Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
sari75...   TS 
 
Posts: 222
Post Ttg Inseminasi

Copas dari dr ivan sini:

Salah satu upaya pasangan dalam meningkatkan angka keberhasilan kehamilan adalah dengan upaya INSEMINASI INTRA UTERINA. Upaya ini merupakan teknik yang sederhana yang dengan mudah dapat dilakukan pada siklus haid wanita terutama pada masa subur. Indikasi utama untuk program inseminasi ini adalah :

*

•* Masalahspermaringan (oligo/astheno/teratozoospermiaringan)
•* Masalahkekentalanmulutrahim
•* Masalahdisfungsiseksual
•* Masalahpasangandenganjarakjauh
•* Masalahkegagalanterapipenyuburberulang
•* Unexplained Infertility

Syarat untuk inseminasi ini adalah minimal jumlah sperma prewashed 10 juta/cc, salah satu saluran telur minimal harus terbuka (patent). Inseminasi ini umumnya dimulai dengan proses pematangan sel telur dengan pemberian obat baik minum maupun suntikan hormon. Tujuannya adalah siklus dengan jumlah dan ukuran yang lebih dari biasanya perbulan.

Protokol umumnya bervariasi diantara klinisi dan kondisimedis. Pemantauan telur umumnya dilakukan melalui USG transvaginal. Kadang-kadang tes hormone untuk menentukan kematangan telur perlu dilakukan Pada saat telur telah mencapai ukuran yang ideal dan dinding selaput rahim juga telah mencapai tebal yang cukup, pasien akan diminta untuk melakukan penyuntikan obat pemecah telur.

Dua hari setelah itu inseminasi akan dilakukan. Sebagai opsi tambahan inseminasi dapat diulangi sebanyak 2x dalam masa subur. Ini tergantung pada kondisi klinis. Umumnya proses ini hanya meningkatkan angka keberhasilan sedikit sehingga ini bukan merupakan hal yang rutin dilakukan.

Saat inseminasi suami akan diminta untuk memberikan sampel sperma yang umumnya melalui proses masturbasi pada pagi hari. Sperma akan dicuci dengan proses sentifugasi selama beberapa jam. Setelah siap sperma akan dimasukkan ke dalam kateter untuk dipindahkan kedalam rongga rahim. Proses ini umumnya tidak memakan waktu yang lama dan tidak terlalu sulit.

Kendala yang umumnya terjadia dalah akses kateter yang terkadang sempit. Setelah dimasukkan pasien akan diminta untuk terlentang selama 15 menit dan diperbolehkan pulang. Angka keberhasilan inseminasi sangat bervariasi terutama tergantung usia wanita dan jumlah sperma yang tersedia paska sentrifugasi. Angka ini berkisar sekitar 5-15%. Angka ini akan meningkat dengan pengulangan siklus. Angka kumulatif akan berkisar sekitar 40% setelah 3 kali pengulangan.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Khasan...
 
Posts: 18
 
klu py kista bs kah dg insem bun.....
 
  #3  
Old
selvia...
 
Location: Jakarta Selatan
Posts: 10
 
Bunda Khasan...walaupun punya kista ga pake insem juga bisa kok bun...
banyak yg kejadian orang hamil tapi punya kista ttp lancar kehamilannya
 
  #4  
Old
Khasan...
 
Posts: 18
 
Iya bunda selvi, emang byk yg bs hamil dg kista
kdng aq jd kepikiran sendiri dg kistaku, alias parno sendiri.
aq udh mnm rebusan sirsak n habatusaudah berharap kista hilang berganti kehamilan
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
inseminasi -- Diskusi Umum 0
Inseminasi -- Ngobrol Apa Saja 16
inseminasi -- Diskusi Umum 4
inseminasi -- Diskusi Umum 16
inseminasi -- Diskusi Umum 12


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:27.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com