Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
septi8...   TS 
 
Location: Bogor
Posts: 59
Default obat jerawat yang aman untuk bumil....

Siang bunda2....

aku slma kehamilan ni bermasalah ma wajah aku ni, wajah aku jd berjerawat, jd jelek dh bun , pngn pk obat jerawat tp tkt kandungan'y yg bahayain janin ak, bingung bun ngatasin jerawatnya, pdhl aku rajin tuk cuci muka, gmn ya bun ngatasin jerawatnya?


thnks,
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Nathan...
 
Location: Bali
Posts: 4,457
 
Setahuku sh bun kandungan obt jerawat emg keras bun, dan bhya bt bumil.
Jerawat pd bumil kn emg karna hormon bun, jd ya sabar aja, nti stelah lahiran bru dch perawatan,
aq sh muka gatel2 gt bun, pkd bedak tmbh gatel tp ya udah paling cuci muka aj, ama d koMpRes pke air dingin,
emg rada kusem bun, tp kt suamiku tetep cAntik kq.
 
  #3  
Old
monik...
 
Posts: 98
 
Coba cara alami aja bund.. Di olesin pake jeruk nipis.. Barangkali bisa.. Emang itu cm pngaruh hormon aja bund.. Kakak ku jg gt.. Wkt hamil jerawatan, smpe gede2 gt.. Tp di diemin aja.. G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ boleh pake obat yg mngandung bahan kimia soalnya.. Bahaya buat janin..
Katanya sih kl wkt hamil jerawatan, anaknya laki-laki.. Terbukti di kakak ku sih..
 
  #4  
Old
Frida ...
 
Location: Banjarmasin, Tasikmalaya
Posts: 426
 
dari cusson ada kok sabun khusus buat bumil yg mengandung vit e. Jerawatnya cpet kering, ke kulit juga halus ga kering.
 
  #5  
Old
Chandr...
 
Posts: 12
 
waduh... aq pake obat jerawat kemarin bunda2.. gmn y? soalny kmrn mpe keliatan gede2 gitu, mpe jijik ngeliatnya. hiks bahaya g ya? terus klo pke krim2 perawatan jg g boleh donk bun?

Mohon sekali infonyaaa ya. terima kasih
 
  #6  
Old
woroar...
 
Posts: 97
 
bunda.. ini semoga bisa jadi informasi buat bunda yang hamil dan bisa tetap cantik yaaa...

Merawat Kulit Saat Hamil

Hamil bukan alasan untuk berhenti merawat kesehatan kulit. Banyak urban Mama yang ketika hamil yang berhenti menggunakan kosmetik karena khawatir akan efek buruk terhadap janin yang dikandungnya. Padahal ketika hamil terjadi perubahan hormon yang akan menimbulkan masalah kulit pada beberapa ibu hamil. Oleh karena itu pemilihan kosmetik yang tepat harus dilakukan, sehingga kecantikan dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Kosmetik terbagi menjadi dua, yang pertama adalah kosmetik dekoratif atau biasa kita kenal dengan make up, seperti bedak, perona bibir, perona pipi, dan lain-lain. Kemudian berikutnya adalah kosmetik skin care, seperti susu pembersih, sabun wajah, penyegar, pelembab, dan tabir surya. Pada kosmetik, walaupun hanya dioleskan di permukaan kulit, seringkali diberikan zat aktif yang dapat masuk ke dalam kulit dan sedikit banyak beredar ke pembuluh darah. Bahan aktif inilah yang harus kita perhatikan, karena beberapa zat aktif tersebut dapat mempengaruhi janin.

Sejauh ini peredaran kosmetik di Indonesia diawasi oleh badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan), atau FDA (Food and Drug Administration) di U.S, dan badan pengawas lain yang berbeda setiap negara. Setiap kosmetik yang terdaftar dalam badan pengawas tersebut relatif aman digunakan oleh ibu hamil. Kecuali apabila terdapat perusahaan kosmetik yang “nakal”, artinya kandungan yang didaftarkan ke badan pengawas tidak sesuai dengan kandungan yang beredar di pasaran. Jadi kita harus jeli melihat kandungan bahan aktif yang terdapat di setiap kosmetik.

Hiperpigmentasi (Melasma / Chloasma)
Merupakan pencoklatan kulit, biasa timbul pada wajah dan leher sebagian besar ibu hamil akibat hormon estrogen yang fluktuatif, kemudian pencoklatan diperberat oleh paparan sinar matahari. Keadaan ini akan spontan hilang setelah melahirkan.

Yang dihindari :
Mercury merupakan produk pemutih yang harus dihindari bahkan saat tidak hamil sekalipun, karena menyebabkan kerusakan syaraf permanen dan gangguan perkembangan janin. Walaupun peredaran mercury telah dilarang, tapi sebaiknya kita waspada dengan kosmetik yang tidak terdaftar badan pengawas dan tidak jelas produsennya.
Soy biasa terdapat pada produk pelembab dan sabun. Soy atau kedelai merupakan fitoesterogen yang dapat memperberat efek hitam pada ibu hamil
PABA merupakan singkatan dari Para Amino Benzoic Acid yang terdapat pada beberapa sunblock, bahan ini dapat menyerap sinar ultraviolet sehingga meyebabkan pencoklatan kulit. PABA sangat disukai oleh orang yang ingin mendapatkan efek tanning dari sinar matahari.
Benzophenone-3 (Oxybenzone) juga terdapat pada beberapa sunblock dan memiliki aktivitas seperti hormon estrogen, sehingga dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon.
Hydroquinone merupakan bahan pemutih yang sebaiknya dihindari, karena mengingat pencoklatan yang timbul pada ibu hamil bersifat sementara (akan spontan hilang setelah melahirkan).Selain itu hydroquinone memiliki efek samping kemerahan hingga bercak hitam.

Yang dapat digunakan :
Titanium dioxide / Zinc oxide merupakan bahan aktif pada beberapa sunblock yang berfungsi memantulkan sinar. Pemakaian sunblock (tabir surya) sebaiknya selalu dilakukan terutama bagi kita yang tinggal di daerah tropis, di mana sinar matahari menyinari tegak lurus ke arah kita. Pemakaian tabir surya secara rutin membantu mencegah timbulnya pencoklatan kulit.
Licorice Extract memiliki bahan aktif untuk mencerahkan kulit dengan mengahambat produksi pigmen melanin, yaitu pigmen yang menyebabkan pencoklatan kulit. Licorice extract aman digunakan pada ibu hamil
Serum vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas salah satunya didapat dari paparan sinar matahari yang membuat kulit menjadi kusam.
AHA (Glycolic Acid, Lactic Acid) dapat berfungsi sebagai pencerah kulit, dan dalam konsentrasi rendah berfungsi sebagai pelembab.

Jerawat (Acne)
Banyak ibu hamil yang mengalami masalah jerawat pada trimester akhir karena perubahan hormon estrogen. Pemberian salep antibiotik topikal yang aman dapat dipertimbangkan. Sebaiknya untuk pemberian antibiotik, konsulkan dengan dokter anda. Mengingat timbulnya jerawat pada ibu hamil merupakan maslah hormonal, maka pengobatan yang paling baik adalah keseimbangan diet, seperti perbanyak konsumsi air putih, buah dan sayur, dan tidak kalah pentingnya pengendalian stress.

Yang dihindari :
Salicylic Acid (BHA) biasanya terdapat dalam produk anti jerawat, dapat berupa krim bahkan sabun. Walaupun pemakaian dalam konsentrasi kurang dari 2% dikategorikan aman, tapi sebaiknya pilihlah obat jerawat yang benar-benar kategori aman untuk ibu hamil.
Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang fungsinya untuk mempercepat pergantian (regenerasi) sel. Penggunaan retinoid dapat menyebabkan cacat pada janin.
Benzoil Peroxyde dapat diserap melalui kulit sekitar 5% pada pemberian topikal (oles). Belum ada penelitian tentang cacat janin pada penggunaan benzoil peroxyde pada manusia, sehingga risiko belum diketahui.

Yang dapat digunakan :
Sulfur sejauh ini dalam pemberiannya pada kulit yang berjerawat tidak menunjukkan adanya efek terhadap janin.
Resorcinol sebenarnya dapat diserap oleh kulit, tetapi sejauh ini tidak dilaporkan adanya defek pada janin pada ibu hamil yang menggunakan resorcinol.

Kulit kering (Xerosis)
Kurangnya intake cairan pada ibu hamil dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan sering menimbulkan rasa gatal,terutama di daerah perut. Peregangan kulit pada perut dapat menyebabkan stretchmark. Stretchmark terjadi akibat robeknya lapisan kulit bagian bawah yang tidak elastis akibat pembesaran perut. Hal ini dapat dicegah dengan pemberian pelembab sehingga elastisitas kulit terjaga. Banyak anti-Stretchmark untuk ibu hamil yang dijual di pasaran. Tetapi sebenarnya semua pelembab dengan kandungan moisturizer tinggi dapat digunakan untuk membantu mencegah timbulnya stretchmark. Pada umumnya setiap pelembab yang beredar di pasaran dan terdaftar badan pengawas aman untuk digunakanoleh ibu hamil.

Make up
Plihlah produsen kosmetik yang jelas dan terpercaya. Zat pewarna make up yang dilarang salah satunya adalah Rhodamin yang menghasilkan warna merah mencolok. Rhodamin merupakan zat pewarna tekstil yang dapat menyebabkan kanker kulit hingga kecacatan pada janin yang dikandung ibu.

semoga membantu bunda...
 
  #7  
Old
LaylaP...
 
Posts: 341
 
Replying to: View Post
Coba cara alami aja bund.. Di olesin pake jeruk nipis.. Barangkali bisa.. Emang itu cm pngaruh hormon aja bund.. Kakak ku jg gt.. Wkt hamil jerawatan, smpe gede2 gt.. Tp di diemin aja.. G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ boleh pake obat yg mngandung bahan kimia soalnya.. Bahaya buat janin..
Katanya sih kl wkt hamil jerawatan, anaknya laki-laki.. Terbukti di kakak ku sih..
saya juga pake jeruk nipis bun, alhamdulillah cepat kering tapi ya balik lagi jerawatnya, namanya jg hormon lagi hamil
 
  #8  
Old
titin ...
 
Location: ciamis
Posts: 1
 
Replying to: View Post
dari cusson ada kok sabun khusus buat bumil yg mengandung vit e. Jerawatnya cpet kering, ke kulit juga halus ga kering.
hallo bunda,,
bentuknya seprti ap ya bun,aku tnya tmen2 dcnie ko gk ad yg tau ya!?
 
  #9  
Old
PiaPia...
 
Posts: 36
 
bund.. pakai cara alami aja bund.. aku selama hamil kalau jerawatan pakai bawang putih..

pakainya sebelum tidur bund setelah cuci muka, bawang putih diiris tipis terus ditempelin di jerawat yang meradang atau calon jerawat. tunggu sampai 10-15 menit sampe minyak bawang putihnya keluar, terus copot bund n jang cuci muka lagi, dibawa tidur aja.. besoknya insyallah jerawat yang meradang kering n calon jerawat ilang..

jangan dibawa tidur ya bund.. klo dibawa tidur nanti jadinya item bund.. semoga berhasil ya bund..
 
  #10  
Old
WulanA...
 
Posts: 7
 
Replying to: View Post
bund.. pakai cara alami aja bund.. aku selama hamil kalau jerawatan pakai bawang putih..

pakainya sebelum tidur bund setelah cuci muka, bawang putih diiris tipis terus ditempelin di jerawat yang meradang atau calon jerawat. tunggu sampai 10-15 menit sampe minyak bawang putihnya keluar, terus copot bund n jang cuci muka lagi, dibawa tidur aja.. besoknya insyallah jerawat yang meradang kering n calon jerawat ilang..

jangan dibawa tidur ya bund.. klo dibawa tidur nanti jadinya item bund.. semoga berhasil ya bund..
Efeknya emang panas yah bund ? tadi aku coba tapi kok panas banget ....
 
  #11  
Old
Ummyyu...
 
Posts: 42
 
pake nano spray aja bund aman untuk bumil dan busui karna cuma pake air oksigenayah bunda dan buah hati: KOSMETIK AMAN UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI
 
  #12  
Old
milana...
 
Posts: 122
 
coba makanan yg goreng2an dihindari dl bunda. kmrn wkt kehamilan 1-3 bulan mukaku penuh dengan jerawat dan muka berminyak banget, trs kata nyokap disuruh ngurangi makanan berlemak dan berminyak, alhamdulillah skrg jerawatnya udah hilang. jgn pake apa2 bunda, soalnya hormon hamil sih ya
 
  #13  
Old
mettaa...
 
Posts: 1
 
Bun.. Aku termasuk perempuan yg rutin pakek perawatan dr.kulit
Tp bgtu aku tau aku hamil, aku stop semua perawatan dokternya trmasuk krim2 wajahnya.alhasil mukaku ini udah kyk jalanan krikil bun.. Ancur binasa!!!
Jerawatan dimana2, minder deh sm suami tp aku jg risih pakek perawatan2 gt, bhya buat janin, akhirnya aku akalin aja buat shampo, sabun muka sm badan aku pakek produk dr cussons baby. Emang gk ngaruh buat obatin jerawatnya.. Nah buat obatinnya tiap malem aku rutin pakek masker buatan sendiri dr perasan lemon ditambah bubuk kunyit, aku olesin kewajah aku yg udh dicuci bersih, emang bun prosesnya lama yaa gk secepat pkk krim wajah dr dokter, tp alhamdulillah.. Setelah maskeran slma 2bln kulit wajah aku skrg jd bebas jerawat, jd gak minder sm suami, cobain aja bun.. Harus telaten dan sabar insha allah berhasil.
 
  #14  
Old
Armila...
 
Location: Banjarmasin
Posts: 757
 
Yang alami2 aja kalo lagi hamil.
Setau aku cream buat acne itu mengandung zat berbahaya buat bumil.
 
Lebih baik sibuk nambah bekal buat diakhirat, sibuk bertobat dan sibuk belajar lebih banyak ilmu agama daripada sibuk ngurusin orang lain dan sibuk mencari kesalahan orang lain.
  #15  
Old
Aliasi...
 
Posts: 80
 
jerawatnya dibiarkan aja bun, wajar, namanya juga lagi hamil
 
stimuno.com >> goo.am/HUBDC
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Kosmetik merk apa yang aman untuk ibu hamil? -- Diskusi Umum 74
obat flu yang aman buat bumil? -- Diskusi Umum 11
Tanya KOSMETIK yang aman untuk BUMIL -- Diskusi Umum 8
deodoran yang aman untuk bumil -- Ngobrol Apa Saja 27
ada yang tau obat flu yang aman untuk kehamilan?? -- Diskusi Umum 12


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com