Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #106  
Old
aruman...
 
Posts: 73
 

Haloo bundaa,,, aq bunarum
salam kenal yaa,,,
aq punya grup di bbm nih,, gabung yukk,,,sharing2,,,
namanya forum bunda,,,
7A4C6F23 invite ya bun,,, makasih
 
  #107  
Old
qoriah...   TS 
 
Posts: 50
 
Replying to: View Post
Hi bund, sekedar berbagi pengalaman, kemarin tgl 12 febuari saya baru saja lahiran anak ke 2 lewat proses SC,di Rs swasta kota bekasi,, saya sc karna anak pertama sc juga dan jarak 2 tahun,,memang yg di pakai obat generik, kalau menurut saya obatnya paten kok,, pagy Sc, keesokan pagy nya sudah bisa jalan,, dan kmarin di cover semua, hnya perawatan bayi saja yg bayar,karna blm ada bpjs nya..
Hay bunda salam keenal yaa aku jg dr bekasi
Memang obat dr bpjs obat generik.
 
  #108  
Old
cuanes...
 
Posts: 10
 
bunda invite pinku donggg 52B107A4
 
  #109  
Old
nurynu...
 
Posts: 59
 
Boleh ikutan sharing, kbtulan aku kerja di rs swasta yg menerima BPJS juga
Kalo berbicara aturan bpjs aturan yang sebenarnya begini bund
- semua peserta bpjs harus berobat ke faskes pertama terlebih dahulu, faskes bisa dipilih sndri sesuai kbutuhan pserta bisanya yg terdekat dei domisili pserta bisa puskesmas, klinik atau dokter pribadi (bukan rs)
- selama penyakit yang di derita dapat di tangani di faskes pertama, atau fasilitas yg dperlukan tersedia di faskes pertama maka proses pngobatan hanya bisa dilakukan di faskes pertama, tidak perlu di rujuk ke rs atau faskes yg lebih besar.
-pasien di rujuk ke rs atau ke faskes yg lebih besar ketika di faskes pertama pasien mmerlukan tindakan lbih lanjut yg tdk bisa dtangani di faskes pertama, misal harus ditangani oleh dokter spesialis. Jika kondisi pasien layak untuk dirujuk maka faskes pertama akan membuatkan surat rujukan untuk di bawa ke rs.
-untuk obat2an yg dijamin oleh bpjs hanya obat2an generik saja, selain itu tidak di tanggung. Jdi klo psrta bpjs mndptkan resep obat paten obat itu harus bayar sndiri, krn tdk semua obat2an ada versi generiknya
-untuk tindakan seperti sc atau operasi itu ditanggung semua asalkan memang sesuai dengan klinis (bukan atas permintaan sendiri), misal ada bunda yg pgn sc tapi tidak ada klinis yg mendukung maka tidak dijamin. Begitupun melahirkan normal kalo di faskes pertama ada fasilitasnya ya brarti cukup melahirkan disana.
- untuk keadaan gawat darurat peserta bisa langsung datang ke rs tanpa harus berobat ke faskes pertama terlebih dahulu (tidak perlu rujukan), tapi ada kriterianya bund kondisi2 seperti apa yg di anggap darurat misal demam di atas 39'

Yg aku sebutin di atas itu aturan BPJS yg sebenarnya.
pada kenyataanya dilapangan semua bisa dikondisikan tergantung faskes dan rs nya, krn masing2 faskes dan rs pun mempunyai management masing2. Perbedaan aturan antar daerah 1 dan lainya atau rs yg 1 dgn yg lainya wajar. . . Ada faskes yg bersedia memberikan rujukan secara cuma2 agar pserta bisa brobat ke rs walaupun sbenarnya msih bisa ditangani di faskes pertama (kalo ini lbih ke unsur bantu membantu ajalah). Di rs ku pun begitu banyak ngakalin aturan biar semua tindakan pasien bisa dijamin, krn kasian kalo pasien harus bayar pribadi. . . Hehehe

semoga bermanfaat yaa infonya
 
  #110  
Old
rwidya...
 
Location: palembang
Posts: 9
 
Hallo bunda, kalo pegawai kereta api kan sebelumnya pake jamkes, kalo skrg pindah otomatis ke bpjs ga atau musti di urus dulu?
 
  #111  
Old
nurynu...
 
Posts: 59
 
Replying to: View Post
Hallo bunda, kalo pegawai kereta api kan sebelumnya pake jamkes, kalo skrg pindah otomatis ke bpjs ga atau musti di urus dulu?
Jamkes nya apa bund? Asuransi kah? Atau jaminan perusahaan langsung?

Yang otomatis pindah ke bpjs itu Askes dan jamsostek, sama jaminan2 program pemerintah untuk keluarga tidak mampu seperti jamkesmas, jamkesda, gakin, atau KJS

diluar jaminan yg saya sbutkan barusan harus mendaftar dulu bund. . .
 
  #112  
Old
titi h...
 
Posts: 62
Unhappy kenapa sistemnya ruwet dan berbelit2?

Replying to: View Post
Hallo bunda , ada yg mau tanya" seputar BPJS boleh tanya disini
Kebetualan suami ku kerja di RS ngurus pasien yg pakai BPJS atau KJS
bunda.. mau nanya nich tolg djawab ya?
apa peserta bpjs itu gakbisa milih rumahsakit atopun yankes yglain?
karena dulu pas kontrol dpuskesmas ditanya sama bidanya. "mau lahiran dimana? sebaiknya dipikirkan mulai dari sekarang. karena ibu ada riwayat kista. biasanya keseringan kasus bayinya turunnya lama. ya untuk jaga2 aja klo ada ap2. klo drumahsakit kan langsung naik operasi.." bidan puskesmas itu juga yg nyaranin ikut bpjs.
tapi kenyataanya setelah ikut. q gakbisa milih rs. dokterku bilang gakbisa. bisanya hanya drumah sakit mardi waluyo(itu rs. negeri di daerahq). q dah ngotot pengen lahiran d rs aminah ato budi rahayu. tapi jawabnya tetep gakbisa. malah bilangnya klo ibu pengen lahiran d rs aminah ato budi rahayu ya silahkan pake uang sendiri. bayar sendiri.
padahal beberapa hari sebelumnya ponakanq opname d rs aminah. dsana juga layanin bpjs.
belum lagi q mengalami ketuban pecah dini diusia kehamilan 8bulan. q kebidan bpjsku minta langsung krumahsakit gak diijinin. alasanya prosedurnya begitu. dtunggu 24jam dulu. trus q dsuruh pulang. tapi 16jam berlalu belum ada tanda2 kelahiran. namun ketuban kluar terus. dan kondisiku makin lemas. smua kluarga panik. trus telpon dokterq sbg faskes1. tapi dynya lagi kluar kota. ijin langsung brangkat krs. gak diijinin. katanya harus kebidan bpjs yg dtunjuk dulu.pdhal rumahnya itu jauh kebarat sedangkan ke rs. arahnya ketimur. terpaksa wira wiri kebidan dulu. baru krumahsakit. jadi agak kecewa dg prosedurnya yg berbelit.
2. trus pertanyaan kedua. kenapa sistem pembayaran angsuranya ribet sekali?
pas q daftar bpjs mandiri. udah antri lama dikantor bpjs. dkasih kertas tertulis no.rekening. dsuruh ke bank buat transfer angsuran pertama. masih kluar kantor bpjs. muter2 nyari bank mandiri (suami rekeningnya bank mandiri)
q inisiatif drpada antri lama mending cari atm mandiri aja. tapi berkali2 qcoba transfer ditolak terus. saat itu q ikut yang kelas 3 yang angsurannya 25.500 rupiah.
akirnya terpaksa kebank mandiri yg jauh dr kantor bpjs dan mesti antri lama. abis itu masih harus ke kantor bpjs buat ngantar bukti transfer uang.
sampai beberapa bulan akirnya q bayar langsung lewat bank mandiri.
tapi bulan januari kemaren. q dan suami ke bank dan terpaksa ninggalin bayiku yg masih umur 2bulan. q antri lamaaaa banget. begitu sampai depan teller. jawabnya apa coba bund?
"maaf gakbisa melayani transfer langsung bpjs. sekarang bayarnya lewat atm.."
duch.. dongkolnya minta ampun bund. wong q dah berkali2 transfer atm loh dtolak karena transfernya 25.500 (dbawah 50.000). lah ini dibank ditolak juga malah suruh bayar ke atm. yg lebih dongkolnya lagi tuh satpam banknya kok yo diem aja cuma ngecekin q pas nulis kertas transfer.
karena saking kecewanya dengan pelayanan dan sistemnya bpjs yang ruwet akirnya q pulang aja.. gakjadi bayar bpjs sampai sekarang.
itu kebenarannya bagaimana bund??
 
  #113  
Old
Lina W...
 
Posts: 6
 
Bunda Qoriah, tolong d add ya pin aku 79CADC44, HPL aku 22 mei 2015, d tunggu invite nya, Makasih
 
  #114  
Old
Kartik...
 
Posts: 82
 
Hy bunda2,. Aq mau tanya sedikit neh seputar BPJS,.

Begini bun.. kmaren suami aq kan berniat transfer uang sebesar 500 rb rupiah untuk uang kuliah adek qu, eh ternyata karna dia buru2 dan lagi gk fokus, dia salah transfer ke BPJS qu.. padahal bulan ini sebelumnya aq sudah membayar BPJS qu.. jd ada kelebihan dana 500 rb.. yang dana salah transfer itu..

Menurut bunda2 yang mengerti itu gimana ya? Bisa di balikin atau diemin aja jd aq gk usah bayar 5-6 x mendatang??..

Mohon share nya yang mengerti

Thanks
 
  #115  
Old
dita m...
 
Posts: 84
 
Replying to: View Post
Pin bunda ajah yaa biar nanti aku invite satu"
Silakan disini
Bunda, tolng add pinku yaa 2B1268E7 .. mau tanya2 juga nih.. mkasih sbelumnya bun
 
  #116  
Old
itha k...
 
Posts: 37
 
Bunda reny, sama aq jua bpjsnya ikut perusahaan, sekarang jadi bingun mau urus kemana bpjs buat dedenya
 
  #117  
Old
jessic...
 
Posts: 1
 
Salam kenal yah bun
Aq mau tanya nih, katanya kalo kita pakai bpjs buat biaya persalinan di RS itu grtis tapi ko kmren temenku di oprasi cesar masih suruh bayar setengah nya yaahhh?? Hemmm... jd bingung, kebetulan bulan dpan aq jga mau di oprasi cesar karna tdk bisa melahirkan normal :'(
 
  #118  
Old
garnis...
 
Posts: 1
 
bun, lokasi kantor suami saya di cikarang, tp saya ingin melahirkan di tangerang krn dekat dg orang tua saya, klo melahirkan sc-nya pke bpjs bs gak ya bun? trs pelayananya bagus gak ya pake bpjs makasih ya bun
 
  #119  
Old
wega a...
 
Posts: 44
 
Bunda mw tnya bpjs aq uda 11 bln ga d byar klo aq byar kena denda ga trus bisa d pake lagi ga mhon d jelasin y bunda terimakasih
 
  #120  
Old
fenny ...
 
Location: Sidoarjo
Posts: 411
 
Replying to: View Post
Hy bunda2,. Aq mau tanya sedikit neh seputar BPJS,.

Begini bun.. kmaren suami aq kan berniat transfer uang sebesar 500 rb rupiah untuk uang kuliah adek qu, eh ternyata karna dia buru2 dan lagi gk fokus, dia salah transfer ke BPJS qu.. padahal bulan ini sebelumnya aq sudah membayar BPJS qu.. jd ada kelebihan dana 500 rb.. yang dana salah transfer itu..

Menurut bunda2 yang mengerti itu gimana ya? Bisa di balikin atau diemin aja jd aq gk usah bayar 5-6 x mendatang??..

Mohon share nya yang mengerti

Thanks
menurut pengalaman gk bisa ditarik bun uang 500rb itu ( No Refund ) namun uang tsb u/membayar BPJS bunda selanjutnya mis : iurannya 59.500 ya b'arti selama 8bln gak perlu bayar gt bun.

---------- Post added at 15:49 ---------- Previous post was at 15:37 ----------

@bunda Qoariyah : syarat untuk mengikutkan baby sblm lahir gmn yach ? trs yang buat ak worry ini kan slma ini ak cek di RSIA yg gak dicover BPJS, wkt konsultasi ke dokternya dia kasih jwban yg bikin ragu2 juga sih mau SC byr sndri / memanfaatkan BPJS yg free...kata dokternya blg kalo psalinan yg ditanggung BPJS itu obatnya generik Nah tktnya penanganannya setelah SC itu kita gak tau dg obat generik yg diberikan itu...spt luka sembuh lebih lama / pas SC krg bersih dll jadi ngeri dech bun dengernya...apakah memang penanganan u/ kasus SC kalo pake BPJS demikian ?
 
Prayer is a key to success
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Mau Tanya seputar kehamilan -- Diskusi Umum 2
tanya seputar testpack -- Ngobrol Apa Saja 4
mau tanya seputar sex -- Ngobrol Apa Saja 0
bun mau tanya seputar baby??? -- Ngobrol Apa Saja 6
Tanya Tentang Klinik Fakhira dan BPJS -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:17.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com