Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ayu su...   TS 
 
Posts: 2
Default berat badan kurang dan air ketuban berkurang di usia kandungan 8 bulan

Sore bunda...
Saat ini usia kandungan aku 32w. Sempat terjadi kontraksi palsu 2 minggu yg lalu. Dan akhirnya aku di rawat, pas di cek n d usg air ketuban aku berkurang dan berat bdn juga kurang dr yang seharus na. Kt d0kter debay termasuk aktif.

Mnt saran atau solusi donk, gmn caranya biar berat bdn aku naik, pdhl makan teratur. :plis::hiks:
Makasi atas saran na ya bunda smua.:pliis:
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Janitr...
 
Location: Bekasi
Posts: 42
 
kondisinya sama kaya aku bunda ayu.
Pagi td jadwalku kontrol. BBku turun, tp BB debay naik dan normal. Kata dokter itu gpp krn memang diharapkan BBku turun.
Tp mslhnya sama kaya bunda ayu....volume air ketubannya berkurang dari 2 minggu lalu. Aku jg jd kepikiran, kenapa kurang pdhl minumku banyak&aku jg ga ngrasain ada rembesan/basah2 d celana. Maaf aku ga bs ngasih solusi krn jujur sejak periksa td aku jd berpikiran gimana kalo a, b, c dll. Kira2 bunda2 yg lain ada yg tau ga ya knp air ketuban bisa berkurang?
 
  #3  
Old
ayu su...   TS 
 
Posts: 2
 
Ya bunda janitra.
Debay sehat alahamdulillah
Tp waktu k0ntr0l k d0kter apa kt na penyebab air ketuban bunda berkurang?
 
  #4  
Old
Janitr...
 
Location: Bekasi
Posts: 42
 
kemungkinan minumnya kurang banyak. Jd harus disesuaikan dgn aktivitas, aktivitas tinggi minum pun harus ekstra. semoga saja dipemeriksaan selanjutnya dah nambah
 
  #5  
Old
Rhieaa...
 
Posts: 449
 
Banyakin mnum air putih n air klpa hijau bun..
trus jgan kecapean juga..
aku kmren jga air ktuban tinggal dikit..
alhasil hrus lhiran saat itu juga..
 
  #6  
Old
evaijo...
 
Posts: 31
 
Halo bunda.. salam kenal... mau sharing niih..
Kalo ttg air ketuban, air kelapa hijau bagus tuh...
Kakak sepupuku malah wktu hamil dibilangnya hamil ketuban karna air ketubannya berlebih. Dia minum air kelapa hijaunya kebanyakan. Sehari bisa sampe dua kelapa. Jadi tinggal dibalik aja kondisinya sama keadaan bunda..

Kalo aku, minum susu kedelai... alhamdulillah pas periksa kata dokter jumlah air ketubannya udah bagus..
Jadi mungkin bisa dicoba juga...
Semangat bundaaaaaa. ..
Mudah2n lancar proses kehamilan sampe persalinan. ..
 
  #7  
Old
Mommy ...
 
Posts: 842
 
Hi bunda, ga bosen bosennya saya mau share soal kehamilan. Akhirnya saya baru kelar kontrol dan mungkin diluar bayangan, karna sejak awal sampe terakhir kontrol 24w gapernah ada keluhan gapernah ada masalah bahkan ketuban cukup.

Tapi tadi dokter bilang kalo ketuban saya kurang, sedangkan selama ini saya sehari bisa minum air lebih dari 3L sendiri. Dan dokter menyarankan saya untuk tetap minum yang banyak (dalam hati kurang banyak apa coba setiap hari udah kayak onta minum mulu). Untuk beratnya normal jadi dokter cuma menekan kan soal ketubannya.

Dan langsung seketika mood saya hilang!!! Sampe dimobil sempet nangis tiba-tiba, untungnya suami menenangkan saya kalo itu baik-baik aja.

Ada ga ya bunda yang punya pengalaman seperti itu? Di usia 30weeks dokter bilang ketubannya kurang sedangkan asupan air mineralnya udah banyak banget???? Terus cara normalinnya gimana? Beda ya kalo kasusnya jarang minum mungkin masih masuk akal, tp ini kondisinya saya minum air aja tuh super duper banyak dan rajin banget.


Dan senengnya posisi dede pun udah dibawah kepalanya jadi yang bikin saya khawatir ya itu ketubannya. Sempet nanya tadi apa karna ketubannya bocor? Trs ditanyain ciri2nya tapi saya ga ngerasain keluar air seperti pipis, trs sempet saya tanya lg kl misal sampe rembes harus gimana? Dan dia jawabnya ya harus SC disitu saya langsung pengen cepet keluar ruangan gabisa ngomong apa-apa dan akhirnya nangis pas di mobil
 
  #8  
Old
hesria...
 
Posts: 2
 
hai bunda, saya hamil 8 minggu kemarin saya periksa ke dokter dan di beritahukan kalo air ketuban saya sedikit sekali, mohon masukkanya dong dan apakah ada yang pernah mengalamai seperti saya.
 
  #9  
Old
Cecili...
 
Posts: 248
 
Replying to: View Post
hai bunda, saya hamil 8 minggu kemarin saya periksa ke dokter dan di beritahukan kalo air ketuban saya sedikit sekali, mohon masukkanya dong dan apakah ada yang pernah mengalamai seperti saya.
Saya gak pernah ada masalah sama air ketuban sampai usia kehamilan 32 minggu. Usia 8 minggu masih muda banget, ya, Bunda. Belum telat untuk memperbaiki kondisi Bunda. Kuncinya banyak minum air putih, kurangi konsumsi kafein (teh, kopi, cokelat), dan makan yang bergizi. Pas divonis ketuban kurang, saya minum air putih tiap hari sampai 3-4 liter, Bun. Biar gampang ngitung konsumsi air per hari, saya sampai beli air mineral botolan sekardus. Khusus buat saya sendiri. Alhamdulillah, dalam seminggu bisa naikin indeks air ketuban dari 9 jadi 15. Semangat, ya, Buun ... 8 minggu mah masih muda, masih cukup waktu banget buat memperbaiki asupan gizi buat debay ... Sampai dengan uk 34-35 minggu, air ketuban masih diproduksi terus sama tubuh kita, tapi setelah itu ketuban akan semakin berkurang dan berhenti diproduksi, makanya kita harus selalu memastikan jumlahnya cukup, dan begitu masuk TM terakhir, ada cukup bekal ketuban sd saatnya lahiran, demi tumbuh kembang janin yg optimal.
 
  #10  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
Replying to: View Post
hai bunda, saya hamil 8 minggu kemarin saya periksa ke dokter dan di beritahukan kalo air ketuban saya sedikit sekali, mohon masukkanya dong dan apakah ada yang pernah mengalamai seperti saya.
apa yang dirasain bun kalau kerubannya dikit begitu?
 
  #11  
Old
Rindi ...
 
Posts: 427
 
Kayaknya bunda hesria salah ketik itu, mungkin pake autotext.
Karena biasanya dokter bahas air ketuban kalo usia kandungan udah masuk trimester kedua dan ketiga.
 
الحمدلله الذي بنعمته تتم الصالحات
  #12  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
iya bun rindi saya juga agak bingung biasanya kan terdeteksi air ketuban kurang itu di smester ke 2-3 kan ya? jadi bingung apakah di trimester 1 udah ketahuan karena saya baca2 ketuban baru terbentuk saat 12-13 week

benernya gimana bun?
 
  #13  
Old
Cecili...
 
Posts: 248
 
Ketuban terbentuk sejak awal kehamilan, kok. Sejak janin masih berupa embrio. Adanya cairan ketuban (amnion) memungkinkan janin untuk bergerak di dalam rahim, dan kalau kita usg di usia 8-9 minggu, biasanya sudah terlihat janin bergerak-gerak (berenang-renang di cairan ketuban). Tapi,jumlah ketuban memang mengikuti pertumbuhan kantong kehamilan dan janin. Di trimester pertama jumlah ketuban biasanya masih sangat sedikit. Apalagi di minggu ke 8-9, mungkin masih sekitar 10 ml. Baru di TM 2 akan semakin meningkat, dan puncaknya di TM 3. Makanya, biasanya baru akan terdeteksi kurang di TM 2 atau 3. Dari pengalaman saya sendiri, sejak TM 1 kondisi ketuban udah dipantau kok sama dokter ... walau mugkin gak jadi concern utamanya ya.

Jadi, entah Bunda Hesrianya salah ketik, atau memang begitu kondisinya ... Kl emang kurangnya terdeteksi di usia yg msh sangat muda, baiknya ya dikonsultasikan lagi sama dokternya, penyebabnya apa? Takutnya ada kelainan lain dan bisa berisiko janin tdk berkembang. CMIIW.

---------- Post added at 12:23 ---------- Previous post was at 12:18 ----------

Replying to: View Post
apa yang dirasain bun kalau kerubannya dikit begitu?
Kl saya dulu gak ngerasain apa2. Makanya penting cek usg berkala biar kepantau terus. Kecuali kalo kasusnya ketuban kurang krn rembes. Sang ibu bisa mendeteksi cairan ketuban yang rembes, karena sifatnya beda sama keputihan.
 
  #14  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
oh gitu ya bun... aku kadang ngerasa worry soalnya aku maaih 11 week dan susah banget minum air putih bawaan mau muntah terus kalau minum air putih.

jadi rada worry sama kondisi ketuban karena perut suka kembung, kencang2 juga kalo sudah kembung dan nga bs sendawa/buang angin. perut suka kedut2 juga.

itu bisa berarti air ketuban kurang ga ya bun? kalau rembes2 kayaknya sih nga...

jadwal kontrol masih minggu depan
 
  #15  
Old
Fatti...
 
Location: Halim,jaktim
Posts: 801
 
Bunda meijingga bisa minta kontak bunda nya?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
normalkah usia kandungan 34W5Days berat badan janin 2100 gram -- Diskusi Umum 39
32w sungsang, ketuban kurang, berat badan kurang -- Diskusi Umum 7
Hamil 5 bulan berat badan kurang -- Diskusi Umum 5
galau berat badan berkurang -- Kenalan Yuk! 4
tentang tinggi badan ibu, berat badan bayi, senamhamil, dan pecah ketuban. -- Diskusi Umum 23


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:12.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com