Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: Sumedang
Posts: 101
Exclamation Kontroversi apel granny smith & apel gala

Hello Bundaaa...
Sekarang ini kita sering dibikin khawatir sama makanan dan minuman yg beredar.Ini pasti bikin bunda was was dan harus lebih pintar lagi memilih makanan untuk buah hati,terutama buah2an.Naah sekarang saya mau coba share soal buah apel yg sekarangjadi momok menakutkan bagi kita semua...YA.Apel Granny Smith & Gala.Padahal yg kita harapkan adalah vitamin dan gizinya ya Bun...tp kok malah banyak bakterinya

Saya sengaja mengutip referensi dari sumber lain agar infonya akurat

Liputan6.com, Jakarta -
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengimbau warga ibukota tidak membeli atau mengonsumsi 2 jenis apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bro., Bakersfield, California, Amerika Serikat (AS). Sebab, Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah dilarang peredaran kedua apel itu karena terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.

"Nggak boleh beli, nggak boleh jual lagi," tegas pria yang karib disapa Ahok itu di Balaikota Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta Dewi Prawitasari Badan menyatakan, berdasarkan informasi yang dia terima, apel Granny Smith sudah beredar di Ibukota. Namun, dia belum mengatahui lokasi pemasaran apel tersebut. Dia berjanji segera melakukan operasi pasar.

"Secepatnya kita akan lakukan operasi pasar setelah mendapatkan data dari Kementerian Pertanian. Karena yang punya data siapa distributornya adalah mereka," kata dia saat dihubungi.

Dia mengatakan Kementerian Pertanian yang berwenang untuk memimpin pengawasan peredaran apel ini. BPOM hanya bertugas menindak dan mengawasi distributor yang menjual kedua jenis apel itu.

"Yang leading sistemnya adalah Kementerian Pertanian. Kami tentunya nggak se-intens mereka. Namun, kami akan tetap turun," ungkap Dewi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerima Info alert pada 17 Januari 2014 yang berbunyi 'Recall of internationally distributed apples and commercially produced, prepackeged caramel apples from the USA due to contamination with Listeria Monocytogenes'.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan, Widodo menjelaskan, bila dikonsumsi, bakteri yang terkandung dalam apel tersebut dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

"Sedangkan pada orang sehat yang terinfeksi bakteri ini bisa menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi Listeria juga dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil," ujarnya di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Senin 26 Januari 2015. (Mvi/Ein)

Bakteri pada Apel "Granny Smith" Bikin Sakit, Ini Gejalanya





Apel Hijau Granny Smith (sumber: Istimewa)



Jakarta - Buah apel hijau Granny Smith produksi Amerika Serikat kini dilarang peredaraannya di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Diduga, apel tersebut terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.
Bakteri ini menimbulkan infeksi pada tubuh manusia yang dinamakan listeriosis. Dilansir dari laman Livescience, Selasa (27/1), pada tahap awal, penyakit itu tidak menimbulkan gejala apapun hingga masa inkubasi 30 hari.
Selanjutnya, gejala mulai terlihat dan dengan mudah menyerang wanita hamil serta anak-anak.
"Gejala awal bisa berupa flu dan demam tinggi, lalu mulai mengganggu sistem pencernaan. Ditandai dengan mual dan muntah, serta diare akut," kata peneliti dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC).
Pada beberapa kasus, sering ditemukan kelainan darah dan radang selaput otak (meningitis). Sementara, pada bayi, gejala awal dapat berupa infeksi saluran pernapasan dan pneumonia (infeksi pada paru-paru).
Infeksi ini dapat diobati dengan pemberian antibiotik tertentu. Namun, jika sudah terlambat, bakteri dapat menyebar ke seluruh organ dan mengakibatkan kematian.

Penulis: Firda Puri Agustine/FIR


Gimana Bunda...mau belok arah ke buah lokal gaa??
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
mucha ...
 
Posts: 10
 
gpp kok bun, kan beda supplier gak semua granny smith merk Big b. yang merk washington masih aman kok bun. coz aku bekerja sbg importir buah dan sayur.
 
  #3  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: Sumedang
Posts: 101
 
Wah kebetulan dong Bun...aku lagi pengen buah Leci.Bisa dikirim ke aku ga Bun?? Soal nominal nanti di transfer bun...heheeee
Soalnya aku suka banget sama leci tp jarang ada Reply Bunda mucha ananda
 
  #4  
Old
mybaby...
 
Posts: 10
 
bun aku abis konsumsi apel itu 3 hari kmren sblm masuk tv bun .. gmn nih bun tiap malem nangis aku nya kepikiran . soalnya browsing di internet efeknya nyeremin ke calon bayi . akunya lg hamil 36w bun dan pas lmren konsumsi jg perut muless sekali bun diare jg. walopun sblmnya emg kalo salah makan dikit eng diare . tp gak semules 3 hari kemaren . apa cm keparnoanku aja ya bun aku takut
 
  #5  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: Sumedang
Posts: 101
 
Replying to: View Post
bun aku abis konsumsi apel itu 3 hari kmren sblm masuk tv bun .. gmn nih bun tiap malem nangis aku nya kepikiran . soalnya browsing di internet efeknya nyeremin ke calon bayi . akunya lg hamil 36w bun dan pas lmren konsumsi jg perut muless sekali bun diare jg. walopun sblmnya emg kalo salah makan dikit eng diare . tp gak semules 3 hari kemaren . apa cm keparnoanku aja ya bun aku takut
Haduh...semoga ga ppa ya debay nya Aku juga kadang suka pengen beli tp ga jd terus krn tau itu apel import_jangankan apel import,apel lokalpun banyak yg dipakein lilin di kulitnya itu...makanya makan apel zaman sekarang sama dulu tuh beda_kalo dulu,dimakan sama kulitnya pun ga masalah malahan bagus untuk kulit kita_nah kalo sekarang kan makan apel aja mesti dikupas dulu krn banyak lilinnya sedih yaa kalo kya gini_makan buah aja harus pilih2
 
  #6  
Old
mucha ...
 
Posts: 10
 
kalo leci emg lagi gak musim nya bun, skrg banyakan mau imlek jeruk jerukan sama pear,
 
  #7  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: Sumedang
Posts: 101
 
Replying to: View Post
kalo leci emg lagi gak musim nya bun, skrg banyakan mau imlek jeruk jerukan sama pear,
Leci mh emang ga ada musimnya Bun
 
  #8  
Old
diando...
 
Posts: 66
 
Aq juga demen banget bun buah leci, rambutan, kelengkeng... tapi nyebelinnya klo abis makan buah itu aq batuk... dan lama sembuhnya hihihi.... jadi kuurungkan niatku

https://ibuhamil.com/diskusi-umum/83...share-yuk.html
 
Before u're born, i love you under my heart
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cuka apel untuk ibu hamil -- Diskusi Umum 0
Ditempatq gak ada apel malang -- Diskusi Umum 4
cuka apel??? -- Ngobrol Apa Saja 3
jus 3 diva minus apel malang? -- Diskusi Umum 0
Manfaat Buah Apel Bagi Ibu Hamil -- Ngobrol Apa Saja 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:03.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com