Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
dyanaa...   TS 
 
Posts: 6
Unhappy bayi berlidah pendek :(

Bundsay ..
Mau tanyaaa ..
Baby qw Dari lahir sampe sekarang umur 4 bulan gak pernah ngeluarin lidah , gak pernah melet2 ..
Mamah Ku bilang takutnyaa lidah bayi Ku pendek ..
Masalahnya Dari lahir anaak ku gak mau asi ..
Kalo dikasih payudara anaak Ku nangis .. kalo nete pun berasa di PD pun coma dijilat2 ..
Akhirnyaa dikasih SUFOR dibotol ..
Dikasih botol Diaaa mau , tapii selalu keselek .. padahal posisinyaa udah Bener , kepala lebih tinggi ..
Sampe2 gara2 sering keselek nya anak aku kena penyakit radang paru-paru
Tolong bund solusinyaaa .. ;(
 
  #2  
Old
ummu r...
 
Posts: 1,736
 
konsul ke dsa bund..
 
Rabbi Habli Minassholihiin..Sehatkan, Kuatkan dan Lindungilah Kami ya Alloh.. Jadikanlah Kami Golongan Orang yang Bersyukur..Aamiin
  #3  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Dibawa ke dsa saja bun. Sepertinya kok serius sekali kondisinya ya. Smg lekas mendapatkan penanganan ya bun.
 
  #4  
Old
Bunda ...
 
Location: Padalarang Bandung Barat
Posts: 245
 
Semoga lekas sembun bund dede bayinya
 
  #5  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Dibawa ke dsa saja bun. Sepertinya kok serius sekali kondisinya ya. Smg lekas mendapatkan penanganan ya bun.
 
  #6  
Old
adisti...
 
Location: Yg ptg Happy
Posts: 1,946
 
Tongue-tie atau tali lidah pendek adalah kelainan bawaan yang terjadi pada pita lidah atau tali jaringan ikat yang menghubungkan dasar lidah dengan ujung lidah bagian bawah. Tali ini dapat tebal dan kurang elastis ataupun tipis dan elastis. Bila tali lidah pendek dapat menyebabkan lidah berbentuk seperti jantung pada saat dijulurkan.

Tongue-tie terjadi pada 0,02%-4,8% anak, lebih sering mengenai anak laki-laki daripada perempuan. Tongue-tie dapat merupakan bagian dari kumpulan kelainan bawaan atau berdiri sendiri. Sebagian besar tongue-tie merupakan kelainan yang berdiri sendiri.

Tongue-tie telah lama menjadi perdebatan di dunia kedokteran. Pada sebagian besar anak, tongue-tie ini tidak menyebabkan gangguan apapun, akan tetapi pada sebagian kecil lainnya dapat menyebabkan kesulitan dalam menyusu, artikulasi (ucapan jelas) kata-kata dan tugas mekanis lainnya.

Gangguan yang disebabkan oleh tongue-tie antara lain dalam hal:
Menyusui
Beberapa laporan kasus menyatakan bahwa tongue-tie menyebabkan kesulitan dalam menyusu. Tongue-tie menyebabkan mulut bayi tidak dapat menempel dengan baik pada puting susu sehingga kemampuan menghisap susu kurang.

Akibatnya, kenaikan berat badan yang dicapai tidak maksimal. Dan ibu sering mengeluh puting payudaranya menjadi lecet sehingga ibu sering mengambil keputusan untuk segera menghentikan menyusui anaknya dan mengganti dengan susu formula.

Bicara
Efek tongue-tie pada bicara masih menjadi perdebatan dalam dunia kedokteran. Sering kali orang tua menghubungkan keterlambatan bicara anaknya dengan tongue-tie. Padahal tongue-tie tidak menyebabkan keterlambatan bicara.

Anak dengan tongue-tie memiliki perkembangan bicara yang normal seperti anak lain yang tidak memiliki tongue-tie. Namun beberapa literatur menyatakan bahwa tongue-tie dapat menyebabkan kesalahan artikulasi kata-kata, terutama pada huruf-huruf yang membutuhkan gerakan lidah ke atas seperti pengucapan huruf R dan L. Derajat keparahan kesalahan artikulasi ini bervariasi, dapat sangat jelas atau bahkan sama sekali tidak terdengar.

Mekanis
Lidah juga berperan dalam membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Tongue-tie dapat menyebabkan kemampuan lidah untuk membersihkan gigi berkurang karena gerak yang terbatas. Tongue-tie ini juga dapat menyebabkan jarak antar gigi menjadi renggang karena tekanan mekanis lidah sehingga gigi anak menjadi jarang dan tak rapi.

Apakah Tongue-tie dapat Disembuhkan?
Apa yang harus dilakukan kalau anak menderita tongue-tie? Ini salah satu kelainan yang mudah dikoreksi dengan tindakan bedah. Tindakan bedah yang dilakukan tergolong sangat ringan. Yaitu dengan cara membebaskan tali jaringan ikat itu sendiri.

Pada bayi yang masih sangat muda tidak perlu pembiusan. Sedangkan pada anak usia lebih dari satu tahun harus dilakukan pembiusan.

Terdapat dua macam tindakan bedah pada tongue-tie ini yaitu frenotomy dan frenuloplasty. Pada frenotomy hanya dilakukan pemotongan tali jaringan ikat. Sedangkan pada frenuloplasty dilakukan pembebasan tali jaringan ikat secara keseluruhan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa tindakan bedah pada tongue-tie ini sangat bermanfaat.

Kapan Perlu Dilakukan Tindakan Bedah untuk Koreksi Tongue-tie?
Tindakan bedah untuk mengkoreksi tongue-tie dapat dipertimbangkan pada bayi yang mengalami kesulitan dalam menyusu dan anak dengan gangguan artikulasi kata-kata. Kesulitan dalam menyusu ditandai dengan luka pada puting payudara ibu dan kenaikan berat badan anak yang tidak normal.

Orang tua yang memiliki anak usia kurang dari 1 tahun dengan tongue-tie perlu berkonsultasi dengan dokter anak mengenai kemungkinan efek jangka panjang tongue-tie sehingga mereka dapat menentukan tindakan apa yang akan dilakukan.

Yang Harus Dilakukan Bila Anak Menderita Tongue-tie Adalah:

Konsultasikan dahulu dengan dokter anak Anda, apakah tongue-tie anak Anda telah menyebabkan gangguan atau tidak
Tanyakakan perlu tidaknya dilakukan tindakan bedah
Jika anak menderita tongue-tie sekaligus perkembangan bicara terlambat, Anda perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter anak untuk mencari penyebab keterlambatan bicara sekaligus upaya penanggulangannya, sebab tongue-tie tidak menyebabkan keterlambatan bicara.
 
“Lihatlah orang yang dibawahmu dan jangan lihat orang yang diatasmu, hal itu lebih baik sehingga engkau tidak menyepelekan nikmat Allah.” (HR Muslim)
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
resiko kehamilan interval pendek -- Diskusi Umum 0
Orgasme pendek dan panjang -- Ngobrol Apa Saja 0
siklus haid pendek -- Ngobrol Apa Saja 1
Ukuran serviks pendek -- Diskusi Umum 1
penis pendek dan kemandulan -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:25.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com