Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
veyvie...   TS 
 
Posts: 80
Default ASI susah keluar :(

Bunda bundaaa, skrg usia kandungan saya masuk 36w. Tp ASI'nya koq susah keluar yah, saya takut begitu baby lahir ga bisa ngasih ASI. Apa bunda-bunda ada yg tau cara melancarkan ASI. Soalnya saya baca di forum-forum gitu, wanita hamil ga boleh mengkonsumsi daun katuk maupun yg berbentuk kapsul daun katuk. Tolong yah bunda infonyaaaa
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
saya bantu jawab ya bunda, kebetulan saya beli buku soal ASI biar ga kemakan omongan org2 "biasanya beginilah, begitulah"/mitos dsbnya...

Replying to:
Yang harus diingat adalah pada setiap ibu hamil, ASI pasti diproduksi sejak kehamilan 20 minggu (laktogenesis/pembentukan ASI tahap 1)

ASI tidak dapat keluar karena ditahan oleh hormon kehamilan yang ada di ari2 bayi. Saat bayi lahir, ari2 diambil sehingga hormon dalam tubuh Ibu turun dan ASI pun dapat keluar.
Ada jeda sampai sktr 72 jam pasca bersalin karena kadar hormon yg masih tersisa dalam peredaran darah, dan akan habis sampai 72 jam pasca bersalin.

Untuk merangsang ASI keluar lebih cepat, lakukan proses menyusui skin to skin ibu-bayi dan coba menyusu paling lama stp 2 jam sekali dengan perlekatan yg benar.

Bayi cukup bulan (minimal uk 37-38 minggu) sudah dibekali lemak cokelat sbg pengganti metabolisme "puasa" nya selama 72 jam saat ASI belum keluar. Namun untuk membantu ASI keluar lebih cepat, lakukan menyusui skin to skin/kulit ke kulit (ingat ya.. skin to skin, bukan skin to baju, bukan skin to bedong dsbnya)

Lakukan percobaan menyusu 10-12x/hari atau stp 2 jam sekali. Setiap percobaan durasinya +/- 15-30mnt. Walau sptnya tidak ada ASI, tetap lakukan percobaan ini.
Jadi, kenyotan bayilah yg memicu tubuh ibu utk memproduksi dan mengeluarkan ASI. Tahapan ini disebut laktogenesis tahap 2.

Menyusui dengan perlekatan yg benar itu adalah bagian aerola/bgn hitam pada payudara ibu masuk ke dalam mulut bayi, bukan cuman puting saja. ini juga utk mengurangi nyeri pada puting.
Saat awal lahir, ukuran lambung bayi hanya 3-5cc, jadi ibu juga ga harus menghasilkan ASI yg berlimpah dr sejak awal.


kira2 spt itu ya bunda... semoga bermanfaat


ps: dikutip dari buku "Pintar ASI dan Menyusui" oleh dr. Maharani Bayu (@dokterlaktASI)
 
  #3  
Old
veyvie...   TS 
 
Posts: 80
 
@bund YZFL, makasih banget bunda infonya, jd lebih tenang skrg, kadang ada info ini itu yg ga jelas, jadinya bikin khawatir sendiri bun. Berarti jangan terlalu khawatir ya bun skrg, karna ada waktu nanti setelah persalinan.
 
  #4  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
masama ... i feel u koq bunda,,,
skrg aku dah UK 34, paling sesekali dibersihin dan diperas, warnanya kekuningan, dan dikit.

di bukunya juga ditulis, klo pasca bersalin kondisi ibu dan bayi tidak ada yg serius, usahakan lakuin IMD, IMD ga harus lgs si baby nyusu ke puting. tp bayi dibaringkan ke dada ibu, dia akan meraih sendiri, ato juga bisa diam.
persediaan lemak coklat bayi bisa utk 3hr (72 jam itu), tp ibu udah bisa mulai usaha percobaan menyusui setiap 2 jam sekali. jd klo bisa, baby ma ibu ga dipisah ruangan, biar mulai percobaan.

setelah bersalin kan bayi sbnrnya dalam keadaan stres krn harus melalui proses panjang yg memakan waktu, dibaringkan ke dada ibu juga bermaksud biar bayi tenang, karna selama ini bayi selalu mendengar merdunya denyut jantung ibu, jd itu yg membuatnya merasa aman dan nyaman.
 
  #5  
Old
veyvie...   TS 
 
Posts: 80
 
Iya bunda, saya juga sering bersihin putingnya. Saya coba sedikit remas tp yg keluar paling hanya beberapa tetes saja bun.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
TP1 saya susah makan,bahkan obat jg susah..:( -- Diskusi Umum 12
sabtu keluar bercak n susah hub RS -- Ngobrol Apa Saja 23
Sperma susah keluar -- Diskusi Umum 3
Susah orgasme , susah hamil juga? -- Diskusi Umum 19
Keluar flek sebelum masa haid & keluar darah coklat saat berhubungan -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com