Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
Thumbs up Nih Bun Cara Tepat Merawat Bayi Kembar

Punya bayi kembar ada bahagia, ada juga pusingnya. Bahagia karena langsung memiliki dua makhluk kecil. Apalagi kalau anaknya satu cowok, satu cewek. Wah, makin dobel deh bahagianya. Tapi, memiliki bayi kembar pun menuntut bunda dan ayah memperhatikan keduanya dengan adil.

Sebenarnya dalam hal merawat bayi kembar tidak jauh berbeda dengan ketika memiliki satu bayi. Hanya bedanya, bunda perlu memberikan waktu lebih merawat dua bayi sekaligus, dan pada prakteknya ini gak mudah.

Untuk merawat bayi kembar, bunda perlu bantuan baby sitter atau pihak ketiga. Biarpun begitu, bunda gak bisa menyerahkan semua tugas merawat bayi kembar bunda ke baby sitter. Bunda harus tetap memegang peran utama dalam merawat bayi kembar.

Ada beberapa hal yang perlu bunda perhatikan dalam hal merawat bayi kembar ini bun :

• Saat memandikan
Saat seperti ini adalah saat paling merepotkan buat bunda. Apalagi jika bunda harus memandikan mereka bersamaan. Tubuh bayi usia 0-6 bulan kondisinya masih rentan bun, jadi saran saya sebaiknya bunda minta bantuan pihak ketiga untuk membantu memandikan bayi, misalnya baby sitter. Atau bunda dapat memandikannya secara bergantian. Nanti jika bayi sudah dapat duduk dengan benar, bunda dapat memandikannya bersamaan.

• Saat ganti baju
Baiknya bunda menyiapkan pakaian, popok, bedak, minyak telon, dan perlengkapan lainnya sebelum memandikan bayi. Jangan lupa juga menyiapkan handuk dan perlengkapan lain di dekat bunda, sehingga bunda lebih mudah menjangkaunya, apalagi jika bayi bunda gampang rewel. Untuk pakaian, bunda bebas berkreasi, tak perlu memakaikan si bayi pakaian yang sama persis. Ini juga agar bayi mudah dibedakan sejak kecil.

• Waktu menyusui
Memberi ASI eksklusif sampai usia bayi mencapai 6 bulan sangat dianjurkan, bahkan kalau menurut saya itu wajib yah bunda. Bunda juga harus menggunakan manajemen laktasi yang baik agar ASI bunda tetap terjaga kualitasnya. Jika memang diperlukan, bunda dapat menyiapkan ASI perah yang dapat diberikan sewaktu-waktu. Saat menyusui, pastikan bunda merasa nyaman, misalnya dengan duduk di kursi goyang. Letakkan dua bantal untuk menopang tubuh kedua bayi dan sesuaikan posisi yang nyaman.

• Saat memberi MPASI
Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, bunda sudah dapat memberinya MPASI. Untuk MPASI ini, bunda dapat menyiapkannya di piring yang berbeda, hal ini untuk mengetahui porsi makan kedua bayi. Jika bunda kerepotan, bunda dapat memberikan makan secara bergantian atau minta bantuan baby sitter atau pihak ketiga misalnya ayah untuk membantunya menyuapi salah satu bayi.

• Penggunaan stroller
Gunakan stroller untuk dua bayi sekaligus, contohnya tandem, sejenis stroller yang mempunyai tempat duduk berdampingan atau tempat duduk depan belakang. Ini mempermudah bunda agar bunda tidak perlu menggendong saat ingin berpergian dengan bayi. Jangan sampai bunda jadi kapok berpergian dengan si kembar karena bunda tidak efisien dan efektif dalam penggunaan stroller ini.

Saran saya, dalam merawat bayi kembar ini, bunda sebaiknya mengatur waktu dengan baik apalagi jika bunda memiliki kesibukan di luar rumah misalnya berbisnis atau bekerja kantoran. Jika bunda sudah dapat menyesuaikan diri, maka bunda akan mulai terbiasa.

sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
[Just for Laugh] Cara merawat bayi yang baik dan benar -- Ngobrol Apa Saja 20
Merawat si kembar -- Diskusi Umum 8
cara bikin dedek bayi kembar identik -- Diskusi Umum 0
beginikah rasanya merawat bayi kembar?? -- Kenalan Yuk! 4
Buku Panduan Cara Merawat Bayi dari A-Z -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:25.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com