Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Ratih ...   TS 
 
Posts: 23
Default HPL Bulan Maret Bund

Siang bunda...

Minggu ini usia kandunganku masuk minggu ke 33 nih bund.. kata bidannya aku HPL sekitar minggu kedua bulan Maret. Tapi belakangan ini aku sering banget kontraksi palsu. Aku juga gampang banget capek dan pinggul aku juga udah mulai berasa nyeri. Kalo boleh tau bund, gejala mau melahirkan itu seperti apa ya? Soalnya ini kehamilan pertama aku bund.. dan pengalaman dari kakak waktu hamil dulu dia lahirannya 2 minggu lebih awal dari HPLnya.
Makasih ya bund buat sharingnya...
 
  #2  
Old
amelia...
 
Location: Jawa tengah
Posts: 1,627
 
HPl kita sama bulan maret... Q uk 33w4d... menurut hpht hpl 20maret...

katay tnda melahirkan ada kontraksi teratur bund sm keluar cairan campur darah gitu....
Q sih udah ada no bidannya jadi nanti kalau udah ngrsa bgtu q tlpn bidan dulu.... biar kesana udah pembukaan...
 
  #3  
Old
tatha2...
 
Posts: 612
 
Bantu up ya bun ...
Aku juga lg hamil anak pertama jadi belom tau tanda2 melahirkan kayak gimana , skrang UK 35w
HPL akhir feb - awal maret
 
  #4  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
saya juga masuk UK 33-34, HPL berdasarkan HPHT sih 22 Mei dan berharap banget sih ya 22 mei ke atas, maklum 21 mei hari Raya Nyepi, di Bali taulah sendiri klo Nyepi spt apa, selain sibuk juga rangkaian upacara seblm Nyepi.

ini sy ada artikelnya, semoga membantu...

Replying to:
Tanda-Tanda Persalinan Normal


Kehamilan Anda sudah memasuki tahap akhir dan waktu kelahiran sang buah hati akan segera tiba. Apa saja hal yang perlu Anda perhatikan menjelang persalinan?

Persalinan normal atau kelahiran cukup bulan terjadi pada kehamilan minggu ke 38-42, dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Bila persalinan terjadi sebelum minggu ke-38, maka disebut kelahiran prematur, sementara bila persalinan terjadi setelah minggu ke-42, maka disebut kelahiran lewat waktu.

Kapan harus segera ke dokter atau rumah sakit?

Menjelang pesalinan, Anda akan merasakan posisi bayi berada di bawah, semakin menekan panggul untuk membuka jalan lahir. Anda mungkin juga akan merasakan beberapa tanda lainnya yang menunjukkan bahwa waktu persalinan sudah semakin dekat. Segera hubungi dokter, bidan, atau langsung pergi ke rumah sakit bila Anda merasakan tanda-tanda persalinan berikut ini:

Terjadi kontraksi hebat
Segera ke dokter atau rumah sakit bila Anda merasakan kontraksi rahim yang hebat, disertai rasa mulas serta sakit di pinggang dan paha. Terlebih bila kontraksi tersebut makin lama makin kuat, muncul secara berkala (teratur) dengan jarak yang semakin pendek (3-5 menit), dan durasi sekitar 45-60 detik. Kontraksi seperti itu merupakan tanda-tanda bahwa persalinan akan segera tiba.

Timbul mulas dan nyeri
Anda juga harus segera ke dokter atau rumah sakit bila Anda merasakan mulas dan nyeri di bagian punggung bawah atau pinggang, serta kram yang tak kunjung hilang.

Keluar lendir bercampur darah
Keluar lendir bercampur darah mendandakan terlepasnya sumbatan tebal pada leher rahim. Lepasnya sumbatan leher rahim ini menandakan bahwa telah terjadi dilatasi (pembukaan) dan penipisan leher rahim. Pengeluaran darah dan lendir dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, namun Anda tetap harus menghubungi dokter, terlebih bila terjadi perdarahan hebat.

Air ketuban pecah
Bila ibu hamil merasakan adanya cairan yang keluar dan keluarnya tidak dapat ditahan, itu menandakan bahwa air ketuban sudah pecah. Normalnya, cairan ketuban tidak berbau, bersih, dan jernih. Segera ke dokter atau rumah sakit bila air ketuban sudah pecah, meski Anda tidak merasakan kontraksi sebelumnya. Pecahnya air ketuban yang tidak disertai kontraksi dan rasa mulas, menandakan bahwa ibu hamil mengalami ketuban pecah dini, yakni ketuban pecah sebelum tanda-tanda persalinan muncul. Dalam kondisi ini, Anda tetap harus segera ke dokter atau rumah sakit karena pecah ketuban dini dapat menjadi risiko infeksi bagi kehamilan Anda.

Persalinan Palsu

Menjelang persalinan biasanya akan muncul kontraksi yang hebat dengan intensitas yang semakin lama makin kuat, muncul secara teratur, dan dengan jarak yang semakin pendek (semakin sering). Ini merupakan kontraksi yang sesungguhnya.

Namun, sebelum kontraksi yang sesungguhnya tersebut, dapat juga muncul kontraksi lainnya yang bukan merupakan tanda akan melahirkan yang disebut kontraksi Braxton Hicks. Kondisi seperti itu sering disebut dengan istilah persalinan palsu.

Kontraksi Braxton Hicks banyak mengecoh ibu hamil, dikira bayi akan segera lahir, padahal belum ada pembukaan di mulut rahim. Umumnya, kontraksi ini terjadi di minggu-minggu akhir kehamilan. Tandanya, kontraksi muncul hanya sekali atau dua kali dalam sehari dengan jarak waktu yang tidak teratur, tidak bertambah kuat dan cepat. Tanda lainnya, nyeri di bagian perut bawah, rasa sakit atau kontraksi juga akan hilang bila Anda mengubah posisi, berbaring, mengusap-usap perut, atau banyak berjalan. Bila Anda mengalami persalinan palsu dengan ditandai munculnya kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks), sebaiknya tundalah ke rumah sakit dan perbanyaklah istirahat di rumah.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
hai bund yg HPL febuari/maret 2014 bagi pin dnl bund....merapat -- Ngobrol Apa Saja 0
Yg h2c bulan maret...hiyuuu gabung -- Ngobrol Apa Saja 192
H2C buat bulan maret..semoga gak Haid -- Diskusi Umum 15
Siapa Yg Progmil Di BUlan Maret?sinii yukk bund... -- Diskusi Umum 0
Yang Lagi Promil Bulan Ini,HPHT 20 Maret,,Sharing yuk Bund :) -- Diskusi Umum 54


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com