebelum kehamilan rajin melakukan sesuatu kemudian menjadi malas melakukannya. Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan rasa malas saat kehamilan muda :
  • Banyak faktor yang bisa menyebabkan wanita atau ibu hamil menjadi malas melakukan sesuatu.
  • Faktor itu diantaranya adalah faktor fisik.
  • Ibu hamil dengan fisik saat morning sickness akan malas bangun dari tidurnya karena merasakan pusing, mual dan muntah.
  • Ibu dengan fisik morning sickness akan malas melakukan aktivitas di dapur, sebab dapur adalah gudangnya bau yang bisa menyebabkan rasa mual semakin bertambah. Misalnya saja bau bumbu, bau nasi dan masih banyak lagi lainnya.
  • Meskipun sudah tidak mengalami morning sickness banyak ibu hamil yang tidak suka melakukan aktivitas seperti sebelum kehamilan, karena faktor hormon.
  • Banyak fakta ditemukan, ibu dengan hamil muda yang dulunya hobi masak, pada saat hamil menjadi tidak suka memegang alat-alat masak meskipun morning sickness sudah tidak ada lagi.
  • Ibu hamil akan malas dandan, malas nyisir rambut, malas mencuci dan masih banyak lagi lainnya.
  • Hal-hal itu disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubub ibu hamil.
13. Sering Merasa Lapar
Ibu di saat awal kehamilannya akan merasakan mudah lapar atau sering merasa lapar. Banyak ibu hamil muda yang merasakan nafsu makannya semakin bertambah dibandingkan sebelum kehamilan. Hal itu merupakan hal wajar yang akan dialami oleh ibu hamil muda.
Ibu hamil muda tanpa morning sickness akan merasakan nafsu makannya bertambah. Cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk ibu hamil sebagai camilan sehat.
14. Suka Makanan Tertentu
Ibu yang hamil muda biasanya hanya suka dengan makanan tertentu saja. Saat hamil muda biasanya ibu hamil ingin memakan makanan yang serba segar, misalnya saja makanan berkuah, asam dan banyak airnya. Buah-buahan seperti manfaat apel untuk ibu hamil adalah salah satu makanan yang sering menjadi favorit bagi ibu hamil muda.
15. Tidak Suka Melihat Sesuatu
Banyak hal aneh akan dialami oleh ibu yang hamil muda, orang di sekitarnya pun akan memakluminya. Salah satu hal aneh yang sering dialami oleh wanita hamil adalah tidak suka melihat sesuatu. Misalnya saja ibu hamil tidak suka mengkonsumsi mie instan, saat melihat bungkus dan kemasan mie instan dia ingin agar orang lain menyingkirkan bungkusan mie instan itu dari pandangan matanya.
Kebanyakan suami bingung dan kaget ketika tiba-tiba mengalami ciri ciri orang hamil ini. Rasa kesal pun juga sering ditunjukkan suami ketika istrinya mulai berubah akibat kehamilannya. Perubahan non fisik yang dialami oleh wanita tidak hanya melibatkan wanita itu sendiri saja, tapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya terutama pihak suami. Namun seharusnya para suami menjadi lebih bersabar. Termasuk dukungan dari keluarga sebagai cara menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga melahirkan.
 
  #3  
Old
nita f...
 
Location: Salatiga
Posts: 1,248
 
up
up
up
 
there is no greater blessing
than being called MOM
  #4  
Old
Lina07...
 
Posts: 46
 
Makasih infonyaaa bunn
 
  #5  
Old
Noerie...
 
Posts: 2
 
Maksih bun infonya, berharap segera hamil, 2hr yg lalu hb terakhir, sekarang PD mulai nyeri dan bengkak, semoga positif ya...
 
  #6  
Old
ade ch...
 
Posts: 20
 
Makasih bgt info na bund, sekarang ni q gi h2c bund, krna hampir semua tanda2 kehamilan tu q rsain.. tapi msh ragu soal na q jg bru habis minum obat cycloprogynova yang menurut dokter q c g ada kemungkinan hamil, tapi q percaya kalo Allah berkehendak kun fayakun.. mudah2n z q bnran hamil y bunda.. aamiin..
 
  #7  
Old
Yani19...   TS 
 
Posts: 98
 
Berbagi pengetahuan bunda gak ada ruginya kan...semoga bunda dapat tiket Hamil. Barakllah ya...
 
  #8  
Old
amina9...
 
Posts: 91
 
wah mu ngerasain semua....mudah mudahan ya
 
  #9  
Old
Yani19...   TS 
 
Posts: 98
 
Ini cuman kecenderungan atau symptom,,, gejala ini memperingatkan kepada kita sebagai calon bunda untuk memperhaikan perubahan-perubahan. karena dari Mrs V sampai rahim kita rentan dengan penyakit sehingga kalo betul sudah merasakan gejala2 seperti di atas kita-kita bunda harus sudah melakukan tindakan TP atau lansung ke medical Obgyn.

Semoga yang berharap dedek/momongan disegerakan Alllah Tuhan yang maha pengabul doa. Aminnn
 
  #10  
Old
Nyonya...
 
Posts: 2
 
Assalamu'alaikum..

Makasih atas infonya bunda, jadi skrg bisa lebih mudah tuk mengenali perubahan2 apa sj dalam diri kita..

Semoga yang menantikan tiket H dibulan akan disegerakan oleh Allah SWT, amin...
 
  #11  
Old
Fitri ...
 
Posts: 1
 
Assalamualaikun bunda salam kenal saya fitr...mau tanya bun sayakan hainya nanti tanggal 6 Desember..tpi bisa gak ya harini ini di tespeck ?mksh bun
 
  #12  
Old
Azfan ...
 
Posts: 254
 
Replying to: View Post
Ini cuman kecenderungan atau symptom,,, gejala ini memperingatkan kepada kita sebagai calon bunda untuk memperhaikan perubahan-perubahan. karena dari Mrs V sampai rahim kita rentan dengan penyakit sehingga kalo betul sudah merasakan gejala2 seperti di atas kita-kita bunda harus sudah melakukan tindakan TP atau lansung ke medical Obgyn.

Semoga yang berharap dedek/momongan disegerakan Alllah Tuhan yang maha pengabul doa. Aminnn
Aamiin yaRabb... aku sepertinya udah ngrasain tnda2 bund, tp msih bingung antra tnda mau haid atau hamil,,, mau TP takut kcewa sperti bulan lalu yg msih -
hpht aku 2 November, perasaan sering sedih nangis tiba2 krn merasa mau haid dan gk hamil lg kli ni
 
  #13  
Old
BundaI...
 
Posts: 2
 
Replying to: View Post
Sambungan ...

Ciri-Ciri Kehamilan Dilihat Dari Perubahan Non Fisik

Kehamilan tidak hanya ditandai dengan adanya perubahan fisik saja. Namun ada perubahan non fisik yang juga menjadi indikasi bahwa wanita tersebut sedang mengalami kehamilan. Tanda non fisik itu sering diabaikan oleh wanita itu sendiri, pihak suami pun juga banyak yang tidak tahu jika perubahan non fisik itu adalah tanda jika istrinya sedang hamil.
1. Mengidam
Mengidam adalah tanda paling sering dialami oleh wanita hamil. Sebanyak 70% wanita yang hamil muda akan merasakan mengidam. Hal-hal yang berhubungan dengan mengidam adalah sebagai berikut ini :
  • Wanita yang ngidam akan menginginkan memakan atau meminum sesuatu dan menekan pihak suami untuk bisa memenuhi apa yang diinginkannya.
  • Ngidam sering membuat suami stress dengan permintaan istrinya. Terutama jika makanan atau minuman yang diinginkan tergolong aneh dan susah untuk didapatkan ataupun makanan larangan ibu hamil.
  • Pihak wanita hamil akan merasa kesal jika keinginanya tidak dituruti.
  • Makanan yang diinginkannya akan terus membayangi selama makanan itu belum bisa dirasakannya.
  • Ngidam disebabkan oleh perubahan hormon yang ada di dalam tubuh ibu hamil.
  • Tidak semua ngidam adalah tanda-tanda hamil. Namun ngidam juga harus disertai dengan tanda kehamilan secara non fisik.
Ada berbagai jenis ngidam yang akan sering dialami oleh ibu hamil muda. Berikut ini jenis ngidam yang sering dialami ibu hamil dan memusingkan pihak suami :
  • Ibu hamil ingin merasakan buah yang belum waktunya. Misalnya saja ibu hamil ingin mengkonsumsi srikaya namun saat itu belum masanya buah srikaya. Suami pun akan bingung kemana harus mencarikan buah tersebut.
  • Ibu hamil menginginkan makanan yang aneh dan belum pernah dijumpai.
  • Ibu hamil menginginkan makanan yang tidak ada di daerahnya. Misalnya saja ibu hamil ingin saat itu juga memakan dodol rumput laut, namun dodol itu tidak bisa ditemui di daerahnya tersebut. Hal itu akan menyebabkan suami merasa kelabakan dan kebingungan.
2. Manja
Ibu hamil akan merasa lebih manja kepada suaminya. Dia ingin apa-apa dilayani suaminya. Jika sebelum hamil dia yang melayani suami mulai menyiapkan makanan dan menyiapkan berbagai macam keperluan suami. Saat hamil adalah kebalikannya.
3. Ingin Diperhatikan
Meskipun memang paling senang diperhatikan, namun juga merupakan ciri ciri orang hamil non fisik yang sering dirasakan. Ibu hamil selalu ingin berdekatan dengan suaminya dan selalu ingin diperhatikan. Ibu hamil ingin diperhatikan kapan waktunya minum susu, kapan waktunya minum obat. Jika suami tidak melakukannya, ibu hamil biasanya akan cemberut.
4. Protektif
Ibu hamil juga akan over protektif kepada suaminya. Misalnya saja ibu hamil akan menanyakan secara detail kenapa suaminya pulang terlambat, acara hari ini apa saja dan pulang jam berapa, pergi kemana saja dan sama siapa. Pihak suami harus dengan sabar menghadapi berbagai pertanyaan yang dilontarkan istrinya. Jangan sampai menjawabnya dengan bentakan dan gertakan. Satu bentakan saja bisa membuat ibu hamil drop dan tertekan, jika sudah begitu akan berpengaruh pada kesehatan ibu hamil.
5. Minta Aneh-Aneh
Ibu hamil akan bersikap aneh kepada suaminya. Misalnya saja, selama ini ibu hamil tidak pernah meminta makanan dari tangan suami sendiri. Tiba-tiba dia ingin memakan masakan hasil olahan suaminya. Ibu hamil juga tidak suka jika suaminya bau dan memakai baju tertentu.
6. Perasaan Sensitif
Ibu hamil akan memiliki perasaan yang lebih sensitif dibandingkan sebelum kehamilan. Misalnya saja jika suaminya mengatainya dengan perkataan yang menyinggung hatinya. Ibu hamil akan mudah menangis. Padahal perkataan itu untuk orang lain dan untuk suaminya tergolong biasa-biasa saja, namun bagi ibu hamil perkataan itu adalah kata yang sensitif untuknya.
7. Penciuman Sensitif
Ibu hamil juga akan memiliki indera penciuman yang sensitif. Ibu hamil biasanya tidak suka dengan bau yang menyengat indera penciumannya namun ada juga ibu hamil yang dengan tiba-tiba menyukai bau tertentu. Bau-bau yang tidak sukai ibu hamil biasanya adalah bau berikut ini :
  • Bau nasi yang baru masak
  • Asap rokok
  • Asap kendaraan
  • Bau bensin dan solar
  • Minyak wangi seseorang
  • Bumbu masakan terutama bawang putih.
  • Ibu hamil juga kadang bisa tidak menyukai bau keringatnya sendiri dan bau keringat suaminya.
8. Mudah Ngantuk
Tanda kehamilan non fisik lainnya adalah mudah mengantuk. Jika sebelum kehamilan ibu hamil selalu tidur di atas jam 10, namun saat kehamilan ibu hamil akan tidur lebih cepat dari sebelumnya.
9. Kondisi Mood yang Berubah-Ubah
Ibu hamil muda akan merasakan moodnya mudah berubah-ubah. Mudah sedih, mudah gembira, mudah kesal dan mudah menangis secara tiba-tiba. Perubahan mood itu bisa disebabkan oleh hal-hal yang sebenarnya sepele. Berikut ini hal sepele yang mempengaruhi mood wanita hamil :
  • Wanita hamil akan mudah kesal pada suaminya yang tidak menaruh pakaian tidak pada tempatnya.
  • Setelah kesal tiba-tiba mood ibu hamil berubah menjadi senang dan gembira karena hal sepele pula, misalnya melihat film kartun atau komedi yang membuatnya tertawa.
10. Emosional
Ibu hamil juga akan merasakan dirinya lebih emosional dibandingkan sebelumnya. Hal itu dikarenakan hormon yang meningkat. Faktor pemicu ibu hamil sering memiliki tekanan darah yang tinggi adalah karena diri ibu hamil tersebut lebih emosional saat hamil. Apa-apa bisa membuat ibu hamil mudah terseulut atau terpancing emosinya.
Manfaat alpukat untuk ibu hamil, telah dipercaya untuk mengatasi emosi karena perubahan emosi pada masa kehamilan.
11. Mudah Stress
Ibu hamil dengan kehamilan muda bisa mudah terkena stress, kegelisahan atau kekhawatiran yang berlebihan. Hal itu di picu oleh hormon yang tidak stabil di dalam tubuh ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil tidak boleh stress, stress hanya akan membuat ibu hamil merasakan depresi terhadap sumber stress yang tidak begitu jelas. Stress dan depresi akan berpengaruh kepada kondisi janin yang ada di dalam kandungannya.
12. Malas
Malas juga tanda non fisik yang biasanya menyerang ibu hamil. Ciri ciri orang hamil ini terlihat, jika sebelum kehamilan rajin melakukan sesuatu kemudian menjadi malas melakukannya. Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan rasa malas saat kehamilan muda :
  • Banyak faktor yang bisa menyebabkan wanita atau ibu hamil menjadi malas melakukan sesuatu.
  • Faktor itu diantaranya adalah faktor fisik.
  • Ibu hamil dengan fisik saat morning sickness akan malas bangun dari tidurnya karena merasakan pusing, mual dan muntah.
  • Ibu dengan fisik morning sickness akan malas melakukan aktivitas di dapur, sebab dapur adalah gudangnya bau yang bisa menyebabkan rasa mual semakin bertambah. Misalnya saja bau bumbu, bau nasi dan masih banyak lagi lainnya.
  • Meskipun sudah tidak mengalami morning sickness banyak ibu hamil yang tidak suka melakukan aktivitas seperti sebelum kehamilan, karena faktor hormon.
  • Banyak fakta ditemukan, ibu dengan hamil muda yang dulunya hobi masak, pada saat hamil menjadi tidak suka memegang alat-alat masak meskipun morning sickness sudah tidak ada lagi.
  • Ibu hamil akan malas dandan, malas nyisir rambut, malas mencuci dan masih banyak lagi lainnya.
  • Hal-hal itu disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubub ibu hamil.
13. Sering Merasa Lapar
Ibu di saat awal kehamilannya akan merasakan mudah lapar atau sering merasa lapar. Banyak ibu hamil muda yang merasakan nafsu makannya semakin bertambah dibandingkan sebelum kehamilan. Hal itu merupakan hal wajar yang akan dialami oleh ibu hamil muda.
Ibu hamil muda tanpa morning sickness akan merasakan nafsu makannya bertambah. Cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk ibu hamil sebagai camilan sehat.
14. Suka Makanan Tertentu
Ibu yang hamil muda biasanya hanya suka dengan makanan tertentu saja. Saat hamil muda biasanya ibu hamil ingin memakan makanan yang serba segar, misalnya saja makanan berkuah, asam dan banyak airnya. Buah-buahan seperti manfaat apel untuk ibu hamil adalah salah satu makanan yang sering menjadi favorit bagi ibu hamil muda.
15. Tidak Suka Melihat Sesuatu
Banyak hal aneh akan dialami oleh ibu yang hamil muda, orang di sekitarnya pun akan memakluminya. Salah satu hal aneh yang sering dialami oleh wanita hamil adalah tidak suka melihat sesuatu. Misalnya saja ibu hamil tidak suka mengkonsumsi mie instan, saat melihat bungkus dan kemasan mie instan dia ingin agar orang lain menyingkirkan bungkusan mie instan itu dari pandangan matanya.
Kebanyakan suami bingung dan kaget ketika tiba-tiba mengalami ciri ciri orang hamil ini. Rasa kesal pun juga sering ditunjukkan suami ketika istrinya mulai berubah akibat kehamilannya. Perubahan non fisik yang dialami oleh wanita tidak hanya melibatkan wanita itu sendiri saja, tapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya terutama pihak suami. Namun seharusnya para suami menjadi lebih bersabar. Termasuk dukungan dari keluarga sebagai cara menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga melahirkan.
assalamu'alaikum.. orang baru nih bun salam kenal ya
banyak tanda tanda yg aku rasain di atas, semoga aku hamil.. aamiin ..
tapi emg bisa ya, aku menikah 12 nov kmaren bun, eh tgl 13 nya haid, trus sampe tgl 16 des skrg belom haid harusnya styap haid selalu maju tanggalnya, kayanya sih dapet siklus yg 28hr ya.. kemungkinan bisa hamil gag yaa.. xixixixi..
mau TP tapi takut negativ dan kecewa ..
aku udh pusing, eneg, minta aneh2, nyium aneh2, pinggang belakang ngilu kaya mau dapet, perut bawah keram kaya mau dapet, payudara udh lembut dan makin gede, nafsu makan bertambah, tp udh 5hr ditunggu gag dapet2..
gimana menurut bunda2, aku udh memenuhi kriteria hamil belom bun,, xixixixixi
 
  #14  
Old
KiRizk...
 
Posts: 1
 
Hallo bunda2 semuanya..
Mohon bantuannya bunda, saya belum paham dgn hamil muda, tetapi beberapa dr tanda kehamilan yg di post sebagian saya rasakan.
Saya sdh telat haid -+ 20hari, gejala mau haid sdh dr mnggu lalu berasa keram diperut bagian bwh,
Dan sdh bbrp hari ini mual, terutama sehabis makan pasti slalu mual, seharian ini pipis terus, perut rasanya tdk enak (kyk laper tp agak perih). Saya blm coba TP nunggu bbrp hari jdwal tgl haid saya.
Apakah itu termasuk gejala hamil muda bunda?
 
  #15  
Old
Bunda ...
 
Posts: 14
 
Bunda.. Yg hpht ny 25nov sudah ngerasain ap saja... Sharing yuk bunda
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tempat jual perlengkapan hamil dan baby paling lengkap ni bunda -- Area Promosi 20
Paket Buku Panduan Lengkap Kehamilan Bidanku.com -- Area Promosi 1
tanda yg paling nampak kalo hamil sblm telat haid -- Diskusi Umum 34
tanda fisik awal kehamilan lengkap, tapi TP masih negative berharap hamil -- Diskusi Umum 70
berapa lama paling cepat tanda kehamilan bisa di rasakan setelah berhubugan -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:07.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com