Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Maya S...   TS 
 
Posts: 14
Default Cara Cepat Hamil Jika Menstruasi Tidak Teratur

Untuk Bunda yang menstruasi tidak teratur tapi pengen cepat hamil? Coba baca artikel ini Bund :

Idealnya siklus haid teratur tiap bulan dengan waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal menunjukkan organ reproduksi sehat. Lalu system hormonal yang baik ditunjukkan dengan siklus haid yang teratur, hal ini akan membuat ibu akan lebih mudah untuk mendapat kehamilan. Namun banyak sekali wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Haid tidak teratur

Misalnya siklus awal 35-40 hari namun pada bulan berikutnya bisa tidak haid selama 3 bulan atau bisa jadi memiliki siklus yang lebih dari sekali dalam kurun waktu 2 bulan.

Dengan adanya siklus haid yang tidak teratur, ini berarti ada ketidak beresan dalam system hormonal maupun metabolisme, akibatnya jadi lebih sulit untuk hamil.
Haid siklus pendek ibu akan mengalami sel telur tidak terlalu matang sehingga sulit untuk dibuahi, sedangkan siklus panjang, sel telur yang jarang sekali diproduksi maka ibu akan mengalami ketidaksuburan.

Ketidakteraturan haid ini pun membuat seseorang sulit mencari kapan masa subur dan tidak. Padahal jika normal, masa subur dapat dihitung dengan mudah.

Hitung masa subur

Untuk menghitung siklus haid yang tidak teratur hal yang harus dilakukan catat siklus haid selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut.
Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.
Untuk melakukan program hamil dengan cepat, jangan khawatirkan masalah siklus haid ini karena hal ini dapat diatasi.
Cara agar cepat hamil yaitu dengan memastikan apakah penyebab datangnya siklus haid yang tidak teratur tersebut, karena akan mempengaruhi penanganan yang akan diberikan.

Misalnya karena fungsi hormone terganggu. Hal ini dapat diatasi, dengan cara Jika terdapat kekurangan hormon, maka dapat ditambahkan hormon yang kurang tersebut (misal, kekurangan hormon estrogen, maka dapat ditambahkan hormon estrogen). Jika terdapat hormon yang berlebih, maka dilakukan pemberian obat tertentu sehingga kadar hormon kembali normal (misal, kadar hormon prolaktin yang berlebih dapat dikurangi dengan pemberian obat tertentu). Jika terdapat hormon yang tidak seimbang, maka ditambahkan hormon lain agar lebih seimbang.

Lalu penyebab lainnya yaitu stress. Stress dapat menggangu metabolism tubuh, sehingga siklus haid menjadi tidak teratur, penanganannya adalah dengan tidak terlalub stress apalagi mengenai stress masalah kejiwaan, stress kejiwaan dapat meningkatkan CRH atau kortisol yang dapat mengganggu produksi hormone reproduksi. Segera lah lakukan terapi.

Untuk meningkatkan kesuburan, konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, serta vitamin dan suplemen.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
menstruasi tidak teratur bikin susah hamil -- Diskusi Umum 18
haid tidak teratur apakah bisa cepat hamil... -- Diskusi Umum 7
Cara menghitung telat menstruasi untuk yg siklus tidak teratur -- Diskusi Umum 6
menstruasi tidak teratur -- Diskusi Umum 2
Jika Waktu Remaja haidnya tidak teratur?? -- Ngobrol Apa Saja 9


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:39.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com