Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
Thumbs up Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan ke Dokter Kandungan

Di masa kehamilan, ada saatnya bunda harus ke dokter kandungan untuk memantau perkembangan janin dan memastikan kehamilan bunda fine-fine aja. Tapi ada beberapa pertanyaan yang wajib bunda tanyakan ke dokter kandungan agar kunjungan bunda jadi gak sia-sia loh.

• Sudah jalan berapa dok?
Ini pertanyaan pertama yang wajib bunda tanyakan. Dokter biasanya akan menentukan usia kehamilan dari 2 parameter, pertama dari pemeriksaan USG dan hari pertama haid terakhir. Dengan mengetahui hari pertama haid terakhir bunda khususnya kalau siklus haidnya teratur, dokternya akan lebih mudah menentukan usia kehamilan secara akurat. Tetapi kalau bunda lupa kapan hari pertama haid terakhir, biasanya akan dilakukan pemeriksaan USG. Semakin dini pemeriksaan USG dilakukan, penentuan usia kehamilan akan lebih akurat. Paling meleset 1 atau 2 hari aja. Saat kontrol pertama, HPL biasanya sudah dapat diprediksi bun.

• Pemeriksaan apa yang wajib dilakukan?
Yang paling dianjurkan itu tes darah sejak awal kehamilan seperti cek darah rutin meliputi komponen HB, leukosit, trombosit, dan hematokritnya. Ini penting dilakukan untuk mengetahui status bunda di awal masa kehamilan secara laboratorium. Selain untuk mengetahui kondisi darah, pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa ada atau tidaknya infeksi karena kaum hawa sering mengalami infeksi saluran kemih.

• Kehamilan saya normal, dok?
Waji ditanyakan saat ke dokter kandungan. Apakah kehamilan bunda normal atau gak. Dengan patokan usia kehamilan, kemungkinan pertama yang wajib ada adalah munculnya kantong kehamilan. Kalau kantong kehamilannya gak berkembang sesuai dengan usia kehamilan dan gak ada janin di dalamnya, berarti ada kelainan yang dikenal dengan telur kosong.

• Suplemen yang wajib dikonsumsi?
Dokter kandungan akan menyarankan bunda mengonsumsi asam folat sejak 3 bulan sebelum kehamlan atau minimalnya sejak trimester pertama kehamilan. Asam folat sangat penting dalam mencegah cacat bawaan pada bayi yang dikandung. Selain itu, bunda perlu bertanya kepada dokter apa ada suplemen lain yang perlu dikonsumsi agar pertumbuhan janin lebih optimal, agar bayi lahir sehat walafiat.

Dicatat yah 4 pertanyaan ini bun. Semoga bermanfaat yah bun.

sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
vhienz...
 
Posts: 28
 
Nice info..
Catet deh buat bahan pertanyaan ke dokter klo aku + bulan ini..
thanks bund
 
  #3  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Info yg amat bermanfaat bunda. Soalnya suka lupa apa yg mau ditanyakan kalo lg check up. Apalagi kalau dokternya ga komunikatif, qt nya udah males duluan kalo mw tanya2, he he
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
pertanyaan yg penting untuk ditanyakan ke dokter -- Diskusi Umum 9
Pertanyaan yg hrs ditanyakan pd saat periksa -- Diskusi Umum 3
Yang perlu ditanyakan saat melakukan USG -- Diskusi Umum 11
Pertanyaan apa yg harus ditanyakan ke Dokter?? -- Diskusi Umum 5
17 Pertanyaan Penting Yang Wajib Diketahui Ibu Hamil -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:04.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com