Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
angeli...   TS 
 
Posts: 84
Default help me bund...

hai bund.. Bund aq mau curhat ni aq hbis lhrin baby ku bru 3 blan nah skrang aq udh telat 1 minggu bund... Aq panik bgt kalo aq hamil lagi msalahnya jaraknya terlalu dekat... Nah yg aq rasain slma ni ya ga ada yg berbeda kecuali kyk mau M sma skali g pusing, mual n suka pipis... Menurut bund gmn?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
MandaV...
 
Location: Depok
Posts: 1,005
 
Bunda menyusui bayinya ekskusif ga Bun? Kalau memang eks Bunda ga perlu khawatir. Karena hormon progesteron dalam tubuh ibu yang menyusui meningkat drastis dan hormon tersebut bisa menjadi KB alami bagi si ibu. Tapi kalau Bunda ga eksklusif maka perlu dipertanyakan keterlambatan haid Bunda.
 
Under The Protection Of Allah
  #3  
Old
angeli...   TS 
 
Posts: 84
 
aq ga asi bund cz asi q ga lncr trus bln ke 2 berhenti... Nah aq trus gmn bund? Aq udh spkat ama suami klo hmil mau di gugurin ya krna alsan jraknya jg trllu dkat suami tkut knp2 dgn aku nya
 
  #4  
Old
MandaV...
 
Location: Depok
Posts: 1,005
 
Coba cek kedokter dulu Bun, kalau Bunda hamil konsultasikan sama dokter, apakah kehamilan ini baik atau tidak untuk Bunda. Mangingat usia anak yang masih kecil. Kalau memang kehamilan ini baik buat Bunda, sebaiknya pertahankan saja, tapi jika kurang baik maka dokter akan menyarankan menggurkan.
 
Under The Protection Of Allah
  #5  
Old
angeli...   TS 
 
Posts: 84
 
makasih ya bund buat suportnya... Btw klo telat haid diminumin apa ya bun diar cepet dpt?
 
  #6  
Old
jihan...
 
Location: semarang
Posts: 117
 
Replying to: View Post
makasih ya bund buat suportnya... Btw klo telat haid diminumin apa ya bun diar cepet dpt?
salam kenal bunda angeliq,,
bunda udah telat 1 mg ya? coba ditespack dulu,,
kalo hasilnya positif lanjut konsul ke dokter,, biasanya ibu menyusui emang gak dapet haid bun (katanya teman2q sii.. soalnya aq belum pernah hamil)
dan waktunya beda2 bun, ada temanq yang habis masa nifas bulan berikutnya lsg haid, tapi ada yang ampe 8 bulanan bahkan 1 tahun belum haid juga.. (krn menyusui)
bun dipikir lg unt mengugurkan kandungan yach? mengingat banyak bunda yang msh menanti diberi momongan,, (tmsk aq)
maksud aq jangan sampe bunda nyesel belakangan,,
 
Yakin pertolongan Allah itu pasti datang,,,
bahwa setelah kesulitan itu ada kemudahan,, yess2x semangat!!
  #7  
Old
angeli...   TS 
 
Posts: 84
 
udh di pikir baik2 ama suami bun qt jg mengingat ank kami bru 3 bln... Kshan juga ke anknya... Ya mungkin itu jlan terbaik bund... Ayo ttp smngat promilnya bun
 
  #8  
Old
MandaV...
 
Location: Depok
Posts: 1,005
 
Replying to: View Post
makasih ya bund buat suportnya... Btw klo telat haid diminumin apa ya bun diar cepet dpt?
Coba konsumsi kunyit asam ya Bun. lebih bagus kunyit asam yang buat sendiri, karena tanpa bahan pengawet atau kimia.
 
Under The Protection Of Allah
  #9  
Old
wikans...
 
Location: depok-jogja
Posts: 320
 
sekedar masukan, daripadamenyesal kemudian...

Bila Ibu Mengalami Kesundulan


Kesundulan dalam hal ini bisa diartikan sebagai jarak kehamilan yang terlalu dekat. Sebutan lain untuk keadaan ini adalah "hamil membumbung". Hal ini bisa terjadi walaupun siklus haid ibu belum normal. Terutama jika setelah masa nifas 40 hari suami-istri sudah kembali melakukan hubungan intim. Masalahnya, pada masa itu banyak ibu yang mengabaikan masa suburnya karena merasa telah melakukan KB alamiah dengan menyusui si kecil. Padahal, ASI hanya efektif sebagai pencegah kehamilan jika diberikan secara eksklusif (pemberian 100% ASI tanpa asupan lain).

Jika pemberian ASI kurang dari 90%umpamanya saat bayi berusia 3 bulan ibu memberikan susu formula di siang hari (karena ibu bekerja) dan hanya menyusui di pagi dan malam hari berarti proteksi ASI sebagai KB alamiah sudah tidak efektif lagi. Jika ibu tidak menyusui eksklusif maka sel telur ibu akan kembali dan matang siap dibuahi. Selanjutnya bila ada sperma yang "datang" maka dapat terjadi pembuahan.

PERHATIKAN KONDISI
Lalu apa yang mesti dilakukan ibu, jika terjadi "sundulan"? Umumnya ibu mesti berhenti menyusui, karena gizi ibu diperlukan oleh janin yang baru tumbuh. Inilah salah satu kerugian "kesundulan", yakni si kakak jadi tidak bisa memperoleh ASI eksklusif. Untuk itu, perhatikan asupan gizi bayi dengan mengonsultasikannya pada dokter anak.

Kondisi ibu yang belum pulih sehabis melahirkan dan risiko anemia akibat perdarahan saat persalinan juga mesti diperhatikan. Begitu pun cadangan kalsium yang selama kehamilan dan masa menyusui telah "dikuras" oleh bayi. Berkaitan dengan ini secara umum kondisi gizi ibu sebenarnya belum kembali seperti sediakala, sehingga ada risiko ibu dan janin mengalami kekurangan gizi. Solusi untuk masalah ini umumnya dengan pemberian asupan vitamin/suplemen. Umpamanya, di awal-awal kehamilan, ibu hamil mengonsumsi asam folat serta vitamin penambah darah.

Soal kesiapan organ-organ kehamilan, tak perlu terlalu dikhawatirkan. Setelah 40 hari "turun mesin" atau masa nifas dilewati, maka rahim sudah kembali ke bentuk semula dan siap untuk kembali hamil kok. Namun ibu perlu mempersiapkan fisik yang prima. Bukankah ibu punya bayi yang masih membutuhkan perhatian ekstra? Hal ini tentu akan mengurangi waktu istirahat dan dapat berpengaruh pada kesehatan. Jadi ibu harus pandai mengatur waktu tidur. Mitos yang mengatakan wanita dengan bayi baru lahir atau wanita hamil tidak boleh tidur siang, sudah selayaknya diabaikan. Upayakan ada orang yang bisa membantu merawat bayi, apakah pengasuh, pembantu, kerabat, atau orangtua.

Ibu hamil yang sering harus menggendong bayi pun berpeluang menderita varises di kaki atau vagina. Kondisi tersebut bisa menimbulkan masalah perdarahan saat persalinan karena tekanan berlebihan pada pembuluh darahnya. Solusi untuk hal ini, cegah faktor lain yang memungkinkan bertambah "parah"nya varises dengan mencegah peningkatan tekanan dalam perut, antara lain hindari mengedan saat BAB, (minum banyak, cukup sayur agar BAB lunak). Hindari penggunaan alas kaki dengan hak tinggi, minimalkan frekuensi gendong bayi. Jika terjadi varises, dokter dapat memberikan pengobatan yang diperlukan sesuai kondisi yang ada.

BAGI IBU SESAR
Bagi ibu yang melahirkan secara sesar, penting untuk mengonsultasikan masalah "kesundulan" ini pada dokter kandungan. Pada beberapa keadaan, mungkin saja dokter akan menganalisis apakah kehamilan ibu tersebut bisa dilanjutkan atau tidak berdasarkan riwayat persalinan sebelumnya. Umumnya yang jadi pertimbangan adalah riwayat persalinan dengan cara sesar. Apalagi jika operasi sesar sebelumnya mengalami komplikasi.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah bekas sayatan luka operasi yang sebenarnya butuh waktu untuk pulih. Bila dilihat dengan USG, ketebalan segmen bawah uterus atau rahim yang aman adalah di atas 4-5 mm. Bekas sayatan operasi yang masih tipis atau kurang dari 4 mm (defect atau lokus minoris) rentan akan masalah. Misalnya, peregangan yang berlebihan pada luka bekas sayatan operasi (akibat usia kehamilan yang terus bertambah dan adanya kontraksi) berisiko menyebabkan rahim robek. Kondisi yang dikenal dengan istilah ruptura uteri atau robeknya dinding rahim ini umumnya diantisipasi dengan mengeluarkan bayi sesegera mungkin (pada usia 8 atau 8,5 bulan) agar tidak terpapar regangan yang mungkin membahayakannya. Komplikasi ruptura uteri bersifat fatal. Mengancam nyawa ibu dan bayi.

Bagaimanapun kehamilan yang diperoleh seorang wanita merupakan karunia Yang Maha Esa. Tugas ibu adalah menjalani pemeriksaan kehamilan sesuai anjuran dokter untuk meminimalkan kemungkinan kelainan. Namun tenang saja, karena pada umumnya kehamilan dapat dilanjutkan dengan baik sampai bayi lahir.

"PUASA" Dulu
Masa nifas sama halnya dengan masa haid yang merupakan masa terlarang bagi hubungan suami istri. Mengapa? Pada kondisi ini, rahim yang sebelumnya membesar akan "menciut" menjadi lebih kecil. Selama proses pengecilan rahim ini juga terjadi pengeluaran darah. Pembuluh darah rahim dari dasar dinding ke permukaan dinding rahim saat itu pun sedang dalam keadaan terbuka sehingga risiko untuk masuknya kuman, bakteri atau virus semakin besar. Ini berarti peluang infeksi makin terbuka lebar jika selagi nifas ibu melakukan hubungan intim.

Konsultan Ahli: dr. Dewi Prabarini, Sp.OG
dari Brawijaya Women and Children Hospital , Jakarta

---------- Post added at 08:13 ---------- Previous post was at 08:04 ----------

Replying to: View Post
aq ga asi bund cz asi q ga lncr trus bln ke 2 berhenti... Nah aq trus gmn bund? Aq udh spkat ama suami klo hmil mau di gugurin ya krna alsan jraknya jg trllu dkat suami tkut knp2 dgn aku nya
wah, sayang sekali nggak ngASI bun... padahal produksi ASi itu berdasarkan demand... kalau sering dihisap bayi,maka PD akan terus terangsang untuk memproduksi ASI... apalagi banyak zat gizi yang bisa boosting imun bayi, menghindarkan ibu dari resiko kanker payudara, sekaligus sebagai KB alami...

kalau hasil TP ternyata negatif, mungkin bunda bisa konsultasi ke konsultan laktasi (biasanya ada di rumah sakit ibu dan anak/bidan) mengenai pemberian ASI lagi... investasi besar lho buat anak bunda...

http://library.usu.ac.id/download/fkm/fkm-arifin4.pdf
 
  #10  
Old
dewi n...
 
Posts: 25
 
sekedar pengalaman bun,, sodaraku juga ada kasus sama, bayi 3 bulan hamil lagi, sampe2 tanggal lahir anak pertaman n kedua persisi jadi selisihnya persis setahun, Alhamdulillah sehat semua,, ya kondisi smua org berbeda, tapi tetep positif tinking aja ya bunda,,,
 
  #11  
Old
AnnadF...
 
Location: Jakarta
Posts: 413
 
Replying to: View Post
hai bund.. Bund aq mau curhat ni aq hbis lhrin baby ku bru 3 blan nah skrang aq udh telat 1 minggu bund... Aq panik bgt kalo aq hamil lagi msalahnya jaraknya terlalu dekat... Nah yg aq rasain slma ni ya ga ada yg berbeda kecuali kyk mau M sma skali g pusing, mual n suka pipis... Menurut bund gmn?
Dipikir lagii ya bunnnn kemungkinan u/ hamil kemudian digugurkannya...
Klo bkn krn alasan medis yg membahayakan sebaiknya dipertahankan, jika mmg terbukti hamil....
setiap anak memiliki kesempatan hidup yg sama...
n Allah menciptakan setiap bayi yg lahir tdk sia2....
kdg yg Qt pikir terbaik justru sebaliknya bagi tuhan (maaf ya bun tdk bermaksud menggurui, hnya share pendapat saja)....
Q sadar benar keputusan bunda n suami jg atas dasar kebaikan c dd...

tapi jgn khawatir bun, buktinya aQ n kk Q... persis selisih 3 bln... n lahir di tahun yg sama (setahun 2 bayi lahir)... kami sehat2 saja n tdk kekurangan kasih sayang orangtua, sepanjang k2 orangtua bisa bekerjasama dlm mengasuh c anak.... chayoo bundaa.....
 
  #12  
Old
sagita...
 
Location: Jakarta
Posts: 685
 
Replying to: View Post
hai bund.. Bund aq mau curhat ni aq hbis lhrin baby ku bru 3 blan nah skrang aq udh telat 1 minggu bund... Aq panik bgt kalo aq hamil lagi msalahnya jaraknya terlalu dekat... Nah yg aq rasain slma ni ya ga ada yg berbeda kecuali kyk mau M sma skali g pusing, mual n suka pipis... Menurut bund gmn?
gmana bunda angelic dah TP blum??? kalo dh postive wah Alhamdulillah bun. di syukuri aja. itu berkah dari Tuhan. temen ku juga pernah gitu anaknya baru usia 3 bln, eh,, tau2nya nambah lagi... ampe dicenengin ama org2 dibilang kaya kucing disenggol dikit dh jadi

postive thinking ya bun.
 
  #13  
Old
angeli...   TS 
 
Posts: 84
 
bunda2 help me tnda2 keguguran gmn sih? Soalnya seperti crta aq di atas nah aq kan suka bgt minum soda bund... Nah koq akhir2 ini rsanya perut q perih bgt bund trus kpthan kdang PD jga skit... Gmn bund?
 
  #14  
Old
Lany...
 
Posts: 181
 
Pengalaman ibukku..malahirkan 2 org anak sundulan. cewek semua, yaitu aku n kakakku..selisih kami pas 1th. berarti ibukku hamil aku pas usian kakakku 3bln..kakakku 10 feb`84 n aku 10 feb`85, jam nya aja sama tp beda waktu, kakakku pas 12 malem, aku pas 12 siang..smp dokternya heran knp bisa pas gitu..alhasil aku n kakakku kayak anak kembar..baju sama, mainan sama, smp sekolah pun aku ngekor kakakku semua itu dijalani ibukku dgn penuh kesabaran n aku g nyangka ternyata ortuku bs mbesarkan aku n kakaku smp kuliah en sekarang kita udh merid semua, kakakku dpt org jabar, aku dpt org jatim..cm yg beda kakakku udh pnya baby, tp aku belom gpp tetep semangat n berjuang teruss,,

buat bunda Angelic g usah bingung, memang sih awal ketahuan lgs syock krn pikiran kita lgs macem2..urusan waktu, tenaga, pikiran, uang, sekolah..tp semua itu sudah diatur bund sama Yang di Atas.. karena rejeki anak akan datang sendiri entah gmn caranya (itu kata2 ibu aku, krn beliau udh membuktikan sndiri)..
so..dipikir lagi ya bund, kasian dedeknya..dia berhak utk menikmati dunia ini..
 
  #15  
Old
bunda ...
 
Posts: 3
 
salam kenal...
aq sempet sedih saat anakku yg pertama baru 11buln, aq hamil lg, padhl keinginnanku untuk ASI 2 thun.dan saat itu hrus brhnti jdi rafasya hny dpt asi smpe 11bln sja,.. aq jg smpet bngung dg nanti soal biaya, pndidikn,ksih sayng dn sbgainya. terlebih yg prtma caesar jd yg k2 ini kmungkinan jg caesar krn jaraknya blm ad 2thun. tp skrng aq sdh memasrahkannya pd YANG MAHA HIDUP,bukankah qt ini hnya umatNYA yg hrus mnjalankan ketentuannya.... maaf sebelumnya , jngn sampai menggugurkan kandungan nya ya bun,,,kecuali alasan medis...yakinlah semua akan baik2 saj....semngatt...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip:
Tools kehamilan:

Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com